10 Rekomendasi Software Payroll Terbaik di Indonesia Tahun 2024

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Software Payroll Terbaik
Isi Artikel

Bagi profesional di bidang sumber daya manusia, penggunaan software payroll sudah menjadi kebutuhan. 

Tantangan seperti perubahan regulasi pajak, beragam tunjangan karyawan, dan kebutuhan pelaporan keuangan yang akurat semakin menegaskan perlunya solusi yang handal.

Software payroll terbaik adalah solusinya. Aplikasi payroll yang tepat tidak hanya memastikan setiap karyawan menerima gaji dengan akurat, tetapi juga mengoptimalkan produktivitas tim HR dan meningkatkan kepuasan karyawan.

Namun, menemukan software payroll terbaik harus dilakukan dengan seksama karena penggunaan aplikasi yang tepat dapat menjadi solusi efektif bagi manajemen SDM.

Pada pembahasan kali ini LinovHR akan memberikan rekomendasi 10 software payroll terbaik yang bisa digunakan untuk membantu mengelola proses penggajian.

Apa itu Software Payroll?

Aplikasi Payroll
Software Payroll LinovHR

Software payroll adalah perangkat lunak yang digunakan mengelola dan mengotomatisasi berbagai aspek terkait penggajian karyawan seperti, perhitungan gaji, bonus, lembur, dan lain-lain.

Software payroll akan membantu kinerja staff HRD jauh lebih cepat dan cermat ketika memasuki masa penggajian bulanan.

Oleh karena itu, tim HR memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan dan mengelola kinerja karyawan dari sisi lainnya, sementara karyawan dapat menikmati penerimaan gaji yang sesuai dan proses penggajian yang efisien.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Payroll Terbaik?

Setiap perusahaan tentunya menginginkan proses kinerja perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien untuk mencapai sasaran bisnis.

Oleh karena itu, suatu perusahaan harus menggunakan software payroll untuk memajukan perusahaan mereka.

Software payroll memiliki fungsi yang mampu mengolah dan menghitung penggajian secara tepat, memiliki keamanan yang terjamin, didukung oleh layanan staff dan developer software yang handal, serta selalu berkembang mengikuti perubahan teknologi dan regulasi penggajian yang berlaku di Indonesia. 

Baca juga: Atasi Keterlambatan Gaji dengan Software Payroll LinovHR

Tips Memilih Software Payroll

Sebelum mulai menentukan memilih software payroll untuk diterapkan dalam operasi bisnis perusahaan.

Alangkah baiknya memerhatikan 8 tips di bawah ini terlebih dahulu, agar software payroll yang akan digunakan nantinya mampu memenuhi kebutuhan perusahaan dengan sangat baik.

1. Menyusun Seluruh Kebutuhan Perusahaan

Software payroll yang baik ialah mampu menunjang setiap kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, sebelum lebih jauh melakukan proses seleksi terhadap setiap payroll software cloud  yang tersedia. 

Penting bagi perusahaan untuk menyusun daftar kebutuhan dan anggaran yang dimiliki, agar nantinya tidak keliru saat proses seleksi berlangsung. Perusahaan dapat menyusun daftar kebutuhan dimulai dari hal paling umum hingga spesifik, misalnya jumlah karyawan, intensitas penggajian, sistem penggajian, dan seterusnya. 

2. Menentukan Tingkat Spesifikasi Software Payroll yang Dibutuhkan

Setelah membuat daftar kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Perusahaan dapat berlanjut ke langkah selanjutnya, yakni menentukan tingkat spesifikasi software yang dibutuhkan. 

Pada tahap ini perusahaan perlu menganalisis lebih dalam terkait spesifikasi software yang dibutuhkan, agar mampu menunjang aktivitas penggajian karyawan dan sejenisnya.

Sebagai contoh, apakah perusahaan melakukan penggajian kepada karyawan secara terpusat atau terpisah? Apakah perusahaan menerapkan sistem analisis terhadap biaya penggajian di berbagai departemen?

Selain itu perusahaan juga perlu memastikan bahwa sebuah software payroll, mampu menghasilkan laporan penggajian yang akurat dan komprehensif. 

3. Memastikan Software Payroll yang Digunakan Memenuhi Peraturan Penggajian

Langkah berikutnya adalah memastikan software payroll terpilih telah menerapkan standar penggajian, yang berlaku di perusahaan maupun peraturan pemerintah.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran, sehingga perusahaan terpaksa harus menerima penalti atau hukuman dari pihak pemerintah.

Dimana penalti atau hukuman yang diberikan dapat memberikan dampak yang cukup besar bagi sebuah perusahaan. Baik dari segi finansial maupun citra bisnis perusahaan di mata pihak eksternal. 

