retensi karyawan

Tingkatkan Retensi Karyawan Dengan 5 Hal Ini

Berhentinya seorang karyawan terbaik dalam suatu perusahaan merupakan hal buruk yang harus dihindari. Perusahaan harus bisa mencari siapa pengganti yang kemampuannya sebanding, selain itu tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa berdampak pada karyawan lainnya. Jangan sampai, dengan berhentinya karyawan tersebut malah memancing yang lainnya untuk ikut-ikutan berhenti. Oleh sebab itulah, sebuah perusahaan perlu memikirkan mengenai retensi karyawan. Bila masih bingung mengenai caranya, Anda bisa tingkatkan retensi karyawan dengan 5 hal ini.

 

1. Menghargai Karyawan, Bukan Hanya Memotivasinya

Karyawan di dalam perusahaan tentunya harus bisa diapresiasi bila mereka telah menghasilkan pekerjaan yang sesuai dengan target. Untuk bentuknya bisa berupa bonus, waktu cuti dan yang lainnya. Jangan sampai, perusahaan hanya memberikan motivasi saja seperti sebuah kata-kata yang mendorong untuk terus mengejar target. Bila terus saja melakukan hal tersebut tanpa diikuti dengan upaya tertentu malah akan menyebabkan beberapa karyawan mulai tidak senang dengan apa yang perusahaan lakukan.

 

Baca Juga: Total Motivasi, Kiat Tingkatkan Kinerja Karyawan

 

2. Berikan Sebuah Pelatihan yang Tepat untuk Karyawan

Meningkatkan retensi karyawan perusahaan bisa juga dengan cara memberikan mereka sebuah pelatihan. Cara ini bisa membantu karyawan untuk memenuhi minatnya dalam pekerjaan yang mereka lakukan. Perusahaan bisa coba mengembangkan motivasi dalam diri karyawan dengan memberikannya pelatihan. Cara ini akan sangat membantu karyawan dan juga perusahaan agar bisa tetap bekerjasama dengan baik.

 

3. Membiarkan Karyawan Bekerja di Rumah dengan Pertimbangan Tertentu

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan cara tersebut untuk meningkatkan retensi karyawan. Diperbolehkannya bekerja di rumah tentunya harus berdasarkan pertimbangan tertentu. Namun, tidak setiap hari hal ini harus dilakukan. Dalam suatu waktu, mungkin saja perusahaan bisa mempertimbangkan kerja di rumah. Seperti, seorang graphic design yang mengharuskannya bisa mendapatkan ide kreatif. Bila ia terus saja dikurung dalam kantor, bisa saja ia merasa kesulitan karena tidak bisa membuat ide kreatif untuk dituangkan pada designnya.

Manfaat lainnya mengenai kerja remote dapat anda baca pada artikel berikut ini, https://www.linovhr.com/trend-hr-dan-kerja-remote/.

 

4. Cobalah untuk Meningkatkan Akses Perusahaan

Akses perusahaan ternyata mempunyai peranan yang sangat penting, terutama untuk salah satu cara meningkatkan retensi karyawan dalam perusahaan. Setiap perusahaan tentunya mempunyai hirarkinya sendiri agar bisa menentukan struktur suatu struktur organisasi. Semenatra itu, di sisi lain hal ini juga bisa sangat memenuhi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun, bisa juga malah menimbulkan adanya gap dengan pegawai junior dan eksekutif. Sehingga agar tidak terjadi hal ini sebaiknya transparansi serta akses yang memadai bisa dilakukan agar menciptakan loyalitas dan juga kepercayaan para karyawan.

 

5. Pancinglah apa yang membuat karyawan penasaran

Ketika Anda sedang merasa penasaran pada suatu hal, pastinya hal ini akan menjadikan Anda ingin melakukan suatu cara agar bisa mengetahuinya. Nah, ini bisa dijadikan cara untuk meningkatkan retensi karyawan. Cobalah untuk menciptakan suatu atmosfer yang akan memancing karyawan agar bisa mengajukan pertanyaan dan membuat mereka semakin berkembang. Namun pastikan juga bahwa Anda sudah mempunyai jawaban yang memuaskan untuk mereka.

 

Itulah 5 retensi karyawan yang bisa coba perusahaan lakukan pada karyawan. Ingatlah, bagaimanapun juga seorang karyawan dalam perusahaan merupakan aset yang sangat berharga. Bila karyawan terbaik meninggalkan perusahaan, mungkin saja mereka bisa mendapatkan tempat yang lebih layak di luar sana, namun sangat disayangkan karena hal tersebut bisa berdampak buruk bagi perusahaan. Apalagi, nantinya perusahaan bisa kesulitan untuk mendapatkan penggantinya, hal tersebut juga bisa saja memakan waktu yang lama.