learning culture

3 Alasan Learning Culture Penting Dalam Perusahaan

Manusia akan selalu belajar selama proses hidupnya sampai akhir hayat. Begitu pula dengan sebuah perusahaan. Lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dalam perusahaan baik itu untuk karyawan dan untuk tim. Nah, learning culture dapat membantu perusahaan menjadi lingkungan kerja yang jauh lebih cerdas dan mampu berkembang. 

 

Pengertian Learning Culture

Learning culture adalah kumpulan konversi, nilai, praktik, dan proses dalam organisasi yang dapat mendorong karyawan untuk mengembangkan pengetahuan dan kompetensi. Sebuah organisasi dengan learning culture mendorong pembelajaran berkelanjutan dan percaya bahwa sistem tersebut saling memengaruhi.

Learning culture terdiri dari beberapa karyawan yang memiliki “growth mindset“. Karyawan akan membangun dan membantu rekan kerjanya untuk bisa bertumbuh bersama. Dan karena hal ini juga, perusahaan dapat ikut bertumbuh.

 

Baca juga: Growth Mindset vs Fixed Mindset, mana yang lebih unggul?

 

Mengapa Learning Culture Penting dalam Perusahaan 

Lingkungan kerja dengan budaya belajar yang kuat akan memandang sebuah kesalahan atau kegagalan sebagai kesempatan belajar. Kesempatan macam inilah yang akan mendukung perusahaan untuk dapat berkembang dan menganalisis bagaimana tantangan atau hambatan yang sekiranya bisa terjadi di masa depan. 

Dengan demikian, kultur ini akan menciptakan karyawan yang tangguh dan  cerdas. Karyawan semacam ini mempunyai jenjang karir yang lebih menjanjikan dibandingkan karyawan yang tidak mengalami learning culture di perusahaan tempatnya bekerja. 

Learning culture yang baik tidak hanya akan mempercepat proses masuk atau rencana pengembangan karier bagi seorang karyawan, tetapi juga akan berdampak positif terhadap beberapa hal seperti: 

 

Memotivasi Karyawan Lebih Loyal

Budaya belajar umumnya mendorong karyawan untuk berbagi ide dan secara aktif. Dengan demikian, para karyawan ini merasa lebih terhubung dengan perusahaan. Hal ini adalah komponen penting untuk memotivasi karyawan dan mendorong mereka lebih termotivasi dan loyal. Sebab, karyawan selalu ingin belajar dan tumbuh. Karyawan bisa menghargai posisi mereka di perusahaan dan memahami bagaimana peranannya masing-masing. 

 

Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas

Karena karyawan terus mengembangkan keterampilan serta mempelajari konsep baru, potensi karyawan akan meningkat seiring waktu. Kemajuan ini merupakan keuntungan besar dari perusahaan. Karyawan lebih handal dalam memecahkan masalah kinerja melalui berbagai cara inovatif dan kreatif secara mandiri.

 

Baca juga: Memecahkan Masalah dengan Kreatif Menggunakan Design Thinking

 

Merubah Pola Bisnis Perusahaan Lebih Maju

Pembahasan tentang learning culture tidak akan lengkap tanpa bagaimana contoh nyatanya dalam merubah pola bisnis lebih maju. Contohnya adalah Toyota. Setelah Jepang hancur dalam Perang Dunia II, para pemimpin Toyota harus menemukan cara untuk bertahan hidup dengan sumber daya yang minim. Di tengah kesulitan tersebut, Toyota berhasil bertahan karena budaya belajarnya yang kuat berdasarkan sebuah konsep yang dicetuskan Toyota, yaitu Toyota Production System

 

Menciptakan Learning Culture Bersama LinovHR

Ada banyak cara untuk menciptakan learning culture di perusahaan. Salah satu cara yang sederhana adalah dengan mengajak karyawan berdiskusi setiap Senin pagi untuk membahas hal apa saja yang akan dikerjakan selama seminggu. Dari diskusi kecil, karyawan akan saling memahami bagaimana kinerja dirinya dan rekannya akan saling berpengaruh berikut dampaknya bagi perkembangan perusahaan. 

Cara selanjutnya yang paling mudah adalah menggunakan brainstorming untuk memecahkan masalah tertentu bersama-sama. Dari isi kepala yang berbeda-beda, akan ditemukan solusi terbaik mengenai suatu masalah yang dihadapi. 

Namun, tidak ada salahnya juga jika perusahaan mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan. LinovHR mendukung learning culture dalam perusahaan melalui modul learning and development dalam Software HRD. Dengan LinovHR, perusahaan dan HRD dapat melakukan: 

  1. Membuat daftar pembelajaran dengan fitur learning checklist;
  2. Mengkalkulasikan estimasi anggaran pelatihan dan pengembangan menggunakan fitur budget calculation;
  3. Mengelompokkan pelatihan dan pengembangan yang mempunyai anggaran sama melalui fitur budget group;
  4. Merangkum pelatihan yang diselenggarakan dengan fitur activity catalog;
  5. Menentukan jenis pelatihan, durasi, dan daftar peserta dibantu oleh fitur development activity

 

LinovHR menyadari bahwa learning culture sangat penting dalam perusahaan dengan menyediakan modul Learning and Development dalam Software HRD untuk membantu perusahaan dalam menyusun dan mengimplementasikan berbagai program pembelajaran yang akan mendukung learning culture. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi LinovHR sekarang juga