4. Mengecek Fitur yang Tersedia dalam Sebuah Software Payroll

Pada tahap ini perusahaan cukup mencocokkan setiap fitur dalam software payroll terpilih, dengan daftar kebutuhan yang telah disusun sebelumnya.

Hitung persentase kemampuan software terpilih dalam menunjang serangkaian kebutuhan perusahaan.

Apabila tidak memenuhi kriteria, perusahaan dapat beralih kepada software sejenis lainnya yang memiliki spesifikasi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Adapun fitur pada software payroll yang mampu menunjang aktivitas penggajian perusahaan, di antaranya:

  • Payroll Component
  • Payroll Process
  • E-Payroll
  • Data Bank
  • Payroll Group
  • Salary Slip Feature.

5. Menguji Kemampuan Software Payroll dengan Uji Coba Gratis

Saat ini banyak vendor yang menyediakan demo secara gratis bagi para pengguna barunya. Perusahaan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menguji kemampuan software terpilih.

Lewat langkah ini, perusahaan dapat mengetahui tingkat kemampuan sebuah software payroll meskipun hanya secara umum.

Akan tetapi, cara ini cukup membantu penilaian awal perusahaan dalam memilih software payroll yang tepat. 

6. Menetapkan Harga Pembelian Terbaik atas Software Payroll 

Saat perusahaan berhasil menemukan software payroll yang dinilai tepat. Langkah selanjutnya adalah memastikan anggaran dana yang dimiliki perusahaan cukup, untuk membayar biaya pengooperasian software payroll milik suatu vendor. 

Hal ini agar perusahaan dapat memanfaatkan software yang diinginkan secara penuh tanpa adanya hambatan sedikitpun, seperti penguncian fitur maupun masalah administrasi lainnya.

7. Melihat Performa Software Payroll lewat Ulasan Pelanggan

Sebelum benar-benar memilih software terkait untuk diimplementasikan dalam proses penggajian karyawan. Perusahaan dapat melakukan penilaian terakhir terkait performa software terpilih, melalui ulasan pelanggan yang sudah lebih dulu menggunakannya. 

Dengan ini kualitas sebuah software payroll dapat lebih terjamin saat digunakan nantinya.

8. Memilih Software Payroll Termutakhir untuk Perusahaan

Langkah terakhir, perusahaan sudah bisa langsung mengontak vendor terkait untuk mulai mengembangkan kerja sama penggunaan software payroll. Pastikan kembali bahwa vendor software terpilih mampu memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan biaya yang telah pihak perusahaan keluarkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Payroll Calculator Terbaik Untuk Hitung Gaji & Pajak

10 Rekomendasi Software Payroll Terbaik 2024

Di Indonesia sendiri banyak terdapat pilihan software payroll terbaik untuk memudahkan keberlangsungan perusahaan. Berikut adalah 10 rekomendasi software payroll terbaik tahun 2024

1. LinovHR

software payroll Linovhr

LinovHR adalah salah satu aplikasi & software payroll terbaik yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan karyawan. 

Dengan LinovHR, perusahaan dapat mengelola proses penggajian dan administrasi karyawan secara efektif. 

LinovHR menawarkan integrasi yang mulus dengan sistem penggajian, menyediakan solusi berbasis cloud, serta menampilkan antarmuka yang ramah pengguna. 

Selain itu, LinovHR dilengkapi dengan fitur portal karyawan (Employe Self-Service) yang memungkinkan akses mudah untuk slip gaji dan informasi cuti secara online

Dengan fitur solusi rekrutmen online, perusahaan dapat melakukan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efektif dalam proses rekrutmen. 

Tak hanya itu, melalui layanan payroll outsourcing, LinovHR membantu perusahaan dalam menghitung, mengelola, dan menyajikan data penggajian secara real-time dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Keunggulan LinovHR:

  • Integrasi dengan sistem penggajian yang memastikan konsistensi antara gaji karyawan dan data kehadiran, cuti, serta lembur.
  • Sistem berbasis cloud memungkinkan penyimpanan data secara aman dan aksesibilitas yang mudah dari mana saja.
  • Antarmuka pengguna yang ramah pengguna membuatnya mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna di berbagai tingkatan.
  • Fitur portal karyawan memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi gaji dan cuti secara online, meningkatkan produktivitas.
  • Solusi rekrutmen online membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan efektif selama proses rekrutmen.
  • Kemampuan untuk mengelola data karyawan dengan rapi, termasuk data personal, mantan karyawan, dan calon karyawan.
  • Fitur Talent Review mendukung kebijakan promosi yang tepat sesuai dengan potensi dan kinerja karyawan.
  • Layanan payroll outsourcing memberikan solusi terbaik untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dengan tingkat akurasi yang tinggi dalam pengelolaan data penggajian.

2. Gusto

Gusto
Gusto

Gusto merupakan software payroll yang menghadirkan kemudahan dalam pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian. 

Dengan fitur-fitur seperti pelacakan waktu kerja, manajemen absensi, dan pembuatan dokumen online, Gusto memudahkan tim SDM dalam proses administrasi. 

Keunggulan Gusto antara lain:

  • Dapat diakses secara gratis selama satu bulan.
  • Data absensi karyawan dapat langsung diintegrasikan ke dalam perhitungan gaji.
  • Memiliki antarmuka yang mudah dipahami, memudahkan pengelolaan siklus hidup karyawan, perhitungan gaji, dan pemotongan pajak.
  • Membantu perusahaan untuk fokus pada pertumbuhan dan perkembangan karyawan sambil memastikan kepatuhan terhadap peraturan ketenagakerjaan.
  • Mampu mengelola penggajian secara otomatis, menghindari keterlambatan pembayaran gaji karyawan.

3. OnPay

OnPay
OnPay

OnPay merupakan software payroll berbasis cloud yang memberikan kemudahan akses melalui internet. 

Dengan fitur-fitur utama seperti penjadwalan penggajian, pengiriman gaji otomatis, serta penghitungan dan pemotongan pajak, OnPay memenuhi kebutuhan dasar pengelolaan gaji karyawan. 

Kelebihan dari OnPay antara lain:

  • Biaya bulanan dasar $40 dan biaya tambahan $6 per karyawan per bulan
  • Memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian biaya sesuai dengan skala perusahaan.
  • Dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat lunak lainnya seperti QuickBooks, Zero, Mineral, dan Vestwell.
  • Menyediakan uji coba gratis selama 30 hari, memungkinkan pengguna untuk mencoba fitur-fiturnya sebelum berlangganan secara penuh.
  • Menyediakan fitur HR seperti pengaturan kesehatan dan layanan pelanggan yang responsif.

4. Gajihub


Gajihub merupakan HR online dan software payroll yang dikembangkan oleh tenaga ahli Indonesia. 

Dengan beragam fitur yang mencakup penggajian, THR, analisis data, akuntansi, pengelolaan cuti, dan pajak penghasilan, Gajihub bisa menjadi pilihan perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia. 

Keunggulan Gajihub antara lain:

  • Fitur absensi online yang dapat diakses melalui ponsel menggunakan pelacakan GPS.
  • Menyediakan perhitungan pajak penghasilan seperti PPh 21 dan PPh 26.
  • Integrasi dengan berbagai sistem lainnya seperti HRIS, pengelolaan BPJS, reimbursement, dan analisis data.

5. Benemica

Benemica

Benemica adalah software payroll yang cocok sebagai solusi outsourcing HRD. 

Aplikasi dilengkapi fitur absensi dan berbasis cloud, yang memudahkan dalam perhitungan variable, additional, ataupun yang sifatnya tetap dan bisa otomatis dalam perhitungan potongan pajak. 

Penginputan dan penyimpanan administrasi data pegawai, serta laporan absensi pegawai dapat dikontrol dan di-download

Benemica juga menyediakan layanan mandiri karyawan, administrasi HRD, penggajian, dan hitung pajak yang terintegrasi untuk perusahaan, akuntan dan konsultan.

Benefit-nya antara lain:

  • Integrasi dengan sistem absensi
  • Klaim reimbursement dan pengajuan cuti yang mudah
  • Notifikasi otomatis
  • Multi-layer approval dan cross-entity

6. SPISy

SPISy

SPISy adalah sistem manajemen proyek yang canggih yang dirancang untuk memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan proyek secara efisien. 

Dengan fitur-fitur seperti penjadwalan proyek, alokasi sumber daya, pelacakan kemajuan, dan pelaporan yang komprehensif, SPISy membantu tim proyek untuk mengelola proyek dengan lebih terstruktur dan efektif. 

Beberapa keunggulannya:

  • Fitur lengkap yang mencakup absensi, pajak, gaji karyawan, dan komponen payroll lainnya.
  • Fitur e-payroll
  • Integrasi dengan aplikasi lain

7. Gadjian

Gadjian

Gadjian adalah salah satu solusi untuk pengelolaan penggajian dan sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan terpercaya. 

Dengan fitur-fitur canggih seperti penggajian otomatis, manajemen absensi, pelaporan pajak yang akurat, serta integrasi dengan sistem keuangan, Gadjian memudahkan perusahaan dalam mengelola proses SDM secara efisien. 

