17 Aplikasi HRD Terbaik Yang Dibutuhkan Di Era Digital

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Aplikasi HRD
Isi Artikel

Bagi para profesional di bidang sumber daya manusia, penggunaan aplikasi HRD tentu sudah menjadi hal yang umum.

Aplikasi Human Resource Information System (HRIS) merupakan alat yang sering digunakan dalam manajemen sumber daya manusia di suatu perusahaan. 

Meskipun demikian, menemukan aplikasi HRD terbaik tentu harus dilakukan dengan cermat. Sebab penggunaan aplikasi yang tepat dapat menjadi solusi yang efektif bagi manajemen SDM. 

Pada pembahasan kali ini LinovHR akan memberikan rekomendasi 17 aplikasi HRD di Indonesia yang bisa digunakan untuk membantu mengelola pekerjaan sehari-hari.

Apa Itu Aplikasi HRD?

Aplikasi HRD adalah sistem yang digunakan untuk perusahaan dalam mengelola dan menyimpan data informasi karyawan. Data karyawan yang dimaksud seperti data absensi, penggajian, pajak, dan informasi terkait lainnya yang mempengaruhi kinerja karyawan.

Semua data ini terintegrasi dengan baik dalam database aplikasi HR dan menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

Banyak yang beranggapan bahwa aplikasi HR terbaru dapat menggantikan staf HR. Namun, hal ini tidak benar. Posisi staf HR tetap tidak tergantikan karena manusia tetap membutuhkan interaksi dengan manusia lain dalam mengelola kemampuan dan pendekatan personal mereka.

Jenis-Jenis Software HRD

Ada 3 jenis software HRD Indonesia dengan berbagai macam fungsi yang berbeda yang bisa Anda gunakan. Beberapa jenis HR software yang bisa Anda gunakan adalah HRIS (Human Resources Information System), HRMS (Human Resources Management Systems), dan HCM (Human Capital Management).

Tips Memilih Aplikasi HR Terbaik untuk Perusahaan 

Cara memilih aplikasi HR yang tepat untuk perusahaan Anda bisa jadi cukup menantang karena banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. 

Aplikasi HR yang baik dapat membantu mengelola berbagai aspek terkait sumber daya manusia, mulai dari rekrutmen, manajemen kinerja, absensi, hingga penggajian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih aplikasi HR yang sesuai.

1. Keamanan Data Pengguna

Anda harus memastikan bahwa software HR yang akan Anda pilih memiliki keamanan data yang kuat.

Pastikan sistem tersebut harus dilengkapi dengan enkripsi data, autentikasi dua faktor, dan mekanisme keamanan lainnya yang menjamin perlindungan data karyawan Anda dari akses tidak sah. 

2. Legal 

Penting untuk memilih Aplikasi yang mematuhi peraturan dan undang-undang ketenagakerjaan serta perlindungan data yang berlaku di negara operasional Anda.

Dengan memilih sistem yang legal, Anda bisa mengatasi risiko hukum bagi perusahaan Anda. Hingga kini sudah ada beberapa software HR Indonesia yang legal dan terpercaya.

3. Testimoni Pengguna

Ulasan dan testimoni dari perusahaan yang sudah menggunakan Aplikasi HR bisa memberi Anda gambaran tentang keandalan, efektivitas, dan kepuasan pengguna. Hal ini dapat membantu untuk menilai apakah solusi tersebut cocok untuk kebutuhan organisasi Anda.

4. Fitur yang Ditawarkan

Analisis fitur-fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi HR sangatlah penting. Pastikan fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan spesifik organisasi Anda, mulai dari pengelolaan data karyawan, pelacakan waktu dan absensi, proses rekrutmen, hingga payroll service

Selain itu, perhatikan juga apakah software tersebut menawarkan fleksibilitas untuk penyesuaian dan kemudahan integrasi dengan sistem lain yang Anda gunakan.

5. Kemudahan Penggunaan

Pastikan Aplikasi HRD yang Anda pilih memiliki antarmuka pengguna (user interface) yang mudah digunakan. Kemudahan penggunaan mempengaruhi seberapa cepat karyawan dan tim HR dapat beradaptasi dengan sistem baru. 

Software yang user-friendly meminimalisir waktu dan biaya pelatihan serta meningkatkan efisiensi operasional HR secara keseluruhan. Anda juga mungkin ingin mencari software yang menawarkan akses mobile, memungkinkan karyawan dan manajer untuk mengakses informasi penting dan melakukan tugas-tugas HR kapan saja, di mana saja.

Rekomendasi 17 Aplikasi HRD Terbaik di Indonesia Tahun 2024

Agar manajemen sumber daya manusia menjadi lebih efisien dan menghindari kesalahan manusia, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa aplikasi HRD terbaik berikut ini.

