referral code

Apa Keuntungan Berbisnis Menggunakan Referral Code?

Referral code atau kode referensi merupakan strategi berbisnis yang dapat membawa keuntungan baik bagi Anda sebagai pemilik bisnis atau bagi Anda yang selaku pemegang referral code. Hanya dengan menyebarkan kode yang dimiliki, maka si pemegang kode akan mendapatkan bagian dari transaksi. 

Apakah Anda tertarik menggunakan cara ini ke dalam bisnis Anda? Simak terus pembahasannya! 

 

Apa yang Dimaksud dengan Referral Code?

Referral code adalah angka, abjad, atau kode alfanumerik yang diberikan kepada pemegang kode. Di mana kemudian pemegang kode tersebut menyebarkan tautan kode yang ia miliki. 

Dengan kata lain, referral code adalah kode unik yang dibagikan oleh pemegang kode kepada kawan, kerabat atau bahkan orang yang tidak dikenal. 

Tujuan menyebarkan kode ini adalah untuk mendapatkan bonus atau voucher sesuai ketetapan brand atau pemilik merek setiap kali terjadi transaksi melalui tautan yang dimiliki oleh pemilik kode.  Kode itu sendiri diberikan oleh brand atau perusahaan yang sedang melakukan kampanye pemasaran menggunakan referral code. 

Jika Anda adalah pemegang kode ini maka Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai ketentuan dengan perusahaan sebagai pemilik brand.  Semakin banyak kode referral Anda digunakan untuk bertransaksi maka semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan. 

 

Baca Juga: Memahami Hak Paten untuk Kelangsungan Bisnis 

 

Cara Kerja Referral Code

Bagaimana cara kerja referral code? Berikut adalah penjelasannya. 

 

1. Memberikan Kode Kepada Konsumen

Agar sebuah kode referral dapat disebarkan maka Anda sebagai pemilik brand harus menyebarkannya. Salah satu cara termudah adalah dengan memberikannya kepada konsumen Anda. 

Dengan harapan mereka akan menyebarkan kode tersebut untuk menarik lebih banyak pesanan atau transaksi.

Kode yang diberikan dapat seragam ataupun unik untuk setiap orang. Apabila Anda ingin memberikan kompensasi kepada pemegang kode maka sebaiknya menggunakan kode unik agar mudah melacaknya. 

 

2. Ajak Pemegang Kode Menyebarkan Referral Code

Kini waktunya untuk mengajak mereka menyebarkan kode sebanyak mungkin! Cara termudah di era internet ini adalah dengan menyebarkan melalui media sosial atau kanal lainnya. 

Misalnya saja konsumen Anda menyebarkan kode melalui pesan umum (broadcast), atau jaringan pribadi melalui chat dengan kawan atau rekan mereka. 

Agar mereka semangat menyebarkan kode, Anda dapat memberikan pengingat tentang keuntungan apa yang akan didapatkan pemegang kode jika mereka mampu mendapatkan banyak transaksi. 

 

3. Menerima Transaksi dari Kode yang Telah Disebar

Jika Anda adalah pemilik bisnis maka Anda harus memikirkan bagaimana cara Anda mengumpulkan transaksi berdasarkan kode referensi.  Apakah pembeli baru harus memasukkan kode yang diterimanya dari kawan? Atau Anda memberikan link atau tautan halaman situs tertentu? 

Jika Anda memberikan tautan ke halaman situs, maka setiap pemegang kode referral harus memiliki kode unik yang jika di klik akan membawa calon pembeli ke halaman situs yang telah Anda siapkan. 

 

Keuntungan Jika Perusahaan Menggunakan Strategi Referral Code

Inilah bagian yang ditunggu-tunggu. Sebagai pemilik perusahaan tentu ingin mendapatkan keuntungan bukan? Nah dengan referral code, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

 

1. Menghimpun Data

Karena sifat kode ini yang praktis dan menghubungkan antar konsumen, maka salah satu keuntungan bagi Anda adalah data yang cepat dan tepat.  Setiap pemegang kode akan memiliki datanya sendiri, begitu juga pelanggan baru yang akan bertransaksi biasanya diminta untuk memasukkan data pribadi mereka.  Dengan begitu Anda akan mengetahui demografi, minat, serta produk atau jasa apa yang paling membawa keuntungan. 

 

2. Pembeli Baru Lebih Percaya dengan Rujukan

Mengapa banyak orang cenderung mencari testimoni pelanggan sebelum memutuskan membeli suatu produk? Karena banyak yang lebih percaya dengan ulasan atau rekomendasi dari sesama konsumen daripada klaim para penjual.  Begitu juga dengan pemegang kode referral yang sebelumnya menjadi konsumen Anda. Mereka akan lebih mudah “membujuk” konsumen baru yang terpikat dengan pengalaman nyata yang telah dirasakan sebelumnya. 

 

3. Cara Pemasaran yang Efektif

Promosi dengan beriklan adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Namun jika ada pilihan berpromosi yang lebih hemat namun lebih efektif, mengapa tidak? 

Menggunakan referral code adalah cara beriklan yang hemat biaya dibandingkan jika Anda harus memasang iklan besar di baliho atau media lainnya.  Keuntungan akan berlipat ganda jika Anda menambahkan program kesetiaan bagi pemegang kode referral yang mampu mengajak lebih banyak orang untuk bertransaksi. 

 

 

Baca Juga: 7 Panduan Strategi Khusus Bisnis Online 

 

 

4. Menjaring Pelanggan Setia

Konsumen yang sudah merasakan nikmatnya keuntungan dari menyebarkan kode yang mereka miliki akan mudah menjadi pelanggan setia Anda.  Sebab saat konsumen membeli produk atau jasa, biasanya mereka akan langsung merekomendasikannya ke orang lain. 

Pelanggan setia ini akan terus menyebarkan kode referensi mereka untuk mendapatkan pelanggan baru. Kemudian pelanggan baru tersebut juga diberikan referral code baru untuk kemudian disebarkan ulang.  Rantai ini akan terus bergulir dan menjadi sumber keuntungan rutin bagi perusahaan Anda. 

 

5. Otomatisasi Sistem

Penggunaan kode referensi melibatkan teknologi yang canggih. Apabila rantai referral code ini digunakan, maka secara tidak langsung Anda juga ikut menerapkan otomatisasi sistem di perusahaan. Sehingga perusahaan Anda pun juga semakin familiar dengan berbagai operasional modern yang menguntungkan. 

 

Itulah pembahasan singkat mengenai referral code. Pemasaran menggunakan referral code adalah cara yang sistematis dalam menjaring pelanggan baru dan setia.  Pastikan Anda menerapkan sistem IT yang baik dengan SDM yang memang menguasai perangkat lunak yang diperlukan.  Sebab referral code menggantungkan diri pada sistem komputerisasi dan jaringan yang mumpuni.