programmer

Mau Menjadi Programmer? Pastikan Anda Menguasai Skill dan Tugas Dibawah Ini!

Siapa sih yang tak tahu programmer? Profesi yang satu ini kian populer seiring dengan pertumbuhan teknologi yang kian pesat. Ingin menjadi ahli dalam pemrograman? Anda harus menguasai skill-skill tertentu, loh! LinovHR akan menjelaskan tentang skill apa saja dan tugas yang ada dalam profesi ini! 

 

Apa itu Programmer?

Seorang programmer komputer membuat kode untuk aplikasi perangkat lunak dan sistem operasi. Setelah pengembang perangkat lunak merancang program komputer, programmer menulis kode yang mengubah desain itu menjadi serangkaian instruksi yang dapat diikuti oleh komputer. Mereka menguji program untuk mencari kesalahan dan kemudian menulis ulang sampai bebas kesalahan. Mereka akan terus mengevaluasi program yang sedang digunakan, membuat pembaharuan dan penyesuaian sesuai kebutuhan.

 

Tugas dan tanggung jawab programmer 

Untuk menjadi seorang programmer, ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi selama bekerja dalam perusahaan. Tugas – tugas tersebut di antaranya: 

  1. Menemukan urutan instruksi yang akan mengotomatisasi dalam melakukan tugas tertentu atau memecahkan masalah yang diberikan.
  2. Menyusun dan menulis dokumentasi pengembangan program dan revisi berikutnya, memasukkan komentar dalam kode instruksi sehingga orang lain dapat memahami program yang dikembangkan.
  3. Mencoba dan menjalankan program dan aplikasi software untuk memastikan bahwa program sesuai instruksi dan menghasilkan yang benar.
  4. Merevisi dan memperbaiki, serta melakukan pengembangan program yang ada untuk meningkatkan efisiensi operasi atau beradaptasi dengan kebutuhan user.
  5. Menganalisis dan meninjau program menggunakan grafik dan diagram alur kerja sesuai pengetahuan tentang kemampuan komputer, materi pelajaran, dan logika simbolik.
  6. Memperbaiki kesalahan dengan membuat perubahan yang sesuai dan memeriksa kembali program untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan telah berhasil.
  7. Diskusi dengan manajer dan user untuk untuk memperjelas maksud perancangan program, mengidentifikasi masalah, dan menyarankan perubahan jika dibutuhkan.

 

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen dalam Perusahaan

 

Skill yang Harus Dikuasai 

Untuk menjadi programmer handal yang dicari banyak perusahaan, diperlukan berbagai macam skill. Diperlukan waktu untuk menguasai skill tersebut.  Skill yang harus dikuasai antara lain: 

 

1. Kemahiran dengan bahasa pemrograman

Berbagai jenis kode dalam bahasa pemrograman seperti SQL, Java, C ++, atau Python banyak diperlukan. Programmer tidak diharapkan untuk mengetahui seluruh bahasa pemrograman yang ada di dunia, tetapi mahir setidaknya dalam dua bahasa pemrograman untuk meningkatkan kesempatan kerja dan karir. Kebanyakan biasanya akan memutuskan bidang spesialisasi, kemudian belajar bahasa pemrograman yang paling tepat untuk bidang itu.

 

2. Mempelajari konsep dan menerapkannya pada masalah lain

Kemampuan untuk mempelajari konsep dan menerapkannya pada masalah lain adalah keterampilan penting bagi programmer. Ini sangat berguna saat menulis Cascading Style Sheet (CSS) untuk desain yang diterapkan pada halaman web, dan kemudian mengalir ke elemen lain di halaman.

 

3. Keterampilan matematika

Banyak aspek pemrograman membutuhkan pemahaman matematika di luar tingkat dasar. Untuk menjadi mahir dalam pemrograman, Anda harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang aljabar dan aritmatika.

 

4. Kemampuan pemecahan masalah

Kode sering ditulis dengan tujuan menyelesaikan suatu masalah. Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan cara paling efisien untuk menyelesaikannya melalui pemrograman.

 

5. Kemampuan berkomunikasi

Pemrogram umumnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka bekerja sendirian di depan komputer. Namun, banyak situasi mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dengan anggota tim, terutama ketika bekerja pada proyek-proyek besar atau kompleks. Keahlian komunikasi yang sangat baik akan memungkinkan Anda untuk bekerja secara efektif dengan orang lain dan untuk berbagi ide dan solusi.

 

Baca Juga: Peran Komunikasi Bisnis dalam Perusahaan

 

6. Kemampuan menulis

Anda juga perlu mengkomunikasikan pekerjaan atau proses Anda kepada orang lain dari waktu ke waktu. Seringkali, proses dan hasil harus dikomunikasikan kepada anggota lain yang mungkin tidak memiliki tingkat pengetahuan pemrograman yang Anda miliki. Karena itu penting untuk memiliki keterampilan menulis yang baik.

 

7. Rasa Ingin Tahu

Programmer yang memiliki bakat dan potensi gemar untuk mencari tahu bagaimana proses suatu metode  dan menemukan cara untuk melakukannya dengan lebih efesien. Tingkat keingintahuan yang tinggi akan membantu untuk terus belajar dan memastikan perkembangan yang konsisten.

 

8. Detail Oriented

Kesalahan kecil dalam penulisan kode pemrograman dapat memiliki efek yang signifikan pada hasil, sehingga Anda harus memperhatikan detail terkecil sekalipun. Kode yang salah tulis akan berimbas kepada implementasi program.  Anda juga harus membiasakan diri memeriksa dan mengecek ulang kode yang tertulis untuk mengurangi kemungkinan kesalahan potensial.

 

Bagaimana? Masih ingin menjadi seorang programmer? Untuk menjadi orang yang profesional, dibutuhkan kegigihan dan kerja keras yang melalui jalan panjang. Jadi, jangan lupa untuk terus berlatih, ya!