1. LinovHR

mockup dashboard
Aplikasi HRD Terbaik LinovHR

LinovHR adalah salah satu aplikasi HR terbaik di Indonesia yang menyediakan beragam fitur untuk mendukung berbagai kegiatan manajemen sumber daya manusia di perusahaan. 

Dengan modul seperti Organization Structure, Personnel Administration, Time Management, Rekrutmen, dan Employee Self Service (ESS), LinovHR tidak hanya mempermudah administrasi HR, tetapi juga membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan. 

Modul Organization Structure memfasilitasi pengaturan struktur organisasi perusahaan, sementara modul Personnel Administration membantu dalam pengelolaan data karyawan dengan cepat dan akurat. 

Time Management memungkinkan pelacakan kehadiran dan jadwal kerja, sementara modul Rekrutmen menyederhanakan proses perekrutan. 

Fitur Employee Self Service (ESS) memungkinkan karyawan mengakses dan mengelola informasi pribadi mereka sendiri dengan mudah. 

Dengan mengintegrasikan semua fitur ini dalam satu platform yang terpadu, LinovHR menjadi mitra strategis bagi departemen HR dalam mengelola sumber daya manusia secara efektif, memastikan perusahaan beroperasi dengan lancar dan efisien.

2. Hrdpintar

Hrdpintar merupakan aplikasi berbasis cloud dan web yang sangat berguna untuk membantu pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang lengkap, seperti absensi, presensi, perijinan, slip gaji, dan pengaturan pajak termasuk PPH 21.

Aplikasi HRD ini dapat memudahkan tim HR dalam mengelola data karyawan atau pegawai, serta menghitung gaji dan payroll dengan akurat. Selain itu, Hrdpintar juga memiliki versi mobile untuk Android dan iOS, sehingga HR dapat mengakses informasi karyawan dengan cepat dan mudah, di mana dan kapan pun secara online.

Aplikasi Hrdpintar memberikan layanan Aplikasi HRD secara gratis dengan fitur terbatas untuk membantu Anda dalam mengelola sumber daya manusia, seperti penggajian dan absensi. Namun, fitur pada layanan gratis tersebut tentu terbatas. Jika membutuhkan fitur tambahan, maka Anda perlu mengupgrade paket Anda agar bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut.

3. KaryaOne

Aplikasi KaryaOne juga mengedepankan kemudahan penggunaan, terutama bagi HR pemula. Aplikasi untuk HRD satu ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan kecil dan menengah.

Selain dilengkapi fitur manajemen kehadiran dan cuti, aplikasi ini juga didukung fitur kolaborasi yang memudahkan tim HR dalam berkomunikasi dan berbagi informasi. Fitur kolaborasi ini membuat tim HR dapat bekerja sama dengan baik antar divisi. Ini tentu akan membuat pekerjaan jauh lebih efisien.

4. MiHCM

MiHCM bisa menjadi solusi yang membantu perusahaan dalam proses rekrutmen, pengelolaan, dan peningkatan kinerja pegawai. Aplikasi HRD ini dapat digunakan oleh perusahaan besar maupun UKM dengan berbagai fitur berguna, seperti:

  • Employee self-service: Membuat karyawan dapat mengakses informasi pribadi mereka sendiri, seperti data pribadi, jadwal kerja, dan riwayat pekerjaan.
  • Manajemen cuti dan absensi: Fitur yang memudahkan perusahaan dalam mengelola cuti dan absensi karyawan, termasuk pengajuan cuti, persetujuan, dan pemantauan absensi.
  • Manajemen kompensasi dan benefit: Memungkinkan perusahaan untuk mengelola kompensasi dan manfaat yang diberikan kepada karyawan, seperti gaji, tunjangan, dan asuransi.
  • Payroll: Dapat mengotomatiskan proses penggajian karyawan, termasuk perhitungan, pemotongan, dan pembayaran.
  • Manajemen performa: Fitur manajemen performa dalam MiHCM sangat berguna untuk mengelola dan meningkatkan performa karyawan, seperti penilaian kinerja, pengembangan, dan pelatihan.

5. PayrollBozz

Payrollbozz bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi payroll Indonesia terbaik yang dapat digunakan oleh karyawan dan HR. Aplikasi HRD ini dilengkapi fitur beragam dan dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan, seperti:

  • Absensi karyawan dengan selfie dan GPS.
  • Sistem payroll otomatis yang memudahkan proses penggajian.
  • Pengajuan reimbursement dan cash advance yang dapat dilakukan secara online.
  • Penilaian kinerja karyawan berdasarkan KPI dan lainnya.

6. ForwardHR

ForwardHR dapat menjadi pilihan solusi yang memudahkan pengelolaan SDM yang berbasis web.

Aplikasi HRD berbasis web ini menyediakan beragam fitur untuk mengelola berbagai aspek SDM, termasuk gaji, absensi, evaluasi kinerja, rekrutmen, pelatihan, pengeluaran, pinjaman karyawan, dan laporan kerja. Cocok digunakan oleh perusahaan skala menengah hingga besar atau internasional.

Dengan menggunakan software ini, semua informasi karyawan dapat disimpan secara terpusat dan dilengkapi dengan layanan beragam, di antaranya:

  • Dasbor analytics untuk melihat data dan analisis terkait SDM.
  • Fitur proses rekrutmen otomatis untuk mempermudah proses perekrutan karyawan.
  • Modul payroll dan kehadiran untuk mengelola gaji dan absensi karyawan.
  • Manajemen performa untuk memantau dan meningkatkan kinerja karyawan.
  • Manajemen loan untuk mengatur pinjaman karyawan.
  • Modul training untuk mengelola program pelatihan bagi karyawan.

7. Hr.my

HR.my dalah salah satu aplikasi untuk HRD yang menawarkan solusi Manajemen Sumber Daya Manusia, Penggajian, dan Cuti Elektronik online multi-bahasa gratis yang menyediakan fitur-fitur yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan efisiensi di berbagai lingkungan kerja.

HR.my pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 dan diklaim akan tetap gratis seterusnya tanpa ada biaya tambahan. Beberapa keuntungan menggunakan HR.my antara lain adalah:

  • Layanan HR & Penggajian Online
  • Fitur Klaim Pengeluaran yang memungkinkan karyawan untuk mengajukan klaim pengeluaran dengan mudah dan cepat.
  • Sistem Manajemen Cuti yang membantu mengatur jadwal cuti karyawan secara terorganisir dan transparan.
  • Fitur Jam Kerja & Kehadiran yang memungkinkan pengawasan dan pencatatan kehadiran karyawan dengan lebih efektif.
  • Manajemen Insiden yang membantu mengelola dan melacak insiden atau kejadian yang terjadi di tempat kerja.

8. Gadjian

Gadjian adalah aplikasi payroll Indonesia berbasis cloud yang dilengkapi dengan banyak fitur guna mempermudah pengelolaan data personalia dan administrasi karyawan secara otomatis. Beberapa yang diunggulkan aplikasi ini di antaranya adalah:

  • Fitur Kelola PPh 21 yang berguna untuk menghitung pajak PPh 21 karyawan tetap, tidak tetap, serta tenaga ahli secara otomatis lengkap dengan layanan pembetulan PPh 21.
  • Fitur layanan Kelola BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan karyawan.
  • Fitur Payroll untuk menghitung gaji, lembur, THR, dan bonus pegawai.

9. SPISy

SPISy diklaim sebagai salah satu The Best HRIS & Payroll Software Indonesia. Perangkat lunak ini dibuat oleh Perusahaan Sakura System yang menawarkan sistem informasi sumber daya manusia mutakhir untuk dapat membantu meningkatkan kinerja HR guna mencapai performa maksimal.

SPISy dirancang dengan sistem yang mendukung berbagai proses pengambilan keputusan strategis dan fungsi administratif yang terkait dengan siklus karyawan di perusahaan. Dengan fleksibilitas, integrasi, dan berbagai fungsi penyesuaian yang mudah, SPISy dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Adanya berbagai macam modul membuat perusahaan dapat meningkatkan performa HR dan payroll. Modul-modul ini akan membantu perusahaan dalam berbagai proses yang diperlukan untuk kelangsungan perusahaan, dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.

10. Haermes

Haermes adalah aplikasi HRD Indonesia yang dikembangkan oleh Weefer. Aplikasi ini memiliki 2 jenis modul, yaitu basic dan additional. Modul Basic mencakup database karyawan, manajemen kehadiran, dan payroll. Sementara Modul Additional mencakup fitur-fitur tambahan seperti:

  • Employee Self-service
  • Manajemen claim & reimbursement
  • Appraisal performance (manajemen performa karyawan)
  • Dukungan proses rekrutmen.
  • Manajemen loan (pinjaman karyawan)
  • Program training

11. Talenta

Aplikasi HR berikutnya yang tidak kalah bagus adalah Talenta. Aplikasi ini tidak hanya dapat menghitung penggajian dan mengelola kehadiran serta cuti karyawan, tetapi juga dapat memotivasi karyawan untuk mencapai prestasi terbaik mereka. Dengan adanya fitur penilaian kinerja, Talenta dapat membantu HR dalam memberikan umpan balik yang efektif kepada karyawan, serta memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan mereka di dalam perusahaan.

12. Hadirr

Hadirr menjadi salah satu aplikasi HR yang fokus pada manajemen kehadiran dan absensi karyawan. Dengan Hadirr, HRD dapat mengelola kehadiran karyawan secara lebih efisien melalui fitur laporan kehadiran harian.

Hadirr terintegrasi dengan aplikasi HR Gadjian dan platform Payuung. Data kehadiran karyawan bisa secara otomatis tercatat di aplikasi dan platform tersebut. Selain itu, Hadirr juga sangat cocok digunakan oleh bisnis yang memiliki tenaga sales yang sering berkunjung ke klien-klien dengan lokasi yang berbeda.

Keunggulan lainnya adalah keakuratan dan dalam hal keamanan data. Menghadapi kemungkinan adanya kecurangan dari karyawan dalam menggunakan aplikasi absensi online, Hadirr mengatasinya dengan menggunakan sistem GPS yang memungkinkan perusahaan untuk memantau lokasi karyawan saat melakukan absensi. Hal tersebut membuat aplikasi ini tidak dapat dipalsukan dengan menggunakan fake GPS.

13. Andal Software

Andal merupakan penyedia solusi HRIS (Human Resource Information System) berupa sistem berbasis cloud bernama Andal Kharisma yang terintegrasi dengan aplikasi mobile bernama Andal Connect.

Andal Software menyediakan sistem HRIS berbasis cloud dan aplikasi seluler yang  dirancang untuk memudahkan proses manajemen karyawan.  

Fitur yang dimiliki aplikasi HRD ini mulai dari rekrutmen, sistem penggajian, absensi, self-service, hingga pengembangan karyawan,.

14. JPayroll

JPayroll adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan solusi menyeluruh untuk kegiatan payroll dan HR. JPayroll dapat membantu perusahaan mengelola segala kegiatan HR di perusahaan.

JPayroll memiliki tampilan yang ramah pengguna dan mudah digunakan. Pengguna seperti para leader di berbagai lini dan tim SDM dapat mengakses sistem dari mana pun mereka berada.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan beberapa fitur meliputi manajemen kehadiran, cuti, lembur, shift kerja, penggajian dan penghitungan PPh 21 serta BPJS, hingga proses penggajian yang fleksibel.

Aplikasi ini juga memiliki pelatihan manajemen yang dapat meningkatkan kinerja karyawan perusahaan.

15. MyOrangeHR

OrangeHRM adalah  aplikasi Human Resource Information System berbasis web yang cocok digunakan di Indonesia. 

OrangeHRM tersedia dalam tiga versi, yaitu Opensource, Professional, dan Enterprise.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur sepert absensi karyawan, pengajuan cuti perhitungan lembur, reimbursement, KPI, proses rekrutmen dan pelatihan karyawan hingga mengukur performa kinerja karyawan.

16. onHRD

onHRD adalah aplikasi untuk HRD berbasis web yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Aplikasi ini cocok untuk perusahaan yang hanya mencari aplikasi sederhana untuk memantau absensi karyawan.

onHRD menawarkan berbagai fitur untuk mendukung HR dengan fitur-fitur yang antara lain absensi, Mengatur jadwal kerja, Pelaporan izin dan sakit, reimbursement, pengajuan cuti dan lembur hingga performance appraisal

Selain itu, kelebihan aplikasi ini juga menggunakan teknologi berbasis GPS (Global Positioning System) yang bisa mencatat titik kehadiran.

17. CATAPA  

CATAPA adalah aplikasi manajemen sumber daya manusia (HR) yang menyediakan solusi lengkap untuk memudahkan proses HR di perusahaan. 

aplikasi untuk HRD ini memberikan solusi mengelola data organisasi perusahaan dengan lebih mudah dan cepat.

CATAPA memiliki fitur terkait penggajian, PPh 21 dan BPJS, manajemen waktu, reimbursement, chatbot, absensi jarak jauh, pengajuan cuti dan lembur, dan digital approval. 

CATAPA juga memiliki solusi manajemen penggajian yang mudah dan terintegrasi untuk pemilik usaha, staff HR, dan karyawan dengan harga terjangkau. 

Kesimpulan

Aplikasi HR merupakan sistem yang dapat menyimpan dan mengelola data karyawan, termasuk payroll, absensi, proses rekrutmen, cuti, dan sebagainya. Dengan Menggunakan aplikasi HR dari LinovHR memberikan solusi efektif dalam mengelola sumber daya manusia dengan keamanan data, kepatuhan hukum, dan fitur yang disesuaikan.

LinovHR menawarkan solusi terpercaya dengan testimoni pengguna dan antarmuka yang mudah digunakan. Mari tingkatkan produktivitas dan efisiensi SDM perusahaan dengan menggunakan aplikasi HRD dari LinovHR.

Apabila Anda mulai tertarik bergabung bersama kami. Anda bisa mengajukan demonya secara gratis sekarang juga pada laman utama LinovHR, untuk bisa memajukan progres perusahaan bersama kami mulai hari ini!

Banner Payroll 2

Sudah pakai salah satunya? Kalau belum aplikasi mana yang paling Anda butuhkan saat ini sebagai tim HRD?

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter