Fokus HR Masa mendatang

Fokus HR Saat Ini dan di Masa Mendatang

Dari tahun ke tahun, inovasi pada HR terus terjadi. Anda dapat melihat seorang staf human resources melakukan perubahan dan terus-menerus melakukan transformasi. Keunggulan-keunggulan HR pun bermunculan dan menjadi sebuah trend yang populer. HR bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang baku dan bergerak lamban.

Teknologi HR kini berkembang dan maju menjadi suatu hal yang dibutuhkan. Ada beberapa hal yang menjadi fokus HR untuk dikembangkan dan diperbaiki.

Berikut di antaranya:

 

1. Proses Sederhana Dalam HR

Hal yang luar biasa terjadi ketika persaingan usaha tak ada henti-hentinya, meningkatnya globalisasi, perubahan transformasional, teknologi, dan lebih banyak perkembangan mengenai terjadi.

Hal tersebut ditujukan untuk orang-orang yang sangat berbakat untuk menginspirasi orang lain dan terinspirasi untuk melakukan hal-hal tersebut.

Meskipun hal itu juga merupakan tantangan, banyak profesional HR mengeluh tentang meningkatnya kompleksitas lingkungan mereka, teknologi kurang terintegrasi dan data yang berlebihan membanjiri mereka dengan output yang tidak dapat ditafsirkan dan memperdayakan pemimpin dan manajer.

Fokus yang kuat pada penyederhanaan proses dan menghasilkan informasi yang benar-benar penting merupakan puncak dari suatu pemikiran saat ini.

 

Baca juga: Big Data: Kelola Sistem Human Resource Lebih Efektif

 

2. Perencanaan Kerja Strategis

Pada saat ini perencanaan strategis tenaga kerja merupakan hal yang serius yang harus dibuat perencanaannya.

Menurut penelitian Sierra-Cedar yang dikutip dari laman Forbes, hanya 12% dari organisasi yang serius memulai perencanaan tenaga kerja strategis dan dari jumlah tersebut hanya 25% yang memiliki alat teknologi untuk membantu mereka.

Tentunya yang merupakan tuntutan pada kemampuan perencanaan strategis HR sebagai fokusnya.

Untuk saat ini tidak ada alasan bagi organisasi untuk berada di belakang dengan peramalan tenaga kerja, daya tarik dan retensi strategi, mobilitas dan perencanaan suksesi.

Ganjaran dari hak ini adanya solusi yang menguntungkan, yaitu perencanaan tenaga kerja strategis tetap merupakan kesempatan terbesar untuk membuat dampak bisnis dihargai.

 

performance review

 

3. Faktor Takut Akan Teknologi

Ketakutan pada teknologi masih menjadi respon yang mendalam. Banyak praktisi human resources saat ini harus menggunakan teknologi canggih untuk melakukan pekerjaan mereka.

HR butuh pemahaman bahwa sebuah organisasi membutuhkan orang-orang terampil dalam menggunakan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja aset perusahaan.

 

Dengan tingginya serapan self-service human resource, sebagian aspek operasional akan menghilang. Anda dapat melakukannya dengan teknologi. Teknologi merupakan bagian dari HR saat ini.