cara melamar kerja online

Pertama Melamar Kerja? Ikuti Tips Cara Melamar Kerja Online!

Melamar kerja tentu menjadi kegiatan yang menegangkan bagi sebagian orang. Sebelum memulai pencarian kerja, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu kelengkapan dokumen lamaran kerja online. Sayangnya masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara melamar kerja online khususnya jika pertama kali atau baru lulus kuliah.

 

Jangan Khawatir, Ini Tips Cara Melamar Kerja Online

Jika Anda kebingungan bagaimana cara melamar kerja pertama kali secara online, sebenarnya cara atau langkahnya semua cukup mudah. 

Anda hanya memerlukan laptop, akses internet, alamat email, resume dan surat lamaran untuk melamar pekerjaan secara online. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyederhanakan proses pencarian dan lamaran kerja online Anda:

 

Perbarui Resume Anda

Sebelum Anda melamar kerja online, perbarui resume Anda dan cover letter. Resume Anda harus menyertakan informasi kontak Anda saat ini dan riwayat pekerjaan lengkap Anda.

Simpan resume Anda dalam nama file yang singkat dan mengandung kata “resume” yang mudah dikenali oleh HRD dengan nama lengkap. Pastikan untuk menyimpan dalam dokumen PDF.

 

Perbarui Profil Anda di Platform Jaringan Profesional

Beberapa HR lebih suka melihat profil Anda di platform jaringan profesional daripada resume Anda, karena tata letak platform serupa untuk setiap profil. 

Pastikan profil Anda terbaru dan tidak memiliki gambar atau posting apa pun yang dapat menghalangi HR untuk mempekerjakan Anda. Jika Anda memiliki situs web profesional yang menyertakan contoh pekerjaan Anda, tambahkan tautan ke portofolio online Anda di resume Anda.

 

Baca Juga: Sedang Mencari Kerja? Ketahui Perbedaan Resume dan CV!

 

Gunakan Keyword

Temukan keyword dalam deskripsi pekerjaan untuk posisi yang ingin Anda lamar. Menggunakan keyword yang relevan dalam resume Anda dapat membantu HR memindai resume Anda dengan mudah.

Beberapa perusahaan juga menggunakan sistem pelacakan pelamar yang mencari kata kunci dalam aplikasi. Menambahkan beberapa keyword tersebut dapat membantu ATS mengirimkan resume Anda ke manajer perekrutan untuk ditinjau lebih lanjut.

Tinjau resume Anda dan sertakan kata kunci ini jika berlaku. Misalnya, jika deskripsi menyatakan bahwa Anda membutuhkan keterampilan kerja tim yang sangat baik, cobalah untuk memasukkan contoh kemampuan kerja tim Anda dalam resume Anda.

 

Gunakan Job Portal

Banyak perusahaan memposting posisi terbuka ke situs web mesin pencari pekerjaan. Anda dapat mencari di situs seperti Indeed, Kalibrr, LinkedIn, Tech In Asia, Glints, dan lain sebagainya.

Untuk pekerjaan yang Anda minati dengan menggunakan filter yang berbeda, seperti jabatan, gaji, dan lokasi. Ada juga situs web pencarian kerja untuk bidang dan industri khusus. Pastikan Anda melakukan pencarian menyeluruh untuk menemukan semua pekerjaan yang Anda minati.

Jika Anda tahu perusahaan mana yang Anda inginkan untuk bekerja, lihat langsung situs web mereka untuk daftar pekerjaan di bawah bagian Karir di situs mereka. Ketika Anda melamar di situs web perusahaan, aplikasi Anda akan masuk ke sistem pelacakan pelamar di mana Anda dapat memeriksa status sesering yang Anda inginkan.

 

Selalu Selektif

Pastikan Anda memahami persyaratan untuk suatu pekerjaan. Lebih baik hanya melamar pekerjaan di perusahaan tempat Anda ingin bekerja dan yang sesuai dengan tujuan dan keahlian Anda.

Karena dapat memakan waktu lama untuk mengisi aplikasi untuk setiap pekerjaan, Anda dapat menghemat lebih banyak waktu dengan selektif selama proses pencarian Anda.

 

Siapkan Surat Lamaran

Surat lamaran Anda harus membahas persyaratan pekerjaan tertentu dan menyoroti keterampilan dan prestasi Anda.

Sebutkan bagaimana Anda akan menggunakan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam posisi tersebut, dan berikan contoh bagaimana Anda membantu perusahaan sebelumnya dengan masalah serupa. Jaga agar surat lamaran Anda tetap fokus dan pendek untuk menjaga minat HR.

 

Baca Juga: 5 Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik untuk Berbagai Posisi

 

Lengkapi Lamaran Kerja Online

Untuk melamar pekerjaan secara online, Anda harus mendaftar ke situs web dengan membuat akun, memilih nama login dan kata sandi. Anda biasanya dapat menggunakan alamat email Anda sebagai nama login Anda untuk lebih cepat.

Setelah membuat akun, tambahkan resume Anda. Anda dapat melakukannya dengan salah satu cara berikut:

 

  • Melampirkan file resume Anda dengan mengunggahnya
  • Menyalin resume Anda ke bidang pada aplikasi
  • Memasukkan riwayat pekerjaan Anda secara manual ke bidang yang wajib diisi
  • Beberapa situs web memiliki fungsi yang secara otomatis mengisi detail lamaran dari resume Anda. Tinjau detail yang diunggah untuk memastikannya cocok dengan informasi Anda.

 

Pastikan Tanggapan Anda Tetap Profesional

Anda harus memastikan bahwa ejaan, tata bahasa, dan konten Anda bebas dari kesalahan untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan wawancara.

Setiap informasi yang Anda berikan dalam aplikasi Anda harus jujur dan akurat untuk menghindari kesalahpahaman.

 

Lacak dan Follow Up Lamaran Pekerjaan Anda

Melacak lamaran akan membantu Anda mengetahui posisi mana yang dirujuk oleh HR ketika mereka memanggil Anda untuk wawancara.

Jika Anda melakukan follow up, maka maka pastikan jika Anda melakukannya dengan sopan dan benar. Jangan sampai Anda terlalu berlebihan ketika menghubungi HRD untuk memastikan hal tersebut. 

 

Terus Melamar

Mencari pekerjaan baru bisa memakan waktu. Bahkan setelah melamar beberapa pekerjaan secara online, lanjutkan melamar online dan offline. Tetap percaya diri menggunakan dukungan dari teman dan keluarga Anda.

Jika Anda terus melamar, Anda bisa berhasil menemukan pekerjaan baru. Hindari berpatokan di satu perusahaan saja. 

 

Kesimpulan

Melamar kerja secara online dapat dikatakan lebih mudah dibandingkan menggunakan cara manual.

Jika Anda mengetahui cara melamar kerja online, Anda tentu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan idaman.

Anda tidak perlu menggunakan amplop lamaran dalam bentuk fisik. Semoga tips cara melamar kerja online di atas dapat membantu! Semangat!