perbedaan resume dan cv

Sedang Mencari Kerja? Ketahui Perbedaan Resume dan CV!

Curriculum Vitae atau yang bisa kita kenal dengan sebutan CV adalah barang pusaka penting yang harus banget ada ketika kita melamar pekerjaan. Bisa dikatakan hampir 90% keputusan pertama ditentukan oleh CV. Selain CV, biasanya ada resume yang juga diminta oleh perusahaan untuk dilampirkan bersama dengan CV. Resume tidak sama dengan CV tetapi konten yang ada di Resume menggambarkan sedikit banyak konten yang ada di CV. Untuk bisa mempersembahkan CV, Anda harus bisa memberikan resume yang bagus. Lalu perbedaan resume dan CV? Kenapa kedua hal ini penting untuk mencari kerja?

 

Pengertian CV

CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen baik digital maupun cetak yang berisi informasi seputar pelamar kerja mulai dari data pribadi, riwayat pendidikan, riwayat atau pengalaman kerja, hingga keahlian, dan hobi atau fun fact. CV adalah bagian paling penting dan selalu menjadi awal dari proses melamar kerja. Pelamar pasti akan mempersiapkan CV dan mengirimkannya kepada pemberi kerja untuk di review. HRD atau pemberi kerja memeriksa satu persatu. Mereka biasanya sudah menetapkan standar sehingga proses screening bisa lebih mudah dan cepat. Terutama jika pelamar memiliki jumlah yang lebih banyak dari kemampuan HRD untuk menampung. 

Ada elemen – elemen wajib yang harus dan diinginkan oleh HRD. CV harus memuat poin – poin penting yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. CV tidak boleh bertele – tele dan hanya masukkan informasi yang dibutuhkan. Lebih baik dalam bentuk poin atau bentuk lain yang mudah untuk dibaca. Bagaimana perbedaan resume dan cv baik secara fungsi dan poin akan dijelaskan di bagian selanjutnya. 

Baca Juga: 8 Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate Agar Cepat Kerja

 

Pengertian Resume

Masuk ke pembahasan tentang resume. Sebenarnya apa itu resume dan apalagi beda resume dan CV ini? Resume bisa diartikan berbeda sebenarnya di berbagai negara. Beberapa negara eropa mengartikan CV itu juga adalah resume. Jadi ketika Anda diminta untuk membawa resume, berarti Anda diminta membawa CV. Anda juga bisa melihat di mesin pencari untuk kategori gambar  jika Anda mengetikkan ‘resume’. Maka hasil pencarian yang keluar adalah adalah umumnya gambar – gambar yang selama ini kita kenal dengan CV. 

Di beberapa negara lainnya seperti Indonesia misalnya, beberapa perusahaan masih membedakan antara CV dan resume. Jadi, tidak semua juga yang mengartikan bahwa ada beda resume dan cv. Jika kemudian perusahaan meminta CV dan resume, maka disini Anda tahu bahwa bagi perusahaan tersebut ada perbedaan resume dan CV. Disini juga Anda harus menyiapkan keduanya dan tahu benar bedanya. 

Sederhananya, resume itu seperti trailer sebelum HRD masuk ke CV kita. Sebelum HRD membaca lebih lanjut, HRD ingin beberapa kalimat atau paragraf singkat yang menjelaskan informasi paling penting untuk mereka tahu dalam proses mencari kerja. Salah – salah bikin resume, CV Anda bisa saja sama sekali tidak dibaca oleh HRD. Anda sebagai job seeker harus memahami apa yang menjadi perbedaan resume dan CV. 

 

Perbedaan Resume dan CV 

Hampir semua HRD atau pemberi kerja sudah pasti tidak pernah mengenal Anda sebelumnya. Mereka tidak pernah bertemu, tidak mengetahui kemampuan Anda yang sebenarnya dan mereka harus memilih diantara ratusan bahkan tak sedikit juga jumlah pelamar yang mencapai ribuan atau puluhan ribu. HRD tidak punya banyak waktu untuk memeriksa satu persatu dan melakukan wawancara atau bertemu langsung. Itu kenapa CV menjadi sangat penting di awal setidaknya hingga saat Anda di tahap wawancara dan bisa meyakinkan HRD dengan pendekatan yang lain. Untuk sukses melamar kerja, penting bagi Anda sebagai job seeker untuk memahami apa bedanya resume dan CV. 

 

Informasi

Resume memuat informasi yang lebih singkat, terpenting, dan lugas tentang siapa pelamar, latar belakangnya apa, pernah bekerja dimana, dan keahliannya apa. Singkat sekali. Minimal 1 paragraf dengan 3 – 4 kalimat atau maksimal 2 paragraf. Ia menjadi teaser yang membawa HRD tahu apakah ia akan memilih Anda atau tidak dalam waktu kurang dari 1 menit. 

Sedangkan CV berisi poin yang lebih lengkap tapi juga tetap harus padat dan jelas. Jika di resume Anda hanya memasukkan 1 pengalaman kerja yakni versi paling terakhir atau saat ini, di CV Anda bisa menampilkan semua pengalaman kerja Anda yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

 

Rincian Keahlian

Perbedaan resume dan CV yang selanjutnya adalah mengenai rincian keahlian. Di resume Anda tidak perlu menyebutkan semua keahlian Anda. Cukup yang paling penting yang berkaitan dengan posisi. Dua sampai tiga keahlian paling penting. Atau jika Anda punya banyak, temukan satu kata umumnya yang bisa menggambarkan semua hal dengan singkat. Kemudian di CV, baru Anda bisa menjabarkan lebih dalam.

Baca Juga: 10 Hard Skill Paling Populer dan Dicari Perusahaan

Desain

Terkadang orang yang mencari kerja juga menampilkan hobi atau fakta unik mereka dalam CV, tetapi hal itu tidak perlu ditunjukkan di resume. Selain itu, resume juga biasanya hanya berbentuk paragraf saja. Sedangkan CV dibuat sangat menarik dengan berbagai desain. Perbedaan paling mencolok adalah para fungsi. Terlebih saat mengirimkan kelengkapan proses mencari kerja dengan email. Resume digunakan sebagai body email, kemudian CV sebagai lampiran.  

Itulah pembahasan mengenai perbedaan resume dan CV. Jadi, jangan salah antara keduanya, ya Anda juga harus paham kapan suatu perusahaan membedakan antara resume dan CV, kapan mereka memang menganggap keduanya sama saja. Jika berbeda, Anda harus ingat bahwa resume tidak perlu informasi lengkap tetapi informasi terpenting. Sedangkan CV perlu penjabaran yang memudahkan HRD. Semoga berhasil mencari pekerjaan idaman!