tunjangan

Penting! Pahami Jenis Tunjangan yang Diberikan oleh Perusahan

Saat kita bekerja dalam sebuah perusahaan maka kita akan mengabdikan waktu dan tenaga sesuai dengan kontrak yang telah ditetapkan. Sementara atas hasil pengabdian tersebut akan ada imbalan gaji yang akan diberikan tiap bulan oleh perusahaan. Besaran gaji sudah ditentukan baik berdasarkan jabatan atau ketentuan lain yang telah ditetapkan perusahaan dan disepakati bersama. Namun selain gaji, ada beberapa jenis tunjangan lain yang juga dapat diberikan oleh perusahaan . Nah, sebagai seorang karyawan Anda juga perlu memahami jenis tunjangan apa saja yang diberikan oleh perusahaan hal ini tentu penting agar tidak keliru serta bisa mendapatkan hak yang sesuai.

 

1.Tunjangan kesehatan

Pertama adalah  tunjangan kesehatan. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan jenis tunjangan ini. Karyawan yang sehat tentunya bisa semakin mendukung pada kemajuan perusahaan, sementara mereka yang sakit tentu produktifiasnya akan semakin menurun. Agar tidak semakin mengganggu, tunjangan kesehatan dari perusahaan bisa menjadi langkah awal memfasilitasi karyawan mengecek kesehatannya lebih dini dan menghindari sakit berkelanjutan.

Namun di sisi lain ternyata tidak sedikit perusahaan yang malah mencabut tunjangan kesehatan untuk karyawannya. Alasannya karena pengeluaran yang semakin besar.

 

2.Tunjangan pensiun

Yang dimaksud tunjangan pensiun adalah semacam tabungan pensiun yang bisa menjadi jaminan di hari tua nanti. Misalnya saja kalau PNS sudah jelas akan ada tunjangan pensiun yang diberikan di masa tuanya nanti dari pemerintah. Sementara untuk perusahaan swasta akan memberikan tunjangan ini tergantung pada ketentuan masing-masing perusahaan. Adanya jaminan untuk masa depan tentu bisa memberikan nilai positif untuk karyawan di masa tua nya nanti.

 

3.Tunjangan pengembangan skill

Selanjutnya ada tunjangan pengembangan skill, dalam hal pengembangan skill juga sangat bermanfaat untuk karyawan. Apalagi bila memang perusahaan mensponsori sepenuhnya biaya pengembangan skill tersebut. Selain itu, perusahaan juga bisa diuntungkan dengan hal ini karena karyawan bisa semakin terampil dalam bidangnya dan bisa semakin handal dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan. Biasanya perusahaan akan membuat ketentuan dalam hal ini, agar karyawan mereka tidak keluar ketika sudah mendapatkan pelatihan atau kursus untuk pengembangan skill karyawan .

 

4.Tunjangan cuti

Waktu liburan yang diberikan secara khusus untuk karyawan adalah fasilitas yang perlu diberikan kepada karyawan. Bila karyawan terus saja bekerja tanpa beristirahat atau menikmati liburan sementara malah akan memicu penurunan produktifitas karyawan. Benefit ini di ibaratkan oksigen untuk karyawan bisa rehat dan mendapatkan hal-hal baru di luar meja kerjanya. Bagi para pekerja kreatif yang selalu harus memberikan ide segar dalam pekerjaannya adanya fasilitas cuti bisa menjadi media untuk memunculkan ide segar tersebut.

 

Baca Juga : Serba – Serbi Cuti Nikah Dan Hamil yang Ada Di Indonesia

 

Itulah beberapa jenis tunjangan yang biasanya diberikan perusahaan pada karyawannya. Di samping itu, adanya tunjangan seperti ini juga bisa membuat karyawan merasa semakin dihargai oleh perusahaan. Jangan pernah menjadikan ruang kerja sebagai penjara untuk karyawan, itu malah akan menjadikan mereka sebagai robot pekerja yang lama-lama produktifitasnya bisa menurun. Perusahaan harus bisa mencari cara agar keluhan karyawan dan pemberhentian karyawan secara mendadak tidak terjadi. Perusahaan dan karyawan bila sama-sama saling menghargai dalam dunia kerja tentu bisa mendorong kemajuan perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.