ruang kerja

Produktif dan Nyaman WFH, Ikuti 10 Desain Ruang Kerja di Rumah

Pandemi COVID-19 yang menyerang seluruh dunia membuat pola kerja ikut berubah. Banyak perusahaan mulai menerapkan sistem work from home (WFH) untuk tetap menjaga keberlangsungan perusahaan.

Akan tetapi, belum begitu banyak karyawan yang terbiasa bekerja dari rumah. Kendala yang sering dijumpai adalah ruang kerja di rumah yang tidak nyaman dan sangat berbeda dengan suasana kantor.

Akibatnya Anda justru kurang produktif dan semangat bekerja. 

 

Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Selama WFH

Desain ruang kerja merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas dan semangat bekerja. Ruang kerja di kantor umumnya memberikan berbagai kenyamanan mulai dari kursi yang empuk, meja yang ergonomis, dan pemilihan cat tembok yang menarik.

Sayangnya, ruang kerja di rumah tidak selalu sama dengan di kantor. Agar semakin betah dan produktif saat WFH, yuk simak tips menyusun ruang kerja untuk WFH! 

Pilih Kursi yang Nyaman

 

Kursi yang Nyaman desain ruang kerja

source: James Mcdonald, unsplash.com

 

Anda akan duduk dalam waktu yang cukup lama untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan seperti di kantor. Jika di kantor, kursi yang digunakan adalah kursi yang didesain khusus kerja.

Anda tentu tidak bisa fokus bekerja ketika duduk di kursi yang kurang nyaman. Maka dari itu, pilih kursi yang nyaman agar Anda tidak kesemutan atau kram karena posisi duduk yang tidak nyaman. 

 

Meja Kerja Ergonomis

Meja Kerja Ergonomis desain ruang kerja

source: Vadim Kaipov, unsplash.com

Selain kursi, pastikan pula meja kerja nyaman dan ergonomis sesuai postur tubuh Anda.Penggunaan meja kerja yang ergonomis dapat melindungi Anda dari nyeri otot akibat terlalu lama bekerja. Anda bisa memilih model meja yang serupa di kantor. Sebab, meja kerja di kantor umumnya sudah ergonomis agar membuat karyawan nyaman bekerja. 

 

Letakkan Meja Kerja Agak Jauh dari Kasur

meja kerja jauh dari kasur

source: Michael Demoya, unsplash.com

Mungkin salah satu godaan karyawan selama WFH adalah kasur.

Saat melihat kasur, bawaannya ingin bermalas-malasan dan akhirnya malah kurang fokus. Jika Anda ada space lebih di rumah, letakkan meja kerja di luar kamar pribadi. Namun jika space di rumah Anda agak terbatas, tidak apa meletakkan meja kerja di kamar. Pastikan jaraknya tidak dekat-dekat dengan kasur! 

 

Baca Juga:  Panduan Wajib Lapor Ketenagakerjaan Online

 

Pastikan Pencahayaan Cukup

Pastikan Pencahayaan Cukup desain ruang kerja

source: Bench Accounting, unsplash.com

 

Pencahayaan yang cukup dapat membantu Anda lebih rileks dan nyaman saat WFH.

Oleh karena itu, pastikan pencahayaan ruang kerja di rumah sudah cukup baik. Pencahayaan yang baik bisa bersumber dari jendela yang menghadap langsung ke luar.

Nah, bila di ruang kerja Anda tidak ada jendela yang menjadi sumber pencahayaan, Anda bisa memanfaatkan meja belajar untuk memenuhi pencahayaan. 

 

Atur Meja Agar Selalu Rapi

meja selalu rapi desain ruang kerja

source: Bench Accounting, unsplash.com

Percaya tidak percaya, meja yang rapi akan meningkatkan mood bekerja, loh!

Atur semua alat yang Anda gunakan selama bekerja di rumah mulai dari alat tulis, laptop, buku catatan, dan lainnya dengan rapi. Meja yang teratur dan rapi juga membantu Anda untuk mencari barang jika diperlukan.

 

Gunakan Ornamen di Dinding

Gunakan Ornamen di Dinding

source: Ella Jardim, unsplash.com

 

Beberapa orang akan semakin giat bekerja ketika melihat berbagai tulisan menarik di dinding yang bersifat memotivasi.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan ornamen dinding seperti cork board untuk menempel berbagai jenis tulisan yang memotivasi dan deadline yang harus Anda tepati.

Jika Anda suka bunga hias, meletakkan beberapa bunga imitasi di dinding juga membuat ruang kerja semakin menarik. 

 

Cat Dinding Ruang Kerja dengan Warna Cerah

Cat Dinding Ruang Kerja dengan Warna Cerah

source: Norbert Levajsics, unsplash.com

 

Keuntungan memiliki ruang kerja di rumah adalah Anda bisa memilih warna dinding  ruang kerja sendiri.

Gunakan warna-warna cerah seperti biru muda dan cream untuk meningkatkan rasa nyaman selama bekerja. Penggunaan warna cerah di dinding akan meningkatkan mood bekerja. Maka kerja di rumah akan semakin produktif.

 

Jangan Lupakan Soket Listrik! 

Soket Listrik desain ruang kerja

source: Convertkit, unsplash.com

 

Anda akan membutuhkan listrik untuk mengisi daya laptop atau alat lain yang akan digunakan selama bekerja.

Jadi, pastikan tempat Anda bekerja terdapat soket listrik yang cukup dekat agar Anda tidak kebingungan ketika mau mengisi daya alat elektronik selama bekerja. Gunakan kabel listrik yang aman bila Anda tidak mempunyai soket listrik di dekat meja kerja. 

 

Sediakan Bantal Leher

Sediakan Bantal Leher

source: Afif Kusuma, unsplash.com

 

Sama halnya dengan bekerja di kantor, bekerja di rumah pun terkadang bisa membuat Anda pegal-pegal di leher.

Sediakan bantal leher di ruang kerja Anda untuk mencegah pegal di leher. Anda juga dapat memanfaatkan bantal kerja sebagai teman setia ketika beristirahat sejenak dari pekerjaan untuk beberapa menit.

 

Baca Juga: 10 Tips Manajemen Waktu Saat WFH

 

Bosan Duduk Terus? Gunakan Tikar atau Karpet! 

gunakan karpet desain ruang kerja

source: Thought Catalog, unsplash.com

 

Ternyata tidak semua orang nyaman bekerja berlama-lama di tempat duduk saat WFH.

Ada beberapa orang yang suka bekerja secara lesehan atau beberapa jam memutuskan lesehan sebentar.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan tikar atau karpet untuk bekerja secara lesehan di bawah. Peletakkan karpet atau tikar dengan motif menarik dapat meningkatkan estetika ruang kerja. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menata ruang kerja. Anda pun dapat semakin produktif dan bersemangat ketika WFH.

Sebagai HRD profesional, Anda dapat menggunakan Software HRD dari LinovHR untuk tetap menjaga pengelolaan karyawan berjalan lancar walau harus bekerja di rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat!