aplikasi absensi karyawan

8 Aplikasi Absensi Karyawan di Android dan IOS Terbaik Saat ini

Absensi menjadi hal terpenting namun banyak perusahaan terutama divisi HR yang mengeluhkan ketidak fleksibilitasnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis di era saat ini yaitu melibatkan teknologi di dalam bisnis maupun perusahaannya. Seperti menggunakan aplikasi absensi karyawan.

Aplikasi untuk absensi karyawan bahkan saat ini sudah bisa diakses di perangkat Android dan iOS. Tentu saja penggunaanya akan memudahkan perusahaan khususnya dalam melakukan absensi terhadap karyawannya. Terlebih jika karyawan yang ada di perusahaan sudah sangat banyak.

Dalam artikel kali ini LinovHR akan membahas mengenai 8 aplikasi absensi karyawan terbaik yang ada di Android dan juga iOS.

Simak rekomendasi lengkapnya di bawah ini!

 

Mengenal Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

Seperti namanya, aplikasi absensi online untuk karyawan adalah sebuah aplikasi atau software yang berfungsi untuk mencatat waktu kehadiran karyawan saat hendak bekerja.

Karena aplikasi tersebut online, maka segala sistem yang ada di dalam aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan internet dan bisa diakses melalui website  atau aplikasi dengan berbagai perangkat baik itu komputer, tablet, smartphone atau laptop.

Aplikasi absensi online akan memudahkan perusahaan dalam mencatat waktu kehadiran dari karyawannya. Kegiatan pencatatan ini tentunya lebih cepat dibandingkan dengan cara yang manual. Jika secara manual biasanya Anda menggunakan kertas atau sejenisnya yang memakan waktu.

Sedangkan aplikasi absen online tidak perlu memerlukan hal tersebut. Anda hanya perlu mengunduhnya di smartphone atau mengaksesnya di halaman website tertentu yang sudah terhubung dengan sistem absensi online tersebut.

Dengan menggunakan metode online tentu akan mengurangi pekerjaan HR dan juga biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam melakukan proses absensi.

 

Pentingnya Aplikasi Absensi Terbaik untuk Perusahaan

Di luar sana, sudah banyak sekali aplikasi absensi online dengan berbagai fitur yang ditawarkan dan tentu saja harga yang beragam pula. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asal pilih dan mengabaikan kebutuhan absensi karyawan Anda.

Aplikasi absensi online yang baik akan memberikan berbagai kemudahan dan juga keamanan bagi penggunanya, dibandingkan dengan aplikasi HR gratis yang tidak terjamin keamanannya. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih aplikasi absensi terbaik untuk perusahaan Anda saat ini.

Beberapa fitur yang dapat diberikan aplikasi absensi karyawan yang baik yaitu seperti melakukan perhitungan gaji, mengelola lembur, pengajuan izin cuti kerja, bertukar shift dan sejenisnya, di luar fitur utamanya yaitu absensi.

Sangat disarankan Anda menggunakan aplikasi absensi terbaik agar membuat perusahaan lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnisnya.

 

Baca Juga: Ingin Gunakan Aplikasi Absensi Gratis? Ketahui Dulu Risikonya

 

Tips Memilih Aplikasi Absensi untuk Karyawan

Memilih aplikasi absensi karyawan memang tidak mudah. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar bisa memanfaatkan aplikasi absensi untuk karyawan tersebut dengan optimal. Berikut ini  adalah tips-tips yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam memilih aplikasi absensi tersebut.

 

  1. Mudah Diakses

Tips pertama yang wajib Anda perhatikan yaitu pastikan aplikasi absensi yang Anda gunakan mudah untuk diakses.

Bayangkan bila ternyata aplikasi yang Anda gunakan sulit untuk digunakan. Maka selain menghambat pekerjaan karyawan Anda, hal tersebut tentunya akan merugikan Anda karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi tersebut.

Jadi penting untuk memperhatikan faktor pertama ini, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi absensi tertentu.

Jika memungkinkan, pilihlah aplikasi absensi karyawan Android, melihat pengguna Android masih mendominasi smartphone yang beredar di Indonesia. Tentu akan sangat bagus jika aplikasi absensi karyawan tersebut berbasis Android dan iOS. 

 

  1. Memiliki Fitur Lain yang Membantu

Aplikasi absensi online yang ada saat ini, umumnya memiliki fungsi-fungsi lain yang dapat membantu pekerjaan HR dan juga perusahaan. Seperti cek gaji, jadwal, event, mutasi, status kerja dan sejenisnya.

Hal itu tentunya akan menguntungkan Anda sebagai user. Karena satu aplikasi minta menjadi solusi dari banyaknya pekerjaan yang ada di dalam perusahaan.

 

  1. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Data-data yang ada dalam absensi adalah hal yang menyangkut data perusahaan dan juga karyawan. Maka penting untuk menggunakan aplikasi absensi yang sudah terpercaya tingkat keamanan dan kepercayaannya di mata pengguna.

Jangan asal dalam menggunakan aplikasi absensi online. Karena hal tersebut bisa meningkatkan potensi sistem perusahaan Anda diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

 

  1. Biaya Terjangkau

Dalam menjalankan bisnis, tentunya Anda ingin mengeluarkan modal atau uang sedikit mungkin, namun mampu untuk memberikan dampak atau pengaruh yang besar di perusahaan.

Tidak semua aplikasi yang baik, memiliki harga yang mahal. Disinilah Anda harus pintar dalam melakukan riset dan perbandingan harga di antara aplikasi yang tersedia saat ini. Agar bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan bisnis Anda.

 

Baca Juga: Pilih Absensi Online Secara Gratis Atau Berbayar?

 

Daftar Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik

Setelah Anda mengetahui pentingnya dan tips dalam memilih aplikasi absensi online, berikut beberapa rekomendasi aplikasi absensi terbaik yang bisa Anda gunakan.

 

  1. LinovESS

Rekomendasi aplikasi absensi karyawan terbaik yang pertama yaitu LinovESS yang menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan karyawan, di antaranya:

 

  • Fitur Absensi

Melakukan absensi dengan LinovESS sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu absen menggunakan sidik jari (Fingerprint) atau menggunakan muka (Face Recognition) yang pastinya sangat cepat, aman, dan kekinian.

 

Aplikasi Absensi Online

 

  • Fitur Payroll

Selain itu ada juga fitur-fitur lain seperti menu payroll yang berfungsi untuk melihat informasi payroll yang diterima karyawan.

 

  • Fitur Reimbursement

Ada juga menu reimbursement yang memudahkan Anda dalam melakukan manajemen reimburse di perusahaan.

 

  • Fitur Time Management

Memiliki fungsi untuk membantu karyawan dalam melihat catatan kehadiran, company calendar, overtime request, permission dan leave request.

 

  • Fitur Request

Fitur satu ini berguna untuk memudahkan karyawan dalam mengajukan lembur, cuti, dan juga izin, cukup dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone saja.

 

  1. CKZ Time Clock

Rekomendasi kedua yaitu software time clock yang bernama CKZ Time Clock dari pengembang asal Amerika Serikat.

Terdapat beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan, seperti Employee Management, Time Clock Management, Customer Support, Task Management, dan juga Employee Scheduling yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

 

  1. Open Time Clock

Masih berasal dari negara yang sama yaitu Amerika Serikat, aplikasi absen selanjutnya adalah Open Time Clock.

Terdapat beragam fitur yang membantu Anda dalam melakukan absensi karyawan. Diantaranya fitur Face Recognition, Webcam Photo, GPS and Map, dan Barcode RFID.

Selain itu, ada juga fitur Management Tools yang terdiri dari Job Tracking, Shift Scheduling, dan Absence PTO.

 

  1. Time Clock Wizard

Selanjutnya ada aplikasi absensi online Time Clock Wizard yang ditawarkan secara gratis.

Terdapat empat (4) fitur utama yang ditawarkan dari aplikasi Time Clock Wizard ini, yaitu Employee Scheduling, Free Online Time Clock, Instant Alerts, dan Payroll Reporting.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis di Android dan juga IOS, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di tempat download masing-masing platform.

Tampilan atau UI (User Interface) pada aplikasi ini sederhana, sehingga mudah sekali untuk dijalankan oleh pengguna-pengguna baru yang masih minim akan teknologi.

 

  1. Time Clock MTS

Aplikasi satu ini bisa Anda coba gratis selama 30 hari atau masa trial. Menawarkan beberapa fitur menarik yang memudahkan pekerjaan HR, seperti mengelola absen karyawan, perhitungan gaji, dan juga mencegah terjadinya kecurangan saat melakukan absensi.

Terdapat 3 paket penawaran yang ditawarkan, bila Anda berminat menggunakan aplikasi ini secara berbayar dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan jumlah karyawan di perusahaan Anda. 

Melakukan pemasangan aplikasi ini pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dasar untuk menginstall, dan aplikasi ini sudah bisa digunakan.

 

  1. Wifi Attendance

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi absensi lainnya, yang saat ini sudah banyak menggunakan sidik jari maupun wajah dalam melakukan absensi. Aplikasi satu ini hanya perlu menggunakan wifi atau jaringan nirkabel dalam melakukan absensi.

Hal ini tentu saja menjadi keuntungan dan keunikan tersendiri dalam menggunakan aplikasi satu ini. Terlebih, penggunaannya juga praktis dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lain yang serupa. 

Namun, perlu diingat bahwa kekurangannya yaitu karyawan harus masuk ke dalam jangkauan wifi di kantor untuk bisa melakukan absensi. Jika tidak, maka proses absensi tidak dapat dilakukan.

 

  1. Clockify 

Rekomendasi yang ketujuh yaitu Clockify yang bisa Anda nikmati sebagian fiturnya secara gratis. Anda hanya perlu melakukan upgrade plan jika dirasa Anda memerlukan beberapa advanced fitur dari aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa Anda akses melalui website, aplikasi pada smartphone, dan juga aplikasi pada desktop/PC. Fitur yang ditawarkan tidak lebih seperti fitur absen pada umumnya, yakni timekeeping, reporting, dan juga management.

 

  1. Time Clock by Homebase

Rekomendasi yang terakhir yaitu Time Clock by Homebase yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Terdapat beberapa fitur unggulan seperti, memudahkan client dalam melakukan absensi, perhitungan payroll perusahaan, melakukan pengelolaan jadwal karyawan, dan masih banyak lagi.

Disamping itu, Tampilan atau UI dari aplikasi satu ini sangat kekinian dan mudah untuk digunakan oleh para pengguna baru.

 

mobile ess

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai 8 aplikasi absensi karyawan terbaik yang bisa Anda gunakan di perusahaan Anda. 

Mengingat absensi karyawan adalah hal yang penting dan vital untuk diperhatikan, maka pastikan Anda menggunakan aplikasi absensi terbaik dengan segala fitur yang memudahkan pekerjaan HR.

Anda bisa percayakan Aplikasi Absensi dari LinovHR.

Ayo ajukan demo gratis, sekarang!