Self esteem

Meningkatkan Self Esteem untuk Meningkatkan Jenjang Karir

Dalam dunia kerja, seorang karyawan tidak hanya dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan yang luas tetapi juga memiliki tingkat self-esteem yang tinggi. Sebab, self esteem berperan penting dalam memperluas perkembangan karir individu. 

Dengan tingkat self-esteem yang tinggi, artinya individu yakin dengan nilai yang berarti dalam diri mereka sendiri sehingga mereka layak untuk mendapatkan perkembangan karir yang lebih baik. 

 

Mengapa Self Esteem Penting?

Self esteem atau harga diri mengacu pada keyakinan seseorang tentang nilai diri mereka sendiri. Hal tersebut tentu sangat penting karena mempengaruhi proses pengambilan keputusan, hubungan, kesehatan emosional, dan kesejahteraan individu secara keseluruhan.

Selain itu, harga diri juga mempengaruhi tingkat motivasi karena individu dengan pandangan yang sehat dan positif tentang diri mereka akan memahami potensi yang dimiliki dan terinspirasi untuk menghadapi tantangan baru. 

Seseorang yang memiliki tingkat harga diri yang tinggi akan mempercayai pemikiran dan penilaian mereka karena itu mereka cenderung membuat keputusan yang lebih baik.

Selain itu, seseorang yang memiliki tingkat self-esteem tinggi juga memungkinkan untuk menciptakan hubungan interpersonal dan kerja yang lebih efektif di lingkungan kerja.  

 

Ciri Karyawan yang Memiliki Self Esteem Tinggi

Memiliki harga diri yang tinggi dapat meningkatkan setiap aspek kehidupan Anda, baik secara pribadi maupun profesional. Berikut ciri-ciri karyawan yang memiliki harga diri tinggi:

 

  1. Percaya terhadap diri Sendiri. Karyawan yang memiliki self-esteem tinggi biasanya kepercayaan diri terhadap kemampuan diri mereka dan mengenali apa yang mereka kuasai. 
  2. Kemampuan komunikasi yang efektif. Karyawan dengan tingkat self-esteem tinggi cenderung memiliki kemampuan komunikasi yang bagus. 
  3. Mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan. Karyawan dengan harga diri tinggi biasanya memiliki ide yang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Mereka tahu nilai dan peran mereka serta apa yang benar-benar penting untuk dirinya.
  4. Nyaman terhadap perubahan. Karyawan dengan self-esteem tinggi biasanya akan merasa nyaman dengan perubahan, mereka antusias untuk mencari peluang baru dan terbuka untuk menerima ide-ide baru.
  5. Berorientasi pada tujuan. Ciri selanjutnya adalah karyawan dengan harga diri tinggi sangat fokus terhadap peningkatkan diri, pandai membuat rencana. Tepat dalam menetapkan tujuan, serta memiliki keyakinan yang kuat untuk mencapainya.
  6. Memiliki motivasi kerja kuat untuk sukses. Bukan sesuatu yang mengherankan bahwa karyawan dengan self esteem yang tinggi memiliki dorongan yang kuat untuk sukses. Mereka biasanya lebih fleksibel dan mudah untuk mengatasi tantangan dan kekecewaan.

 

Cara Meningkatkan Self Esteem

Self esteem
Cara Meningkatkan Self-esteem atau harga diri

Ketika bekerja akan ada saat-saat dimana harga diri anda merasa tinggi atau sebaliknya menurun. 

Hal tersebut tentu sangat manusiawi,  Jangan khawatir, ketika Anda merasa tingkat self esteem Anda rendah, ikuti tahapan cara dibawah ini untuk meningkatkannya. 

 

Hindari Berbicara Negatif Tentang Diri Sendiri

Terkadang, seorang individu menghabiskan begitu banyak waktu untuk memikirkan kekurangannya sehingga melupakan kelebihan yang dimiliki.  Cara berpikir yang seperti itu dapat berdampak negatif pada self-esteem setiap individu.

Jadi, apabila Anda mulai memiliki pikiran negatif tentang diri Anda, sebaiknya luangkan waktu sejenak dan kenali apa yang sedang Anda lakukan, tantang hal tersebut untuk menunjukan bahwa anda bisa melakukannya dengan baik. Dengan demikian, cara tersebut dapat mengubah cara berpikir Anda dan membuat Anda memandang diri secara positif.

 

Baca Juga: Berpikir Lebih Kritis dengan Analytical Skills

 

Menerima Kekurangan Diri

Salah satu indikator harga diri yang tinggi adalah menerima segala kekurangan diri sendiri. Tidak ada manusia yang sempurna, setiap individu tentunya memiliki hal-hal yang tidak dapat diubah.

Untuk mencegah kekurangan ini berdampak negatif pada self-esteem, Anda harus bisa memisahkan kekurangan Anda menjadi dua kategori yakni :

  1. Kekurangan yang Bisa Diperbaiki
  2. Kekurangan yang Tidak Bisa Diperbaiki. 

 

Setelah Anda belajar menerima segala kekurangan, Anda akan mulai menemukan kedamaian dan lebih berfokus pada kekuatan Anda daripada kelemahan.

 

Tetapkan Tujuan Anda

Penting bagi Anda untuk menetapkan tujuan jangka pendek hingga menengah untuk diri Anda sendiri. Cara ini akan membantu Anda merasakan progres atau pencapaian setelah melakukan hal yang ingin Anda lakukan. 

Apabila Anda menetapkan tujuan terlalu tinggi, Anda mungkin akan kesulitan untuk mencapainya dan hal ini akan berdampak negatif pada diri Anda.

 

Rehatkan Diri Sejenak

Anda tidak harus selalu memiliki self-esteem yang tinggi setiap hari atau setiap waktu. 

Mengapa? Karena self esteem adalah hal yang tentatif sehingga dapat berubah-ubah dari waktu ke waktu atau hari ke hari. Beri diri Anda istirahat sejenak tidak ada salahnya,  karena setiap orang tentunya memiliki saat-saat merasa sedih atau sulit mempertahankan kepercayaan diri.

Selain itu, Hindari mengkritik diri sendiri dihadapan orang lain karena dapat memberi kesempatan orang lain untuk beropini negatif tentang Anda

 

Menjadi Lebih Asertif dan Belajar Mengatakan Tidak 

Salah satu contoh self esteem yang rendah adalah merasa sulit untuk membela diri sendiri atau mengatakan tidak kepada orang lain. 

Apabila sikap seperti itu terus dibiarkan begitu saja, tentunya dapat membebani pikiran seseorang di tempat kerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengembangkan sikap yang tegas untuk membantu meningkatkan self esteem Anda. 

 

Baca Juga: Pahami Manajemen Karir yang Baik untuk Masa Depan Cerah

 

Setelah membaca penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sangat penting bagi setiap karyawan untuk memiliki harga diri yang tinggi.

Mengapa? Karena memiliki self esteem yang tinggi dapat membuat Anda lebih berani dan percaya diri menghadapi berbagai tantangan selama berkarir. Selain itu, memiliki harga diri yang tinggi dapat membantu Anda mengenali lebih dalam value yang terdapat dalam diri Anda. 

Selamat Mencoba!

 

Referensi:

https://www.verywellmind.com/what-is-self-esteem-2795868

https://www.hoytorg.com/6-ways-to-boost-your-self-esteem/