Internet of things

Apa itu Internet of things? Yuk, Kenali Lebih Dalam!

Apakah anda pernah menyadari jika seluruh teknologi yang ada di film-film fiksi kini sudah mulai bermunculan di dunia nyata? Bahkan, masih ada berbagai teknologi yang tidak kita sangka akan mungkin diciptakan, berhasil dibuat oleh berbagai penemu dan ilmuwan. Kebanyakan dari penemuan teknologi ini, diciptakan dengan memanfaatkan konsep dari IOT atau Internet Of Things. Lalu? Apa sebenarnya Internet of Things ini? 

 

Pengertian Internet Of Things

Jika melihat dari definisinya, internet of things adalah jaringan, atau internet dari peralatan atau perangkat. Jika diartikan secara sederhana, IOT merupakan bagaimana koneksi internet dari perangkat yang umum digunakan. Dalam dunia maya, seluruh komunikasi akan saling berhubungan dengan memanfaatkan kecerdasan dari perangkat untuk terhubung dengan penggunanya.

 

Penerapan Internet Of Things di Perusahaan

Konsep Internet of Things ini awalnya diperkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya.  Karena presentasi dan konsepnya yang memukau, sekarang ada banyak perusahaan teknologi yang mendalami konsep IOT ini. Sebut saja Microsoft, Oracle, dan lain sebagainya. Semenjak diperkenalkan kepada publik, konsep IOT sudah digadang-gadang akan menjadi terobosan yang sangat mutakhir dalam bidang teknologi dan informasi.

 

Baca Juga: Keamanan Informasi Karyawan dalam Aplikasi HRD

 

Di era sekarang, sudah ada banyak perusahaan yang menyediakan pengembangan produk berbasis IOT. Salah satu contohnya adalah perusahaan intel yang bekerja sama dengan IOT developer program mereka. Perkembangan IOT Indonesia juga sudah mulai terlihat. Dengan memasuki era teknologi nirkabel, internet,serta Micro-electromechanical system, beberapa perusahaan sudah menggunakan konsep IOT di indonesia.

Salah satunya adalah eFishery yang merupakan sebuah alat yang memberi pakan ikan secara otomatis. Alat ini juga dapat menjadwalkan pemberian makan secara tepat dan dicatat secara real time.

Selain itu, IOT juga digunakan dalam tata pengelolaan SDM sebuah perusahaan. Contohnya adalah penggunaan Software HRD berbasis online dari LinovHR yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Karena dapat diakses secara online, kinerja HRD dalam mengelola SDM dapat lebih akurat, cepat, dan tepat hanya dengan beberapa klik. 

 

Manfaat Internet of Things (IOT)

Setelah mengetahui apa itu internet of things, pastinya Anda sudah paham jika konsep IOT sudah sangat berjasa dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah macam – macam manfaat dari IOT:

 

Monitoring Lingkungan

IOT dapat digunakan sebagai sarana untuk melihat kondisi lingkungan secara real time. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan dengan baik bagi perusahaan yang bergerak di bidang irigasi, peternakan dan pertanian, kelautan, dan lain sebagainya. Dengan memonitoring kondisi secara real time, para pengusaha dapat melihat pergerakan jenis usaha setiap harinya dengan lebih efisien.

 

Baca Juga: 6 Cara Memantau Kedisiplinan Karyawan Selama Work From Home

 

Pengelolaan Infrastruktur

Salah satu manfaat dari IOT adalah dari segi pengelolaan infrastruktur. Sebut saja MRT atau moda raya terpadu yang sudah disediakan di Jakarta.  Sistem transportasi transit cepat dengan menggunakan kereta listrik ini juga memanfaatkan IOT sebagai salah satu sistemnya. Kereta cepat ini dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi jalur kereta apakah aman untuk dilintasi atau tidak, sehingga secara otomatis palang pintu kereta akan terbuka tanpa harus menunggu penjaga palang pintu kereta mengoperasikannya.

 

Sensor Peralatan

Umumnya, budget yang digunakan untuk konsumsi peralatan di sebuah perusahaan tambang diukur berdasarkan kapasitas serta pengalaman saja tanpa memastikan secara real time. Akan tetapi dengan memanfaatkan konsep dan sistem IOT, sebuah perusahaan tambang dapat mengukur peralatan mana yang sudah harus diisi bahan bakarnya, mengetahui stock dari bahan bakar, dan masih banyak hal lainnya. Ini dapat terjadi akibat modul dari IOT dapat memberikan informasi secara langsung dan tepat melalui sensor peralatan kepada operatornya.

 

Bidang Kesehatan

Internet of things juga mulai memasuki industri atau bidang lain di luar teknologi dan informasi. Sebut saja beberapa peralatan elektronik rumahan yang dapat memudahkan orang banyak. Sebagai contoh, alat elektronik seperti AC split yang dapat memakan biaya listrik yang lebih besar dari AC biasa dan alat elektronik lainnya. Namun, dengan teknologi berbasis home management, anda sudah dapat mematikan AC split dan alat elektronik lainnya seperti lampu di rumah dari jarak yang jauh.

 

Bidang Pengelolaan SDM 

Pengelolaan SDM dengan memanfaatkan sistem yang terintegrasi secara online seperti Software HRD dari LinovHR dapat membantu HRD mengelola SDM. Integrasi sistem membuat HRD tidak perlu melakukan input manual satu-satu untuk melakukan pengelolaan berkaitan SDM seperti payroll, pencatatan absensi, approval cuti, reimbursement, dan lainnya. Semua proses berjalan dengan otomatis sehingga dapat menghindari kesalahan atau human error. 

 

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu konsep internet of things, penerapannya dalam perusahaan serta manfaat dari IOT. Jika perusahaan Anda ingin merasakan bagaimana kemudahan IOT melalui Software HRD, Anda dapat mengandalkan LinovHR. Software HRD dari LinovHR telah berpengalaman dalam membantu banyak client  dalam mengelola SDM. Semoga bermanfaat!

 

performance review