human error

Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan

Karyawan terkadang tak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar atau memberikan hasil yang diharapkan. Dalam dunia kerja, hal ini sangat sering terjadi. Kesalahan dalam pekerjaan bisa berupa salah hitung maupun salah input data. Kesalahan – kesalahan  dalam menyelesaikan pekerjaan biasa disebut dengan istilah human error. JIka dibiarkan, kesalahan tersebut akan mengganggu hasil dan proses produksi perusahaan. Bagaimana cara perusahaan mengatasinya?  

 

Pengertian Human Error

Human error mengacu pada tindakan yang telah dilakukan seseorang tanpa sengaja  dan tidak sesuai dengan seperangkat aturan perusahaan serta menyimpang dari harapan. Secara logis, tindakan manusia bisa gagal mencapai tujuannya dengan dua cara berbeda, yaitu; tindakan berjalan sesuai rencana, tetapi rencana tidak memadai dan mengarah pada kesalahan, dan rencana bisa memuaskan, tetapi kinerjanya kurang sesuai dan menjurus ke penyimpangan. 

 

Pentingnya Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan

Kesalahan bisa dilakukan oleh semua karyawan di divisi apa pun dalam perusahaan, termasuk dalam divisi HRD. Divisi HRD selaku divisi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan kinerja karyawan harus melakukan kinerjanya sebaik mungkin agar hubungan dan kinerja karyawan semakin meningkat. Selain bertanggung jawab atas mengelola dan mengembangkan kinerja karyawan, HRD juga bertanggung jawab untuk melakukan tugas administrasi berupa penggajian bulanan atau payroll, pencatatan absensi, hingga laporan payroll bulanan. Saat terjadi kesalahan dalam pengelolaan, pengembangan, dan tugas administrasi HRD, maka  akan berimbas kepada kinerja HRD dan karyawan.

 

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurun

 

Kesalahan yang tampak sederhana seperti salah input data adalah hal yang berbahaya dalam pengelolaan karyawan. Misalkan seorang staf HRD melakukan kesalahan input sehingga mempengaruhi gaji yang didapatkan oleh karyawan. Jika karyawan menerima gaji yang tak sesuai, bisa saja karyawan tersebut melakukan komplain. Namun, kepercayaan karyawan tidak mudah tumbuh kembali seperti semula. Karyawan akan kehilangan rasa percaya terhadap perusahaan  yang menyebabkan kurangnya motivasi kerja dan produktivitas karyawan. 

Tak hanya mempengaruhi karyawan, kondisi perusahaan secara umum juga akan terpengaruh dengan adanya human error. Perusahaan yang sering mengalami kesalahan dalam pengelolaan karyawannya cenderung mengalami salah dalam mengambil keputusan strategis. Padahal, keputusan strategis memiliki dampak besar pada operasional dan stabilitas perusahaan. Contohnya saat laporan payroll yang dihasilkan tidak akurat akibat adanya kesalahan hitung. 

Manajerial akan menggunakan data dan informasi dari laporan untuk merencanakan strategi. Jika hasilnya saja sudah tidak akurat, maka keputusan berdasarkan hasil tersebut dapat dipastikan tidak tepat sasaran. Oleh karenanya perusahaan benar-benar harus mengatasi kesalahan pada pengelolaan karyawan agar tak berimbas dan berpengaruh kepada hal lain. 

 

Mengatasi Human Error dalam Pengelolaan Karyawan  Menggunakan Software HRD 

Kesalahan dalam pengelolaan karyawan juga dapat dipicu dari menumpuknya tugas atau job desk  yang ditangani oleh HRD. Cara pengarsipan, pencatatan, perhitungan, dan pengelolaan melalui cara manual juga membuka peluang lebih besar terhadap human error. Cara manual tidak memiliki sistem valid untuk memastikan apakah cara yang dilakukan oleh staf atau karyawan sudah tepat atau tidak. Oleh karena itu, perusahaan harus beralih ke cara yang lebih efisien dan efektif dibandingkan cara manual. 

Untuk mengurangi human error dalam pengelolaan karyawan, perusahaan dan tim HRD dapat menggunakan Software HRD. Sistem data yang terintegrasi dalam Software HRD akan mengatasi kesalahan yang biasa dilakukan oleh staff HRD seperti salah hitung atau input data. Ada berbagai macam data yang berpengaruh terhadap penggajian karyawan, seperti posisi atau jabatan karyawan, lama karyawan bekerja, jumlah lembur yang dilakukan karyawan, dan lain-lain. Staf HRD dapat menggunakan Software HRD untuk menginput data dan informasi tersebut sesuai dengan tabel jenis data atau informasi yang jelas.

Kemudian, data dan informasi yang berbeda tersebut saling terintegrasi satu sama lain dan akan diproses serta hitung, dimana proses tersebut akan menghasilkan perhitungan gaji yang akurat sesuai jumlah yang seharusnya diterima karyawan. Ketika gaji selesai diproses, Software HRD kan secara otomatis mengirimkan gaji ke nomor rekening karyawan. Kepercayaan karyawan tetap terlindungi karena mendapatkan gaji sesuai jumlah yang sesuai dan tepat waktu. Kepercayaan pada akhirnya akan memunculkan motivasi, produktivitas, dan loyalitas dalam bekerja.

Data dan informasi karyawan hanya berhak diakses oleh staf HRD dan pihak tertentu saja. Disamping mengatasi kesalahan pengelolaan karyawan, Software HRD juga mampu melindungi data dan informasi karyawan yang bersifat konfidensial. Keamanan pada penyimpanan Software HRD berbasis cloud server akan memverifikasi dan memvalidasi terlebih dahulu siapa-siapa saja yang mengakses data dan informasi karyawan. Jadi, tak sembarang orang yang bisa mengakses penyimpanan. Penyalahgunaan dan manipulasi informasi karyawan dapat dihindari dengan sistem keamanan yang ketat. 

 

Baca Juga : 5 Aplikasi yang Wajib di untuk HRD

 

Perusahaan dapat menggunakan Software HRD dari LinovHR untuk mengatasi human error dalam pengelolaan karyawan. Fitur yang disediakan oleh Software HRD dari LinovHR mengintegrasikan data-data yang terkait dengan pengelolaan dan pengembangan karyawan, sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan dapat digunakan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam pengembangan perusahaan. Kegiatan administratif yang bersifat repetitif seperti payroll karyawan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat ke tangan karyawan. 

Tak hanya itu, Software HRD juga menawarkan kepraktisan dalam akses data. Pihak HRD bisa sewaktu-waktu membutuhkan data dan informasi karyawaan saat berada di luar kantor. Untuk mengatasinya, Software HRD dari LinovHR dirancang mudah diakses oleh HRD melalui perangkat apa pun selama masih terkoneksi dengan internet. Ingin mencoba bagaimana Software HRD mengatasi human error di perusahaan Anda? Coba gratis Software HRD dari LinovHR sekarang juga!