28 Aplikasi Absensi Karyawan Online Android dan iOS Terbaik

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

28 Aplikasi Absensi Karyawan Online Android dan iOS Terbaik
Isi Artikel

Absensi menjadi hal terpenting namun banyak perusahaan terutama divisi HR yang mengeluhkan kurangnya fleksibilitas. Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh seorang pebisnis di era saat ini yaitu melibatkan teknologi di dalam bisnis maupun perusahaannya. Seperti menggunakan aplikasi absensi karyawan.

Aplikasi absensi karyawan saat ini sudah bisa diakses secara online melalui perangkat Android dan iOS. Tentu saja penggunaanya akan memudahkan perusahaan khususnya dalam melakukan absensi terhadap karyawannya.

Terlebih jika karyawan yang ada di perusahaan sudah sangat banyak. Dalam artikel kali ini LinovHR akan membahas mengenai aplikasi absensi karyawan terbaik yang ada di Android dan juga iOS. Simak rekomendasi lengkapnya di bawah ini.

Daftar Aplikasi Absensi Online Karyawan Terbaik

Sebelum memulai, anda perlu memiliki pemahaman tentang apa itu absensi online, manfaat, dan fitur wajibnya. Setelah itu, anda perlu mengetahui beberapa rekomendasi aplikasi absensi karyawan online terbaik yang bisa anda gunakan.

1. Aplikasi Absensi Karyawan Online – LinovHR

Aplikasi Absensi Karyawan Online - Linov ESS

Rekomendasi aplikasi absensi karyawan terbaik yang pertama yaitu LinovESS yang menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat membantu Anda dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan karyawan, di antaranya:

  • Fitur Absensi: Absensi dengan LinovESS sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu absen menggunakan sidik jari (Fingerprint) atau menggunakan muka (Face Recognition) yang pastinya sangat cepat, aman, dan kekinian.
  • Fitur Payroll: Selain itu ada juga fitur-fitur lain seperti menu payroll yang berfungsi untuk melihat informasi payroll yang diterima karyawan. Sekaligus perhitungan PPh 21 karyawan secara otomatis.
  • Fitur Reimbursement: Ada juga menu reimbursement yang memudahkan Anda dalam melakukan manajemen reimburse di perusahaan.
  • Fitur Time Management: Memiliki fungsi untuk membantu karyawan dalam melihat catatan kehadiran, company calendar, overtime request, permission dan leave request.
  • Fitur Request: Fitur satu ini berguna untuk memudahkan karyawan dalam mengajukan lembur, cuti, dan juga izin, cukup dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone saja.

2. CKZ Time Clock

Rekomendasi kedua yaitu aplikasi kehadiran dari time clock yang bernama CKZ Time Clock dari pengembang asal Amerika Serikat.

Terdapat beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan, seperti Employee Management, Time Clock Management, Customer Support, Task Management, dan juga Employee Scheduling yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

3. Open Time Clock

Aplikasi Absensi Karyawan - Open Time Clock

Masih berasal dari negara yang sama yaitu Amerika Serikat, aplikasi kehadiran selanjutnya adalah Open Time Clock.

Terdapat beragam fitur yang membantu Anda dalam melakukan absensi karyawan. Diantaranya fitur Face Recognition, Webcam Photo, GPS and Map, dan Barcode RFID.

Selain itu, ada juga fitur Management Tools yang terdiri dari Job Tracking, Shift Scheduling, dan Absence PTO.

4. Time Clock Wizard

Aplikasi Absensi Karyawan - Time Clock Wizard

Selanjutnya ada aplikasi absensi online Time Clock Wizard yang ditawarkan secara gratis.

Terdapat empat (4) fitur utama yang ditawarkan dari aplikasi Time Clock Wizard ini, yaitu Employee Scheduling, Free Online Time Clock, Instant Alerts, dan Payroll Reporting.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis di Android dan juga IOS, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di tempat download masing-masing platform.

Tampilan atau UI (User Interface) pada aplikasi ini sederhana, sehingga mudah sekali untuk dijalankan oleh pengguna-pengguna baru yang masih minim akan teknologi.

5. Time Clock MTS

Time Clock MTS - Aplikasi Absensi Karyawan

Aplikasi satu ini bisa Anda coba gratis selama 30 hari atau masa trial. Menawarkan beberapa fitur menarik yang memudahkan pekerjaan HR, seperti mengelola absen karyawan, perhitungan gaji, dan juga mencegah terjadinya kecurangan saat melakukan absensi.