Beberapa keunggulanya, antara lain:

  • Fitur yang penting untuk penggajian, seperti hitung gaji, lembur, THR, BPJS, dan PPh 21.
  • UI/UX yang menarik dan mudah digunakan.
  • Berbasis cloud.
  • Fitur reimbursement management, retirement management, KPI, kompetensi karyawan, dan training management.

8. ADP

ADP payroll
Sumber: adp.com

ADP, salah satu software payroll terkemuka dalam bidang penggajian dan HR, menawarkan aplikasi payroll yang sangat diakui dengan fitur-fitur unggulan berikut:

  • Centralized Database untuk Informasi Tenaga Kerja: Membangun basis data pusat untuk semua informasi terkait tenaga kerja, termasuk penggajian, manfaat, dan perekrutan.
  • Monitoring Waktu dan Kehadiran yang Efisien: Fitur pelacakan waktu dan kehadiran yang membantu mengelola biaya perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional.
  • Analisis Tren dan Pola Kerja: Memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi tren dan pola kerja melalui dashboard yang dapat disesuaikan, memberikan visibilitas real-time terhadap biaya tenaga kerja.
  • Fitur Utama: Meliputi penggajian, manajemen tenaga kerja, manajemen SDM, manajemen pajak, manajemen perekrutan, administrasi manfaat, dan pendaftaran karyawan online.
  • Integrasi yang Komprehensif: Dapat terintegrasi dengan berbagai aplikasi dan platform seperti 7Shifts, Dailypay, Greenhouse, Lever, QuickBooks, Sage, SAP SuccessFactors, Wave, Workday, Xero, dan lainnya.

ADP dikenal karena pengalamannya yang luas dalam menyediakan solusi lengkap untuk pengelolaan payroll dan HR, mendukung berbagai kebutuhan perusahaan dengan efektivitas dan efisiensi yang tinggi.

9. SumoPayroll

SumoPayroll

SumoPayroll adalah aplikasi penggajian yang menghadirkan solusi komprehensif untuk pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian. 

Dilengkapi fitur-fitur seperti penggajian otomatis, manajemen absensi, pemotongan pajak yang tepat, serta kemampuan untuk mengelola dana pensiun dan asuransi karyawan.

Beberapa keuntungan menggunakan software ini:

  • Dapat diakses melalui perangkat lunak berbasis online.
  • Menyesuaikan perubahan peraturan perundang-undangan dan perusahaan.
  • Proses pengelolaan payroll tepat dan akurat.
  • Employee self-service.

10. Payroll Bozz

Payrollbozz_logo

Payroll Bozz adalah aplikasi payroll terintegrasi untuk pengelolaan gaji dan administrasi sumber daya manusia yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dengan efisiensi tinggi. 

Dilengkapi fitur-fitur seperti penggajian otomatis, manajemen absensi, pemotongan pajak yang akurat, serta pelaporan yang komprehensif.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini:

  • Integrasi sistem dengan pencatatan presensi online, penghitungan penggajian yang akurat, dan penghematan biaya operasional dengan sistem yang terkomputasi.
  • Pencatatan kehadiran yang disertai GPS dan tanda selfie.
  • Penghitungan BPJS, pajak, dan bonus lembur.
  • Pengajuan dan approval reimbursement, pinjaman, hingga advance cash secara online.

Software Payroll Terbaik di Indonesia – LinovHR Payroll System

Banner Payroll 2

Bagi perusahaan yang ingin pengelolaan dan perhitungan gaji karyawan perusahaan dikelola oleh tim profesional dan ahli dengan keamanan data yang terjamin, maka sistem payroll dari Software HR LinovHR adalah pilihan yang tepat.

Ada berbagai fitur yang dimanfaatkan untuk mengelola payroll, seperti:

  • Payroll Component: Mudahkan pengelolaan setiap komponen payroll,  seperti: Gaji, tunjangan makan, BPJS dll.
  • Payroll Process: Memproses setiap payroll menjadi lebih cepat dan tepat.
  • E-Payroll: Buat laporan payroll hanya dengan sekali klik.
  • Data Bank: Simpan seluruh informasi bank payroll dalam fitur data bank.
  • Payroll Group: Kelompokan proses pembayaran, periode pembayaran, tanggal dan metode pembayaran melalui fitur payroll group.
  • Fitur Salary Slip: Buat slip gaji karyawan lebih mudah dengan fitur salary slip.

Masih banyak berbagai fitur dari Software Payroll terbaik LinovHR,  lihat berbagai fitur lainnya lewat tautan ini: LinovHR.COM/Feature/

Nikmati segera keuntungan dari software payroll dari LInovHR dengan menghubungi LinovHR langsung dan rasakan keuntungan serta kemudahan tiap bulan dalam mengelola gaji karyawan perusahaan!

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter