anti fake gps

Anti Fake GPS! Kecanggihan Aplikasi Absensi LinovHR

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada akhir tahun 2019 membawa banyak sekali perubahan termasuk cara bekerja. dari orang yang bekerja di kantor, sekarang bekerja di rumah. Oleh karena itu ntuk beradaptasi dengan kondisi yang ada, perusahaan juga telah mengubah sistem pencatatan absensi dengan cara online.

Namun, sayangnya banyak aplikasi absensi karyawan yang dapat dimanipulasi dengan fake gps. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan aplikasi absensi yang anti fake gps agar pengelolaan kehadiran karyawan jauh lebih akurat.

Simak pembahasan dari LinovHR mengenai apa itu fake gps dan bagaimana cara menghindarinya.

 

Apa Itu Fake GPS?

GPS atau global positioning system adalah suatu sistem satelit navigasi yang dapat melacak keberadaan posisi dari suatu perangkat. Biasanya gps terdapat pada perangkat-perangkat seperti ponsel pintar, tablet, laptop, mobil, dan lain-lain.

Namun, seiring berkembangnya teknologi banyak perangkat lunak atau aplikasi yang dibuat untuk memalsukan lokasi dari sebuah perangkat. Aktivitas pemalsuan keberadaan lokasi ini sering dikenal dengan sebutan fake gps.

Fake gps juga merupakan sebuah aplikasi yang dapat diunduh dalam sistem operasi Android yang paling sering digunakan orang. Oleh karena itu, beberapa aplikasi yang membutuhkan akses lokasi saat ini tengah mengembangkan sistem anti fake gps agar sistem pelacakannya tidak dapat dipalsukan.

 

Beberapa aplikasi yang sering mendapatkan manipulasi fake gps seperti:

  • Aplikasi ojek online
  • Aplikasi game
  • Aplikasi absensi karyawan
  • dan lain-lain. 

 

Apalagi dalam kasus absensi karyawan yang tentunya dapat mengacaukan pengelolaan data kehadiran karyawan di perusahaan.

Selain itu, penggunaan fake gps dalam aplikasi absensi karyawan dapat merugikan perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Sebab itu, Anda pastinya memerlukan sebuah aplikasi absensi yang memiliki sistem anti fake gps.

 

Baca juga: Sulit Memantau Kehadiran Pegawai? Gunakan Aplikasi Absensi Pegawai

 

Aplikasi Absensi Online LinovHR – Anti Fake GPS

 

mobile ess

 

Beralihnya sistem absensi dari cara konvensional menjadi online tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Kemudahaan pencatatan kehadiran karyawan akan lebih mudah direkam karena telah memiliki sistem yang terpadu dan praktis.

Namun, kekurangannya adalah adanya cara-cara yang tidak dibenarkan dengan menggunakan fake gps dimana karyawan memiliki potensi untuk melakukan penipuan lokasi. Anda tentunya tidak menginginkan hal tersebut.

LinovHR hadir sebagai software HR yang dapat membantu mengelola seluruh data karyawan dari mulai data absensi, payroll, reimburse, dan lainnya. Hal ini pastinya akan memudahkan pekerjaan HRD perusahaan Anda dengan menawarkan segala kepraktisan serta keakuratan pengelolaan data.

Terdapat 12 modul yang ditawarkan oleh LinovHR dimana salah satu modulnya yaitu Time Management.

Modul ini dapat mempermudah HRD dalam mengelola jadwal kerja karyawan yang padat.

 

Timesheet

Anda tentunya dapat mengelola kehadiran karyawan secara online dengan fitur timesheet dimana aplikasi absensi LinovHR telah menggunakan sistem anti fake gps. Tidak perlu lagi khawatir terhadap karyawan yang mencoba menggunakan pemalsuan lokasi seperti pada aplikasi atau software absensi online lainnya.

Pada fitur timesheet LinovHR ini Anda dapat mengelola catatan kehadiran karyawan dengan memasukkan data kehadiran yang selanjutkan akan dianalisis dan dibandingkan dengan jadwal karyawan.

 

Terdapat dua jenis timesheet yang Anda dapat kelola seperti:

  1. unprocessed timesheet
  2. processed timesheet.

 

Unprocessed timesheet merupakan timesheet yang belum dilakukan analisis. 

Sementara processed timesheet merupakan timesheet yang telah dianalisis. Menampilkan beberapa data seperti status kehadiran, cuti, dan lembur karyawan.

 

Baca Juga: Ini Fungsi GPS Selain untuk Navigasi

 

Employee Self Service (ESS)

Selain modul time management, LinovHR menyajikan modul Employee Self Service (ESS) yang berbasis online dan tentunya anti fake gps. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan mengakses data pribadinya lebih dalam.

Modul ESS ini memiliki 2 basis utamanya yaitu mobile dan website. Terdapat menu Time Management dalam ESS LinovHR yang membantu karyawan Anda untuk melihat timesheet, company calendar, overtime request, permission request, dan leave request.

Dengan menggunakan ESS, karyawan Anda dapat melakukan absensi online melalui website maupun mobile. Absensi dilakukan dengan wajah atau sidik jari bagi yang menggunakan aplikasi mobile.

Selain itu, terdapat fitur maps location yang membantu Anda untuk melakukan absensi kapanpun dan dimanapun ketika mendapatkan penugasan di luar kantor. Tentunya aplikasi absensi online dari LinovHR sudah anti fake gps dimana karyawan tidak lagi dapat memanipulasi keberadaan lokasinya.

 

Saatnya Anda beralih ke aplikasi absensi anti fake gps dari LinovHR. Tidak perlu lagi khawatir karena software LinovHR memiliki tingkat keakuratan serta keamanan yang tinggi. Tunggu apalagi? Segera hubungi tim kami sekarang.