Terdapat 3 paket penawaran yang ditawarkan, bila Anda berminat menggunakan aplikasi ini secara berbayar dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan jumlah karyawan di perusahaan Anda. 

Melakukan pemasangan aplikasi ini pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dasar untuk menginstall, dan aplikasi ini sudah bisa digunakan.

6. Wifi Attendance

Wifi Attendance

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi absen lainnya, yang saat ini sudah banyak menggunakan sidik jari maupun wajah dalam melakukan absensi. Aplikasi satu ini hanya perlu menggunakan wifi atau jaringan nirkabel dalam melakukan absensi.

Hal ini tentu saja menjadi keuntungan dan keunikan tersendiri dalam menggunakan aplikasi satu ini. Terlebih, penggunaannya juga praktis dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lain yang serupa.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini:

  • Pencatatan Kehadiran Otomatis: WiFi Attendance menyajikan fitur pencatatan kehadiran otomatis. Hal ini memungkinkan sistem untuk secara otomatis mencatat kehadiran karyawan berdasarkan koneksi WiFi yang terhubung, memberikan kemudahan tanpa memerlukan interaksi manual.
  • Sistem Absensi Real-Time: Aplikasi ini menyediakan sistem absensi real-time, memungkinkan pengelola untuk melihat kehadiran karyawan secara langsung dan mengakses data yang terkini. Kecepatan respons sistem ini mendukung pengambilan keputusan yang cepat.
  • Laporan Kehadiran: WiFi Attendance menawarkan fitur untuk menghasilkan laporan kehadiran karyawan. Laporan tersebut dapat memberikan wawasan yang diperlukan untuk analisis dan perencanaan strategis terkait kehadiran karyawan.
  • Keamanan Data: Keamanan data menjadi prioritas dalam WiFi Attendance. Aplikasi ini dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan yang ketat untuk melindungi informasi kehadiran karyawan dari akses yang tidak sah.

Dengan fitur pencatatan otomatis, sistem real-time, laporan yang informatif, dan keamanan data yang handal, WiFi Attendance menjadi solusi absensi online yang cocok untuk perusahaan yang mengutamakan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan kehadiran karyawan.

7. Clockify 

Clockify Absensi Online Karyawan

Rekomendasi yang ketujuh yaitu aplikasi absen android yang bernama Clockify. Aplikasi bisa Anda nikmati sebagian fiturnya secara gratis. Anda hanya perlu melakukan upgrade plan jika dirasa Anda memerlukan beberapa advanced fitur dari aplikasi ini.

Aplikasi ini bisa Anda akses melalui website, aplikasi pada smartphone, dan juga aplikasi pada desktop/PC. Fitur yang ditawarkan tidak lebih seperti fitur absen pada umumnya, yakni timekeeping, reporting, dan juga management.

Dengan empat pilihan paket yang dapat disesuaikan, mulai dari versi gratis untuk UMKM hingga paket berbayar, Clockify dapat diandalkan oleh berbagai skala bisnis.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan Clockify:

  • Pencatatan Waktu Kerja yang Akurat: Karyawan dapat mencatat waktu masuk dan keluar dengan mudah, menggunakan timer untuk menghitung durasi kerja secara akurat. Fitur ini memungkinkan pengeditan entri waktu jika diperlukan.
  • Pelacakan Proyek dan Tugas: Clockify memudahkan karyawan menghubungkan waktu kerja dengan proyek atau tugas tertentu. Ini membantu manajer melacak produktivitas dan alokasi sumber daya dengan lebih efektif.
  • Integrasi dengan Kalender dan Aplikasi Lain: Aplikasi ini dapat terintegrasi dengan kalender dan aplikasi lain di lingkungan kerja, memungkinkan sinkronisasi waktu kerja dengan jadwal yang ada.
  • Notifikasi dan Pengingat: Clockify mengirimkan notifikasi dan pengingat kepada karyawan terkait waktu kerja, membantu memastikan disiplin dan kepatuhan terhadap jadwal.
  • Akses Online dan Mobile: Dapat diakses melalui browser web dan aplikasi mobile untuk iOS dan Android, memungkinkan pencatatan waktu dan akses informasi di mana saja.

Dengan fitur-fitur ini, Clockify menjadi solusi untuk kebutuhan absensi online dan manajemen waktu dalam lingkungan kerja yang dinamis.

8. Time Clock by Homebase

Time Clock by Homebase

Rekomendasi program absensi karyawan selanjutnya yaitu Time Clock by Homebase yang bisa Anda dapatkan secara gratis.

Terdapat beberapa fitur unggulan seperti, memudahkan client dalam melakukan absensi, perhitungan payroll perusahaan, melakukan pengelolaan jadwal karyawan, dan masih banyak lagi.

Disamping itu, Tampilan atau UI dari aplikasi satu ini sangat kekinian dan mudah untuk digunakan oleh para pengguna baru.

Beberapa fitur utama meliputi:

  • Perekaman Waktu: Karyawan dapat dengan mudah mencatat waktu masuk dan keluar melalui perangkat elektronik seperti tablet, smartphone, atau komputer, menggantikan metode absensi konvensional.
  • Verifikasi Identitas: Mendukung berbagai metode verifikasi identitas, termasuk sidik jari, kode PIN, atau scan barcode, untuk memastikan absensi yang otentik dan akurat.
  • Integrasi dengan Jadwal Kerja: Terintegrasi dengan jadwal kerja karyawan, memudahkan pelacakan kehadiran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Pelaporan dan Analisis: Menyediakan laporan detail tentang kehadiran karyawan, termasuk jam kerja, absen telat, dan absen tidak masuk. Data ini berguna untuk analisis performa karyawan dan proses penggajian.
  • Pengaturan Kebijakan Absensi: Memungkinkan perusahaan mengatur kebijakan absensi, seperti batas toleransi keterlambatan atau absen tidak masuk, untuk penegakan disiplin kerja dan perhitungan gaji.

Time Clock by Homebase merupakan solusi aplikasi absensi yang efektif, menggantikan metode manual yang rentan terhadap kesalahan.

9. UbiAttendance

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kemudahan dalam melacak kehadiran karyawan. Implementasi dari aplikasi ubiAttendance pun tidak rumit serta didukung dengan interface yang sederhana dan mudah dikelola.

Dalam mengelola kehadiran, terdapat 3 opsi yang bisa dipilih yaitu QR code, face recognition, dan admin. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai.

10. Hubstaff

Aplikasi Hubstaff adalah salah satu aplikasi absen Ios dan Android yang canggih. Di mana Hubstaff dapat melacak karyawan, mengelola penggajian, serta memeriksa lokasi karyawan menggunakan sistem GPS.

Dasbor yang tersedia memungkinkan untuk memeriksa karyawan secara real-time. Selain fitur, Hubstaff mengklaim bahwa aplikasi mereka tidak memakan daya baterai yang terlalu besar.

Berikut ini beberapa fitur dari Hubstaff:

  • Pencatatan Waktu yang Akurat: Karyawan dapat mencatat waktu kerja secara akurat dengan memulai dan menghentikan pencatatan waktu melalui aplikasi, baik di perangkat seluler maupun desktop.
  • Pemantauan Aktivitas: Memungkinkan pemantauan aktivitas karyawan secara real-time, termasuk aplikasi yang digunakan, situs web yang dikunjungi, dan tangkapan layar perangkat mereka.
  • Pelacakan Lokasi: Dilengkapi dengan pelacakan lokasi untuk memantau posisi karyawan saat bekerja, sangat berguna untuk tim lapangan atau yang bekerja di luar kantor.
  • Integrasi dengan Platform Lain: Dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan alat bisnis lainnya, seperti manajemen proyek dan manajemen tugas, untuk sinkronisasi data antar aplikasi.
  • Laporan dan Analisis: Menyediakan laporan dan analisis terperinci mengenai waktu kerja, proyek, dan produktivitas karyawan dalam bentuk grafik dan tabel.
  • Manajemen Tim: Fitur manajemen tim memudahkan pengaturan jadwal kerja, pembagian tugas, dan pengelolaan absensi karyawan dengan pengaturan dan izin akses yang mudah diatur.

Aplikasi Hubstaff menyajikan solusi absensi online terbaik untuk pencatatan waktu kerja dan pengelolaan produktivitas karyawan, khususnya bagi mereka yang bekerja di lapangan.

11. Alora – Attendance Tracker App

Alora adalah aplikasi absensi yang akan sangat cocok untuk perusahaan kecil. Kemampuan yang paling menonjol dari Alora adalah kemampuannya untuk menghasilkan laporan dan statistik kehadiran.

12. Time Doctor

Time Doctor adalah aplikasi absen yang akan sangat cocok untuk karyawan biasa yang setiap hari datang ke kantor. Namun, aplikasi ini kurang cocok digunakan untuk karyawan remote atau juga karyawan lapangan.

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam melacak berapa lama waktu yang dihabiskan untuk melakukan suatu pekerjaan.

13. Harvest

Harvest adalah salah satu aplikasi absensi yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi manajemen proyek yang memungkinkan perusahaan melakukan pengawasan semua proses manajemen pekerjaan.

Setiap kali anggota tim memulai pekerjaannya, mereka check-in di aplikasi dan aplikasi ini melacak kehadiran mereka secara otomatis.

Beberapa fitur utamanya meliputi:

  • Pelacakan Pengeluaran: Harvest memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melacak pengeluaran terkait dengan proyek atau tugas tertentu. Dengan mencatat pengeluaran, perusahaan dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang biaya yang terlibat dalam suatu proyek.
  • Pelacakan Jam Kerja yang Dapat Ditagih: Aplikasi ini memudahkan pelacakan jam kerja yang dapat ditagih kepada klien atau proyek. Ini membantu dalam menghitung biaya pekerjaan yang dilakukan dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan kompensasi yang sesuai dengan usaha yang diinvestasikan.
  • Persetujuan Timesheet: Fitur persetujuan timesheet memastikan keakuratan catatan waktu karyawan. Dengan adanya persetujuan, manajer dapat meninjau dan menyetujui catatan waktu sebelum diproses dalam penggajian, mengurangi potensi kesalahan atau kekeliruan.
  • Pengingat Otomatis: Harvest menyediakan pengingat otomatis, memastikan bahwa karyawan tidak melewatkan untuk mencatat waktu kerja mereka. Pengingat ini membantu dalam menjaga disiplin waktu dan keakuratan pencatatan jam kerja.

Harvest merupakan solusi yang komprehensif untuk perusahaan yang membutuhkan manajemen waktu yang efisien. 

14. Aqua Teams

Aplikasi absensi berbasis android dari Aqua memberikan Anda informasi yang rinci terkait aspek-aspek kehadiran karyawan. Contohnya seperti waktu check-in karyawan, kuota cuti, keterlambatan, lembur, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda melacak lokasi dan memungkinkan manajer untuk melihat catatan lokasi dan jarak karyawan. Aplikasi absensi karyawan berbasis android ini telah didukung oleh berbagai teknologi seperti biometrik, geofencing, dan beacon.

15. Kronos

Perusahaan ini merupakan salah satu pelopor dalam teknologi pelacakan waktu dengan jam waktu berbasis mikroprosesor pertama yang dipatenkan.

Tidak hanya menyediakan aplikasi absensi yang bisa di instal di iOS dan Android, Kronos juga mengembangkan serangkaian layanan dalam bidang human resource management.

16. Kissflow HR Clod

Aplikasi Absensi Karyawan - Kissflow

Aplikasi ini sudah berbasis cloud dan memudahkan karyawan untuk melakukan absen di perangkat apa saja. Sistem aplikasi ini sudah menggunakan sistem biometrik.

17. GreytHR

Aplikasi Absensi Karyawan - GreytHR

Tidak hanya memudahkan proses absensi, aplikasi ini juga memudahkan dalam pengajuan cuti, dan penggajian. Aplikasi ini juga berbasis real-time.

18. Zoho People

Aplikasi Absensi Karyawan - Zoho

Aplikasi Zoho People menawarkan pencatatan kehadiran dengan sistem biometrik. Ada juga fitur geofencing yang membantu membatasi lokasi check in menggunakan alamat IP.

19.SumHR

Karyawan dapat dengan mudah melacak, mencatat, dan mengirimkan kehadiran harian mereka dengan aplikasi SumHR. Aplikasi absen ini mencatat waktu kehadiran berdasarkan ‘masuk pertama’ dan ‘keluar terakhir’ karyawan.

20. Giriton

Aplikasi Absensi Karyawan - Giriton

Aplikasi ini sudah berbasis cloud dan dapat digunakan di berbagai perangkat seperti tablet, smartphone, atau browser. Dengan aplikasi ini, perusahaan dapat mencatat lembur, bisnis trip, shift, dan projek.

21. Jibble

Jibble adalah aplikasi absensi online yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam manajemen kehadiran karyawan.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang dimiliki Jibble:

  • Absensi dengan GPS dan Selfie: Jibble menyediakan fitur absensi yang menggunakan teknologi GPS dan selfie. Dengan demikian, kehadiran karyawan dapat tercatat dengan akurat dan dapat dipastikan bahwa absensi dilakukan di lokasi yang ditentukan.
  • Rekap Absensi yang Mudah: Aplikasi ini menyajikan rekap absensi secara mudah dan terstruktur. Admin atau HR dapat dengan cepat mengakses data kehadiran karyawan untuk keperluan evaluasi dan pengambilan keputusan.
  • Versi Profesional dengan Fitur Payroll: Jibble menawarkan versi profesional yang dilengkapi dengan fitur Payroll. Dengan demikian, perusahaan dapat dengan mudah mengintegrasikan data kehadiran dengan proses perhitungan gaji karyawan secara otomatis.

Dengan fitur-fitur tersebut, Jibble menjadi solusi yang efektif untuk perusahaan dalam mengelola kehadiran karyawan, memberikan kemudahan administrasi, dan meningkatkan efisiensi operasional.

22. Attend Zone

Attend Zone adalah aplikasi absensi online yang memberikan solusi efisien dalam pemantauan kehadiran karyawan. 

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat ditemukan di dalamnya:

  • Absensi Real-Time: Dengan fitur absensi real-time, karyawan dapat melakukan pencatatan kehadiran secara langsung. Proses ini memastikan keakuratan data kehadiran dan memberikan informasi yang terkini kepada pengelola.
  • Laporan Kehadiran: Aplikasi ini menyediakan fitur untuk menghasilkan laporan kehadiran karyawan. Laporan tersebut dapat membantu manajemen dalam melakukan analisis terhadap pola kehadiran karyawan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Notifikasi Absensi: Fitur notifikasi absensi memungkinkan pengguna menerima pemberitahuan secara langsung terkait absensi karyawan. Hal ini membantu dalam memonitor kehadiran dan memberikan tanggapan cepat terhadap situasi yang memerlukan perhatian.
  • Akses Gratis: Attend Zone menawarkan akses gratis, memberikan peluang bagi perusahaan untuk menggunakan platform ini tanpa biaya tambahan. Meskipun gratis, aplikasi ini tetap menyediakan fitur-fitur yang memadai untuk manajemen kehadiran.

Dengan kombinasi fitur-fitur tersebut, Attenzione menjadi pilihan yang ekonomis dan efektif untuk perusahaan yang mencari solusi absensi online yang dapat diandalkan.

23. QuickBooks Time

QuickBooks Time adalah aplikasi absen karyawan mobile online yang menyederhanakan tugas HRD, termasuk penggajian, faktur, dan penjadwalan.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, namun tersedia pilihan paket berbayar mulai dari 20 hingga 40 dollar AS per bulan.

Berikut adalah beberapa fitur utama QuickBooks Time:

  • Check-in dan Check-out Mudah: Karyawan dapat dengan mudah check-in dan check-out melalui ponsel, mencatat waktu masuk dan keluar hanya dengan beberapa ketukan jari.
  • Pencatatan Waktu Otomatis: Menggunakan teknologi GPS, aplikasi ini mencatat waktu kerja karyawan secara otomatis saat masuk atau keluar, dengan tingkat akurasi tinggi.
  • Pelacakan Lokasi: Aplikasi ini melacak lokasi karyawan saat check-in atau check-out, memungkinkan pemantauan yang lebih baik terhadap keberadaan karyawan di lingkungan kerja.
  • Pemantauan Aktivitas: QuickBooks Time memungkinkan pemantauan aktivitas karyawan secara real-time, termasuk daftar aktivitas, proyek yang dikerjakan, dan waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas.
  • Integrasi dengan QuickBooks: Terintegrasi dengan QuickBooks, memudahkan pengelolaan data waktu kerja karyawan dan penggajian dengan mengimpor data waktu kerja langsung ke QuickBooks.
  • Laporan Waktu dan Penggajian: Menyediakan laporan waktu kerja yang terperinci, dapat dilihat berdasarkan karyawan, proyek, atau periode waktu tertentu. Fitur penggajian juga tersedia untuk menghitung gaji karyawan berdasarkan waktu kerja.

QuickBooks Time memberikan solusi lengkap untuk pencatatan waktu kerja yang mudah, akurat, dan terintegrasi, membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk efisiensi dalam manajemen kehadiran karyawan.

24. Connecteam

Connecteam adalah aplikasi berbasis mobile-first dan desktop dengan fitur serupa dengan Hubstaff. Beberapa fitur utamanya meliputi:

  • Check-in dan Check-out Mudah: Karyawan dapat dengan mudah melakukan check-in dan check-out melalui aplikasi di perangkat seluler, memastikan pencatatan waktu yang cepat dan akurat.
  • Pelacakan Lokasi: Fitur pelacakan lokasi memungkinkan pengelola melihat posisi karyawan saat check-in dan check-out, memastikan kehadiran di lokasi yang tepat.
  • Pemberitahuan dan Pengingat: Connecteam mengirim pemberitahuan dan pengingat otomatis kepada karyawan terkait jadwal kerja, absensi, dan tugas-tugas, menjaga keteraturan kehadiran.
  • Integrasi dengan Kalender: Dapat diintegrasikan dengan kalender elektronik seperti Google Calendar atau Outlook, memudahkan sinkronisasi jadwal kerja dan pengingat.
  • Akses Multi-Platform: Dapat diakses melalui perangkat seluler dan desktop, memungkinkan karyawan mencatat waktu dan mengakses informasi dengan mudah.
  • Laporan dan Analisis: Menyediakan laporan terperinci mengenai kehadiran karyawan, membantu mengelola mengelola kehadiran dan mengidentifikasi tren atau masalah.

Aplikasi absen Connecteam memberikan solusi modern dan efektif untuk pencatatan kehadiran karyawan dengan berbagai fitur yang mendukung manajemen tim yang lebih efisien.

25. When I Work

Platform ini mirip seperti aplikasi perencanaan jadwal kerja yang efisien dan mudah digunakan, memberikan keuntungan sebagai berikut:

  • Efisiensi Perencanaan Jadwal: Membuat jadwal kerja dengan cepat dan efisien melalui antarmuka intuitif. Menambahkan karyawan, mengatur jam kerja, dan menetapkan penugasan dapat dilakukan dengan mudah.
  • Pengurangan Kesalahan dan Konflik Jadwal: Menghindari kesalahan dan konflik jadwal dengan fitur melihat ketersediaan karyawan secara real-time. Meminimalkan tumpang tindih atau penugasan yang melebihi kapasitas karyawan.
  • Peningkatan Komunikasi: Memberikan fitur komunikasi terintegrasi antara pengusaha dan karyawan. Aplikasi mobile memudahkan karyawan menerima pemberitahuan, mengirim permintaan perubahan jadwal atau cuti, dan berkomunikasi mengenai jadwal dan perubahan yang diperlukan.
  • Pemantauan Jam Kerja dan Kehadiran: Memungkinkan pemantauan jam kerja dan kehadiran karyawan secara real-time. Informasi akurat ini mendukung manajemen penggajian dan memastikan disiplin kerja.
  • Menghemat Waktu dan Tenaga: Menawarkan otomatisasi dan integrasi untuk mempercepat pengelolaan jadwal, mengurangi tugas manual, dan memberikan waktu lebih banyak kepada pengusaha untuk fokus pada aspek lain dalam pengelolaan bisnis.

When I Work adalah solusi efektif untuk perencanaan jadwal karyawan, membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi kesalahan, dan memperbaiki komunikasi antara pengusaha dan karyawan di lingkungan kerja.

26. Aplikasi Tanda

Aplikasi ini menawarkan fitur absensi berbasis mobile dengan GPS dan selfie, serta kemampuan unik untuk mengajukan cuti langsung melalui smartphone

Fitur utama aplikasi ini meliputi:

  • Pencatatan Jam Kerja: Memungkinkan karyawan mencatat jam kerja dengan mudah melalui check-in dan check-out langsung di aplikasi, mempermudah pemantauan jam kerja.
  • Lokasi GPS: Fitur GPS memastikan keabsahan lokasi check-in dan check-out karyawan, mencegah kecurangan atau penyalahgunaan waktu kerja.
  • Pengaturan Shift Kerja: Fleksibilitas dalam pengaturan shift kerja, baik reguler maupun khusus. Mudah menetapkan jadwal kerja karyawan dan melihat tanggung jawab pada setiap shift.
  • Notifikasi dan Pengingat: Dilengkapi dengan fitur notifikasi dan pengingat, memberitahu karyawan tentang jadwal, deadline proyek, atau perubahan shift untuk menghindari keterlambatan atau kebingungan.
  • Laporan dan Analisis: Menyediakan laporan dan analisis tentang jam kerja, absensi, atau kehadiran karyawan dalam format grafik atau tabel, membantu pemantauan produktivitas dan pengambilan keputusan manajemen.
  • Integrasi dengan Sistem HR: Dapat terintegrasi dengan sistem manajemen sumber daya manusia (HR) perusahaan, memudahkan sinkronisasi data antara aplikasi absensi dan sistem HR untuk pengelolaan data karyawan secara efisien.

Aplikasi absensi Tanda merupakan solusi terpercaya untuk mengelola jam kerja karyawan dengan efisien dan terorganisir.

27. Timely

Program absensi Timely secara otomatis merekam waktu yang dihabiskan oleh karyawan di berbagai aplikasi kerja, memastikan pembayaran karyawan yang akurat. 

Ini menghilangkan kesalahan manual dalam pelaporan perusahaan dan memastikan tagihan perusahaan sesuai dengan semua pekerjaan yang dilakukan.

Fitur Timely di antaranya:

  • Dokumentasi lembur: Menyediakan dokumentasi lembur secara otomatis, membantu perusahaan dalam mengelola waktu kerja yang melebihi jam reguler.
  • Berbagi Timesheet: Memungkinkan berbagi timesheet antar karyawan atau dengan tim manajemen, mempermudah transparansi dalam pencatatan waktu kerja.
  • Penggajian: Memfasilitasi proses penggajian dengan memberikan catatan waktu yang akurat, mengurangi kesalahan dalam perhitungan gaji karyawan.
  • Evaluasi Kinerja: Menyediakan fitur evaluasi kinerja, membantu perusahaan dalam melihat produktivitas dan kontribusi karyawan.
  • Pembuatan Faktur: Mendukung pembuatan faktur secara otomatis berdasarkan catatan waktu, memastikan akurasi dalam penagihan untuk pekerjaan yang telah dilakukan.

Aplikasi absen online dari Timely merupakan solusi yang efisien untuk merekam waktu kerja karyawan dan memudahkan proses manajemen penggajian serta evaluasi kinerja.

28. Avaza

Avaza adalah platform manajemen proyek yang menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan perencanaan, pelacakan, dan pelaporan proyek.

Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai beberapa fitur unggulan yang dimiliki Avaza:

  • Menetapkan Jam Kerja yang Dapat Ditagih dan yang Tidak Dapat Ditagih: Avaza memberikan fleksibilitas dalam menetapkan jam kerja yang dapat ditagih kepada klien atau proyek tertentu. Ini membantu perusahaan dalam mengelola biaya proyek secara lebih terarah.
  • Menetapkan Tarif Biaya per Proyek: Fitur ini memungkinkan perusahaan menetapkan tarif biaya per proyek, memberikan kemampuan untuk mengelola keuangan proyek dengan lebih efektif. Dengan ini, perusahaan dapat dengan mudah mengontrol dan melacak biaya yang terkait dengan setiap proyek.
  • Persetujuan Timesheet: Avaza menyediakan fitur persetujuan timesheet, memastikan bahwa catatan waktu karyawan telah melalui proses validasi sebelum diintegrasikan ke dalam sistem penggajian. Ini membantu dalam menghindari potensi kesalahan atau penyalahgunaan catatan waktu.
  • Pelacakan Pengeluaran: Pengguna dapat mencatat dan melacak pengeluaran terkait proyek atau tugas tertentu. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap semua biaya yang terlibat dalam suatu proyek.

Avaza memberikan solusi yang holistik untuk manajemen proyek dan keuangan. Dengan fokus pada pengelolaan waktu dan biaya, platform ini membantu perusahaan dalam mengoptimalkan efisiensi.

Tips Memilih Aplikasi Absensi untuk Karyawan

Setelah mengetahui apa saja rekomendasinya, anda juga perlu mengetahui beberapa tips dalam memilih aplikasi absensi online. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam memilih aplikasi absensi yang baik:

1. Mudah Diakses

Tips pertama yang wajib Anda perhatikan yaitu pastikan aplikasi absensi yang Anda gunakan mudah untuk diakses.

Bayangkan bila ternyata aplikasi yang Anda gunakan sulit untuk digunakan. Maka selain menghambat pekerjaan karyawan Anda, hal tersebut tentunya akan merugikan Anda karena sudah mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi tersebut.

Jadi penting untuk memperhatikan faktor pertama ini, sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi absensi tertentu.

Jika memungkinkan, pilihlah aplikasi absensi karyawan berbasis android, melihat pengguna android masih mendominasi smartphone yang beredar di Indonesia. Tentu akan sangat bagus jika aplikasi absensi karyawan tersebut berbasis Android dan iOS. 

2. Memiliki Fitur Lain yang Membantu

Aplikasi absensi online yang ada saat ini, umumnya memiliki fungsi-fungsi lain yang dapat membantu pekerjaan HR dan juga perusahaan. Seperti cek gaji, jadwal, event, mutasi, status kerja dan sejenisnya.

Hal itu tentunya akan menguntungkan Anda sebagai user. Karena satu aplikasi minta menjadi solusi dari banyaknya pekerjaan yang ada di dalam perusahaan.

3. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Data-data yang ada dalam absensi adalah hal yang menyangkut data perusahaan dan juga karyawan. Maka penting untuk menggunakan aplikasi absensi yang sudah terpercaya tingkat keamanan dan kepercayaannya di mata pengguna.

Jangan asal dalam menggunakan aplikasi absensi online. Karena hal tersebut bisa meningkatkan potensi sistem perusahaan Anda diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

4. Biaya Terjangkau

Dalam menjalankan bisnis, tentunya Anda ingin mengeluarkan modal atau uang sedikit mungkin, namun mampu untuk memberikan dampak atau pengaruh yang besar di perusahaan.

Tidak semua aplikasi yang baik, memiliki harga yang mahal. Disinilah Anda harus pintar dalam melakukan riset dan perbandingan harga di antara aplikasi yang tersedia saat ini. Agar bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dan bisnis Anda.

Baca Juga: Pilih Absensi Online Secara Gratis Atau Berbayar?

FAQ

1. Apakah absensi secara online melalui mobile lebih baik daripada absensi manual?

Jika kamu tidak memiliki begitu banyak pegawai dan keseluruhan pegawai masih dapat kamu pantau kehadirannya di tempat kerja, maka absensi manual bisa kamu gunakan. Berbeda kasus jika karyawan sudah banyak dan sulit terpantau, maka kamu perlu peralatan pendukung seperti aplikasi absensi.

Baca juga: Aplikasi Absensi Mobile vs Absensi Manual, Mana yang Lebih Baik?

2. Bagaimana cara kerja sistem absensi online? Apakah aman?

Hal ini tergantung kepada siapa yang mengelola data yang kamu miliki. Jika pengelolaan oleh internal, apakah orang tersebut bisa kamu percaya?

Jika pengelolaan dari eksternal, kamu perlu memastikan kredibilitas vendor tersebut. Apakah pernah terkena kasus atau tidak, review keamanan dari para pengguna, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Kerja Sistem Aplikasi Absensi Online Karyawan

Mobile ESS LinovHR: Solusi Kehadiran Karyawan

aplikasi absen online
Aplikasi Absensi

Pencatatan absensi karyawan secara manual, atau menggunakan layanan gratis membuat kerja HR tidak efektif. Pasalnya, bukan hanya menghabiskan waktu dalam menghitung jumlah karyawan yang hadir secara manual.

Pencatatan seperti itu juga meningkatkan risiko tercecernya data kehadiran karyawan, sehingga dapat menguras efisiensi waktu, tenaga, dan pikiran.

Mobile ESS LinovHR hadir membantu untuk memudahkan pekerjaan HR dengan pencatatan absensi yang lebih akurat. Dengan menggunakan sistem Geotagging, manipulasi kecurangan lokasi karyawan dapat diminimalisir.

Mengingat absensi karyawan merupakan hal yang penting dan vital untuk diperhatikan, maka pastikan Anda menggunakan aplikasi absensi online terbaik dengan segala fitur yang memudahkan pekerjaan HR.

Anda bisa percayakan Aplikasi Absensi dari LinovHR. Ayo ajukan demo gratis sekarang!

Itulah pembahasan mendalam mengenai 15 aplikasi absensi karyawan terbaik yang bisa Anda gunakan di perusahaan Anda. 

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter