12 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Contoh Surat Pengunduran Diri
Isi Artikel

Surat pengunduran diri adalah salah satu dokumen yang mesti dibuat saat ingin resign dari tempat kerja. Karena pada dasarnya mengundurkan diri dari pekerjaan adalah hak setiap karyawan.

Banyak faktor yang menyebabkan seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri.

Simak cara membuat surat pengunduran diri sampai dengan contoh suratnya!

Baca Juga: 7 Alasan Resign Yang Sering Diutarakan Oleh Karyawan Terbaik

Cara Mengundurkan Diri dengan Baik dan Sopan

Setelah memahami bentuk surat pengunduran diri, langkah-langkah berikut perlu Anda persiapkan untuk mengundurkan diri dengan baik dan sopan:

1. Ajukan dan Diskusikan Rencana Resign dengan Atasan

Setelah menentukan waktu resign, ajukan tanggal dan bulan yang telah Anda pilih kepada atasan. Ini penting agar Anda memiliki kesempatan untuk berdiskusi mengenai keputusan tersebut.

Jika perusahaan keberatan dengan waktu yang Anda pilih, Anda dapat bernegosiasi dengan atasan untuk menentukan tanggal dan bulan yang tepat bersama. Jika perusahaan tidak menyetujui pengunduran diri Anda karena posisi pekerjaan yang sulit digantikan, Anda bisa menawarkan opsi seperti peningkatan gaji atau benefit tambahan.

2. Selesaikan Tugas dan Tanggung Jawab Terlebih Dahulu

Meskipun Anda sudah mengajukan surat resign, Anda tetap harus menyelesaikan tanggung jawab Anda. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UUK).

Dalam Pasal 162 ayat (3) UU tersebut, salah satu syarat seorang karyawan mengundurkan diri adalah tetap melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya hingga tanggal pengunduran diri. Pastikan Anda menyelesaikan semua tugas yang diemban agar tidak melanggar aturan yang ada.

3. Tentukan Waktu Resign

Langkah pertama adalah menentukan waktu resign. Misalnya, jika Anda ingin berhenti bekerja pada bulan Juli, persiapkan diri dan berkas-berkas yang diperlukan minimal 1 hingga 2 bulan sebelumnya.

Carilah waktu yang tepat untuk resign agar tidak memberatkan perusahaan maupun rekan kerja lainnya.

4. Tulis Surat Pengunduran Diri

Jika diskusi dengan atasan berjalan lancar, saatnya Anda mengajukan surat pengunduran diri. Biasanya, surat ini diajukan kepada bagian personalia sebagai data dan pertimbangan bersama para atasan.

Gunakan format penulisan surat yang tepat seperti yang telah dibahas sebelumnya. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baca Juga: Contoh Soal Psikotes: Tes Wartegg, Koran, Verbal dll

Alasan Pengunduran Diri

Seorang wanita sedang bersiap meninggalkan kantor setelah menyerahkan surat pengunduran diri atau surat resign ke HRD. Contoh surat pengunduran diri di atas dapat memberikan gambaran saat mengajukan surat resign. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyampaikan alasan resign dengan tepat.

Urusan pengunduran diri memang sangat personal, namun biasanya beberapa alasan berikut ini digunakan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan:

1. Mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik
2. Ingin menempuh pendidikan lanjutan
3. Lingkungan kerja yang tidak kondusif (toxic)
4. Mengalami kendala dalam manajemen waktu
5. Kesulitan untuk berkembang di posisi saat ini
6. Berniat melakukan perubahan jalur karir
7. Gaji yang tidak sebanding dengan beban kerja
8. Tempat tinggal pindah ke kota lain mengikuti keluarga
9. Perubahan struktur organisasi perusahaan
10. Alasan kesehatan pribadi yang tidak memungkinkan untuk bekerja aktif
11. Tengah membangun komitmen terhadap hubungan pribadi
12. Ketidakpuasan terhadap tanggung jawab saat ini
13. Berniat memulai usaha sendiri
14. Perpindahan lokasi kantor
15. Perubahan jabatan atau peran dalam pekerjaan
16. Baru melahirkan atau memiliki anak yang tidak dapat ditinggal kerja

Baca Juga :   Hindari 7 Hal ini Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

Format Surat Pengunduran Diri

Sebelum mengajukan permohonan kepada bagian HRD perusahaan, penting untuk mengetahui format surat pengunduran diri yang tepat. Berikut adalah format penulisan surat resign yang sesuai:

1. Bagian Kepala Surat

Seperti halnya surat formal lainnya, bagian kepala surat tidak boleh terlewatkan. Beberapa elemen yang harus dicantumkan adalah tanggal pembuatan surat, nama penerima, dan alamat yang dituju. Ini bertujuan agar surat dikirim ke alamat yang benar. Pastikan Anda memahami aturan penulisan alamat surat yang benar untuk menghindari kesalahan.

2. Inti atau Isi Surat

Bagian ini merupakan inti dari surat pengunduran diri karena berisi informasi detail mengenai tujuan Anda. Gunakan bahasa yang lugas dan efektif, hindari penggunaan bahasa kiasan atau kalimat yang bertele-tele. Sampaikan alasan pengunduran diri dengan jelas dan sopan. Anda bisa memulai dengan permohonan maaf sebelum menyatakan keinginan untuk mengundurkan diri.

3. Penutup Surat

Pada bagian penutup, sampaikan ucapan terima kasih dan mungkin harapan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan perusahaan. Akhiri surat dengan salam, tanda tangan, dan nama terang Anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Ada pun lima contoh surat resign yang dapat Anda pelajari sebagai referensi, antara lain:

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

contoh surat pengunduran diri
contoh surat pengunduran diri

Kepada Yth,

Kepala Bagian SDM

PT Makmur Selalu

Jalan Daun Pandan No. 6

 

Dengan hormat,

 

Saya, Marina Budiasih, menyatakan mengundurkan diri dari PT Makmur Selalu dari posisi sekretaris. Pengajuan pengunduran diri ini terhitung sejak 4 Juli 2019.

Melalui surat ini pun saya ingin menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT Makmur Selalu. Saya mempelajari banyak hal dan pengalaman yang membantu saya berkembang di kemudian hari. Saya juga ingin meminta maaf apabila secara tak sengaja melakukan kesalahan selama berada di perusahaan ini.

Semoga PT Makmur Selalu kian sukses di masa depan. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Marina Budiasih.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta

2. Contoh Surat Resign Organisasi 

Contoh Surat pengunduran diri
Contoh surat resign organisasi

Kepada 

Yth. Kepala Umum

LSM Budi Mulia

Jalan Burung Tekukur 10A

Lewat surat ini, saya menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari posisi bendahara LSM Budi Mulia. Ada pun alasan yang mendasarinya adalah saya hendak melanjutkan studi S2 terhitung tanggal 1 September 2019.

Selama bekerja dengan LSM Budi Mulia, saya mendapatkan pelajaran berharga seputar berorganisasi. Pengalaman-pengalaman tersebut sangat membantu saya berkembang lebih baik. Mohon maaf juga bila saya sempat melakukan selama berada di lembaga ini.

Demikian surat pengunduran diri saya. Terima kasih.

Salam hormat,

Anita Prisillia.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Manajer

surat pengunduran diri manajer
surat pengunduran diri manajer

Kepada 

Yth. Kepala Divisi HRD

PT Digital Persada Indah

Jalan Diponegoro No. 67-69

Dengan hormat,

Sesuai keputusan direksi, melalui surat permohonan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Muhammad Jafar

Jabatan: Manajer

Mengajukan pengunduran diri dari posisi manajer terhitung 30 Agustus 2019.

Selama bekerja di PT Digital Persada Indah, saya menimba berbagai ilmu berharga. Pengalaman tak ternilai dari kolega pun membantu saya berkembang menjadi pribadi lebih baik. Mudah-mudahan, saya bisa menjadi sosok yang lebih profesional di kemudian hari. Saya juga bersedia untuk membantu selama masa transisi demi kelancaran pelaksanaan tugas yang saya tinggalkan.

Mudah-mudahan, PT Digital Persada Indah akan maju menjadi perusahaan besar yang lebih baik.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Muhammad Jafar.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Manajer

4. Contoh Surat Resign karena Alasan Pribadi

[Nama Manajer] yang terhormat,

Dengan ini saya memberitahukan tentang keputusan saya untuk mengajukan pengunduran diri saya dari [nama perusahaan] sebagai [jabatan pekerjaan saat ini]. Hari kerja terakhir saya bekerja akan jatuh pada [dua minggu / sebulan] mulai hari ini, pada [dd/mm/yy].

Saya merasa sangat berterima kasih untuk semua bantuan serta dukungan yang diberikan rekan dan atasan selama bekerja di perusahaan. Saya menghargai semua pengalaman berharga yang saya terima dari perusahaan dan momen yang telah dilewati bersama dengan kolega dan rekan satu tim saya.

Sayangnya, saya harus meninggalkan posisi saya karena alasan pribadi.

Selama periode pengunduran diri saya, saya akan menyelesaikan segala tugas-tugas saya saat ini dan menyerahkan proyek saya yang ada kepada anggota tim saya. Harap beritahu saya jika ada hal lain yang dapat saya lakukan untuk memastikan kelancaran transisi.

Saya harap saya dapat menghubungi Bapak/Ibu untuk referensi di masa mendatang ketika saya kembali bekerja. Saya berharap yang terbaik untuk semua yang terlibat selama saya bekerja di sini.

Dengan Hormat,

Tanda tangan Anda

(Nama Anda)

Link DOCS

Contoh Surat Resign karena Alasan Pribadi
Contoh Surat Resign karena Alasan Pribadi

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

contoh surat pengunduran diri guru
contoh surat pengunduran diri guru

Kepada Yth, 

Kepala Sekolah Menengah Atas Damai Sejahtera

Jalan Bunga Melati No. 167

Dengan hormat,

Lewat surat ini, saya:

 

Nama: Mulyadi Hasanah

Jabatan: Guru Sejarah

 

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi guru Sejarah di SMA Damai Sejahtera terhitung hari ini, Jumat, 9 Agustus 2019.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada rekan guru dan staf lain di SMA Damai Sejahtera atas pengalaman serta ilmu yang saya dapatkan selama mengajar di sini. Kemudian, saya juga ingin meminta maaf pada seluruh jajaran Komite Sekolah dan Yayasan Damai Sejahtera bila terjadi kesalahan yang kurang berkenan.

Semoga SMA Damai Sejahtera kian berprestasi, baik di bidang akademik dan non-akademik, sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa berakhlak nan cerdas.

Terima kasih atas perhatiannya. 

Hormat saya,

 

Mulyadi Hasanah

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

6. Contoh Surat Pengunduran Anggota Partai

surat pengunduran diri anggota partai
surat pengunduran diri anggota partai

Kepada 

Yth. Ketua Umum Partai Lima Tujuh

Jalan Rampai Senja 113

Dengan hormat,

Saya, Maman Sukadi, mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Wakil Ketua Partai Lima Tujuh. Pengunduran diri ini terhitung sejak 5 Mei 2019. Alasan yang mendasari saya untuk mengambil keputusan ini adalah karena ingin melanjutkan studi di universitas luar negeri.

Berbagai pengalaman saya dapatkan selama menjabat sebagai wakil ketua di Partai Lima Tujuh. Apabila saya melakukan kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Saya juga mendoakan Partai Lima Tujuh dapat mewujudkan impian-impian yang lebih baik di kemudian hari dalam membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat,

Maman Sukadi.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Partai

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

surat pengunduran diri karyawan pabrik
Sumber: kibrispdr.org

8. Contoh Surat Resign untuk Pengembangan Karier

[Nama Manajer] yang terhormat,

Dengan ini saya sampaikan pemberitahuan resmi terkait pengunduran diri saya. Tujuan saya menulis ini adalah untuk memberitahu Anda bahwa saya akan mengakhiri pekerjaan saya sebagai [jabatan saat ini] di [nama perusahaan]. Hari terakhir saya di perusahaan akan berlaku pada [dd/mm/yy], setelah menjalani masa pengunduran diri saya.

Saya telah memutuskan untuk mengambil langkah untuk memulai perjalanan baru dalam karir saya yang lebih sejalan dengan tujuan profesional dan keinginan saya.

Saya menghargai semua kesempatan yang diberikan perusahaan kepada saya selama beberapa tahun terakhir ini. Saya percaya bahwa keterampilan yang saya peroleh akan sangat berharga bagi saya di masa depan. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memastikan kelancaran proses transisi dan membuat semua detail, informasi, dan proyek yang tersedia bagi orang yang mengambil alih peran saya setelah saya pergi.

Saya berharap perusahaan sukses di masa depan.

Dengan hormat,

Tanda tangan Anda (jika menggunakan hard copy letter)

(Nama Anda)

Link DOCS

Contoh Surat Resign untuk Pengembangan Karier
Contoh Surat Resign untuk Pengembangan Karier

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

contoh surat pengunduran diri sederhana
Sumber: jobskarir.id

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan

surat pengunduran diri tulis tangan
Sumber: calwriterssfv.com

11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah
Sumber: suratresmi.net

12. Contoh Surat Pengunduran Diri Perangkat Desa

Kepada Yth.

Kepala Desa (atau Lurah)

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : [Nama Lengkap]

Jabatan : [Jabatan saat ini sebagai perangkat desa]

dengan ini mengajukan pengunduran diri dari jabatan sebagai perangkat desa [nama desa] pada tanggal [tanggal pengunduran diri].

Hal ini disebabkan karena [alasan pengunduran diri, misalnya karena alasan pribadi atau karir yang lebih baik]. Saya berharap pengunduran diri ini dapat diterima dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya berterima kasih atas perhatian dan kerja sama yang telah diberikan selama ini. Saya siap untuk memberikan bantuan dan dukungan sesuai dengan kemampuan saya selama masa transisi.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

[Tanda tangan]

Download DOCS

Surat Pengunduran Diri Perangkat Desa
Surat Pengunduran Diri Perangkat Desa

Dengan memperhatikan bagaimana cara membuat surat resign yang baik, Anda akan terlihat lebih profesional di dunia kerja.

Baca Juga: Exit Clearance Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Form

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Meskipun hanya sebuah surat, namun surat pengunduran diri adalah hal penting yang tidak bisa ditulis sembarangan.

Meskipun mengundurkan diri adalah hak, proses sebelum mengajukan resign adalah langkah-langkah yang harus diambil agar tidak ada pihak yang merasa tidak dihormati.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter