Percaya diri saat wawancara kerja

Duduk saat menghadapi wawancara dapat menjadi pengalaman menegangkan untuk setiap orang bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun. Hal seperti ini sangat mudah dirasakan jika Anda tidak memiliki kontrol atas proses wawancara tersebut dan Anda tidak memiliki pilihan selain mengikuti keinginan si  pewawancara, kecuali jika Anda mengambil tindakan untuk mengklaim beberapa kekuatan Anda yang ada miliki.

Jika Anda ingin merasa lebih percaya diri selama wawancara kerja, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

 

1. Gunakan Catatan

Ketika Anda menggunakan catatan, Anda mencapai beberapa hal. Pertama, Anda memberikan tangan Anda sesuatu untuk dilakukan agar tidak gelisah dan gugup. Kedua, membuat catatan memberikan penampilan yang fokus dan terlibat dalam proses wawancara. Perlu diingat bahwa Anda harus menjaga kontak mata dengan pewawancara saat Anda menulis hal-hal yang perlu dicatat. Anda tidak ingin terlihat seperti mahasiswa gugup yang mati-matian mencatat saat menatap catatan atau binder mereka.

 

2. Terapkan “Power Pose

Power pose” adalah posisi duduk dan berdiri yang membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Alasan bahwa power pose berdampak pada pekerjaan ada dua. Pertama, mengenai bahasa tubuh. Pose yang tepat dapat memiliki dampak yang signifikan pada bagaimana Anda dirasakan. Kedua, pose tertentu sebenarnya mengubah kimia tubuh Anda dengan meningkatkan produksi testosteron Anda dan mengurangi keluaran kortisol Anda. Ini secara fisik membuat Anda merasa berenergi dan lebih percaya diri.

 

3. Ajukan Pertanyaan Menantang

Anda sudah tahu bahwa Anda harus mencari tahu organisasi yang akan mewawancarai Anda sebelum Anda hadir untuk wawancara. Hal tersebut memberikan Anda kemampuan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan cerdas. Setelah semua, tak seorang pun ingin mengajukan pertanyaan, “Apa sebenarnya yang kalian lakukan di sini?”

Langkah lain yang dapat Anda ambil ketika Anda melakukan mencari tahu adalah menyusun pertanyaan bijaksana dan menantang. Ingat bahwa tujuan Anda adalah untuk tidak membingungkan pewawancara atau membuat mereka tampak bodoh. Anda hanya ingin datang dengan sebuah pertanyaan dipikirkan dengan baik dan membuat pewawancara berhenti dan berpikir.

 

4. Kenakan Setelan Pakaian Bagus

Ketika Anda datang ke sebuah wawancara, yang Anda kenakan merupakan suatu hal yang penting. Ya, mengesankan pewawancara pasti bagian dari sebuah wawancara, tapi itu bukan satu-satunya faktor. Anda ingin memakai sesuatu yang membuat Anda baik dan yang membuat Anda merasa percaya diri tentang bagaimana Anda berpenampilan. Ingatlah bahwa ada banyak hal dalam proses wawancara yang tidak dalam kendali Anda, tapi apa yang Anda kenakan dan bagaimana Anda memakai pakaian itu adalah sesuatu yang dapat Anda kontrol. Ambilah keuntungan dari menggunakan setelan pakaian yang bagus.

 

5. Melakukan Sebuah Gerakan

Hal ini bukan sesuatu yang bisa selalu Anda lakukan. Namun, bila Anda bisa melakukannya, hal ini dapat memiliki dampak yang besar pada kepercayaan diri Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin Anda dapat lakukan dengan bergerak di sekitar ruangan tanpa pewawancara Anda bertanya-tanya apa yang Anda lakukan.

  • Minta izin untuk menggambarkan sebuah ide di papan tulis
  • Menulis sesuatu dan kemudian pindah berdiri di samping pewawancara sehingga Anda berdua bisa melihat apa yang telah ditulis dari sudut pandang yang sama.
  • Berdiri jika seseorang memasuki ruangan

Berada di tempat Anda saat berbicara secara alami memberikan kekuatan. Selain itu, jika Anda berada dalam sebuah wawancara yang berlangsung lama, sedikit bergerak di sekitar ruangan Anda dapat membantu Anda untuk merasa sedikit lebih bersemangat.

 

6. Gunakan “Power Words

Apakah Anda ingat semua kata-kata kekuatan yang Anda ditempatkan pada resume Anda sehingga Anda akan mendapatkan perhatian? Semua kata-kata tersebut berfungsi dengan baik, karena Anda telah menghadirkan ada pada sebuah wawancara penting.

Sekarang, jangan lupa untuk menggunakan kata-kata yang sama saat Anda sedang diwawancarai. Ini sangat penting untuk digunakan saat Anda baru saja memasuki dunia pekerjaan.Power wordsatau kata-kata yang kuat membuat Anda merasa lebih percaya diri tentang diri Anda ketika Anda membicarakan prestasi Anda.

 

7. Lebih Sering Tersenyum

Anda mungkin sudah mendengar bahwa tersenyum membuat Anda merasa lebih baik dan membuat Anda lebih menyenangkan. Apa yang Anda mungkin tidak tahu adalah bahwa tersenyum juga menmberikan keseimbangan agar Anda tidak terlihat terlalu gugup. Hasilnya adalah bahwa pewawancara Anda akan mulai menangani Anda seolah-olah Anda yakin dan berkualitas bahkan jika Anda tidak benar-benar merasa seperti itu.

 

8. Merencanakan Jawaban Besar untuk Pertanyaan, “Beritahu Kami Tentang Diri Anda”

Kebanyakan orang menanggapi pertanyaan ini dengan singkat, empat bagian jawaban dalam bentuk berikut: “Saya adalah____________ . Saya dulu bersekolah di _______________. Saya telah bekerja di ________________. Saya ingin menjadi _____________. “

Dengan kata lain, membosankan. Tak satu pun dari hal ini menyampaikan semangat, prestasi, atau kerja keras. Coba menyusun jawaban yang panjang 1-2 menit yang tidak hanya mengatasi apa, kapan, dan di mana, tetapi jugabagaimana (menggambarkan dedikasi dan kerja keras) dan mengapa(menggambarkan gairah dan semangat). Setelah Anda mendapatkan jawaban, Anda akan merasa percaya diri dan siap untuk menyelesaikan sisa wawancara.

 

9. Sapa Pewawancara Dengan Nama

Ini merupakan strategi yang memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ketika Anda memanggil seseorang dengan nama, Anda membuat mereka merasa penting. Memanggil pewawancara Anda dengan nama juga merupakan cara yang bagus untuk membangun sedikit otoritas. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda mendapatkan layanan yang lebih baik jika Anda memanggil seseorang dengan nama?

Setiap proses wawancara berlangsung berbeda dan apa yang berjalan dalam suatu wawancara mungkin tidak berjalan sama dengan wawancara yang lain. Namun, ada kesempatan baik bahwa setidaknya salah satu dari sembilan tips di atas dapat membantu Anda untuk merasa setidaknya sedikit lebih percaya diri selama wawancara.

 

Baca Juga:  5 Langkah Membuat Lamaran Kerja Anda “Stand Out”

 

(/DN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>