membuat slip gaji online

Cara Membuat Slip Gaji Online Siap Kirim ke Email Karyawan

Apakah selama penggajian perusahaan Anda masih dilakukan dengan slip gaji manual atau sudah membuat slip gaji online?

Mendekati tanggal gajian, menjadi hari sibuk bagi HR khususnya bagian payroll. Mengurus segala administrasi, absensi, serta perhitungan payroll yang akurat membutuhkan waktu yang banyak. Selain mempersiapkan sebelum penggajian, setelah penggajiannya pun harus mempersiapkan slip gaji. 

Slip gaji merupakan bukti resmi dari perusahaan kepada karyawan sebagai jasanya selama bekerja di periode tersebut. Hal ini penting terutama sebagai bentuk transparansi antar perusahaan yang wajib memberikan hak karyawan serta dokumen sah penghasilan karyawan.

Biasanya slip gaji masih diberikan dalam bentuk manual dengan keterangan berupa penjelasan penggajian dan nominalnya. Namun, zaman semakin berkembang, bentuk slip gaji juga berubah.

Saat ini banyak perusahaan yang sudah beralih menjadi yang lebih digital dengan beberapa pertimbangan lebih aman dan ringkas. Namun untuk membuat slip gaji online, lebih baik dimana? Silahkan simak dengan baik.

 

Membuat Slip Gaji Online Lewat LinovHR 

Untuk membuat slip gaji online yang baik, terdapat banyak jasa yang berkeliaran di online. Pastikan memilih jasa yang akurat dan terpercaya seperti LinovHR.

Dalam slip gaji online lewat LinovHR, terdapat beberapa tahapannya seperti :

  1. Data Bank Payroll : Dalam tahap ini, berfungsi untuk menyimpan informasi terkait proses penggajian
  2. Software Cloud-Base : Tahap ini terdapat menu Payment Method sebagai tempat penyimpanan seluruh payroll karyawan
  3. Account Code : Kode unik berfungsi sebagai penanda dan pengelompokan komponen payroll
  4. Payroll Component : Sebagai pengelola sesuai komponen payroll seperti gaji pokok, tunjangan, asuransi, dan lain sebagainya
  5. Payroll Group : Hal ini berfungsi sebagai pengaturan mulai dari metode pembayaran, kurs, dan pajak
  6. Employee Set : Sebagai pengelompokan karyawan sesuai dengan jabatan perusahaan.
  7. Payroll Process : Dalam tahap ini terdapat 4 penghitungan seperti penghitungan standard, THR, severance, dan retroactive
  8. e-Payroll : Sebagai penyimpan report payroll dalam bentuk online untuk memudahkan karyawan mengakses sesuai kebutuhan
  9. Slip Gaji : Fitur yang ‘life-changer’ karena dengan mudah di akses dan dapat di download dalam bentuk pdf
  10. Tax Calculator : Sebagai simulator pembayaran pajak penghasilan selama satu periode.

 

Baca Juga: Cara Mengajukan Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

 

payroll

Keunggulan Modul Payroll Dibandingkan Pengelolaan Manual

Dengan step yang mudah dan lengkap, pastinya terdapat keunggulan yang dapat Anda rasakan jika merubah sistem menjadi membuat slip gaji online. Apa saja?

 

Perlindungan Data yang Lebih Aman

Slip gaji manual sering dicetak dan didistribusikan secara manual kepada karyawan di kantor. Ada unsur kerentanan dalam metode pengiriman ini karena slip gaji bisa hilang, salah tempat, dan lain sebagainya.

Slip gaji online memberikan perlindungan data yang lebih baik sebagai solusi yang aman. Dalam sistem online,  mengharuskan karyawan untuk memasukkan informasi seperti nama pengguna dan kata sandi, serta pertanyaan keamanan. 

 

Meningkatkan Produktivitas

Beralih yang lebih digital, membuat pekerjaan lebih ringan khususnya bagi HR Payroll. Semua yang sudah tersistem dalam software, sehingga tidak perlu buang waktu merekap secara manual terutama jika karyawannya banyak. Sehingga dapat mengerjakan pekerjaan lain daripada harus fokus hanya mengerjakan payroll sendiri. Dengan begitu, produktivitas pun semakin meningkat.

 

Menghemat Biaya

Biaya selama ini untuk print slip gaji serta kertasnya merupakan biaya yang cukup besar bagi perusahaan. Dengan beralihnya ke sistem yang lebih online, malah menjadi lebih hemat karena tidak harus membuang uang lebih banyak. Apalagi jika ada kesalahan dalam mencetak. Malah semakin menambah pengeluaran.

 

Mudah Diakses

Kemudahan dalam mengakses dimana saja dan kapan saja menjadi keuntungan besar jika beralih ke slip gaji online. Apalagi jika butuh mendadak, hal ini tentunya menjadi pilihan yang sangat menguntungkan.

 

Transparansi dalam Penghitungan

Membicarakan detail tentang perhitungan gaji karyawan bisa menjadi salah satu hal yang sensitif baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Dan dengan data yang tersimpan dalam aplikasi ini, slip gaji online dapat digunakan bagi perusahaan untuk memberikan berbagai detail dalam data yang ditulis dengan slip gaji.

 

Meningkatkan Efisiensi Keuangan

Jika perusahaan Anda masih menggunakan sistem slip gaji manual, pasti akan membutuhkan seseorang yang bertugas mentransfer data untuk menghitung waktu kerja, kehadiran, pajak, dan tunjangan. Ini juga dapat mencakup uang tunai, kwitansi, dan pembuatan daftar transfer serta formulir pajak.

Proses ini bisa sangat panjang dan juga membutuhkan banyak waktu pada setiap gaji. Slip gaji online tentunya dapat membantu pekerjaan Anda dengan mudah hanya dengan beberapa klik saja.

 

Mempermudah dalam Pengelolaan Karyawan

Jika perusahaan Anda sering menggunakan peraturan yang sering berubah, bukan tidak mungkin karyawan juga akan terkena dampaknya. Hal ini juga terjadi jika peraturan dalam undang-undang sering berubah. 

 

Baca Juga: Cek Gaji Secara Online Menggunakan ESS LinovHR

 

Membuat slip gaji online ini dapat membantu untuk menghindari kesalahan yang tidak disengaja yang disebabkan oleh keterlambatan perubahan yang sering terjadi pada masalah internal ini. Slip gaji online akan mempermudah dalam pengelolaan gaji karyawan perusahaan Anda.