cara menghafal dengan cepat

15 Cara Menghafal Dengan Cepat Untuk Membantu Anda Bekerja

Sebagian besar dari kita mungkin pernah dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan kita menghafal sesuatu. Misalnya ketika Anda dituntut untuk mengingat arahan dari perusahaan dengan cepat saat bekerja. Di saat itulah, Anda mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghafal dengan cepat.

Tidak hanya bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan, kemampuan menghafal dengan cepat juga membantu Anda dalam mempelajari hal-hal yang bersifat rumit dan kompleks.

Kemampuan ini akan membantu Anda untuk memahami dan menguasai teori, konsep, dan bacaan-bacaan dari studi yang Anda pelajari.

Maka dari itu, ada beberapa cara menghafal cepat yang patut Anda coba untuk bisa mendapatkan kemampuan ingatan yang baik. Lantas, bagaimana caranya?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui daftar pekerjaan yang membutuhkan ingatan memori tinggi beserta cara menghafal dengan cepat!

 

 

Daftar Pekerjaan yang membutuhkan Ingatan Memori Tinggi

Selain harus memiliki wawasan yang luas, beberapa pekerjaan akan mendorong Anda untuk memiliki ingatan memori yang tinggi sebagai keterampilan tertentu.

Cara menghafal dengan cepat akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Berikut adalah daftar pekerjaan yang membutuhkan ingatan memori yang tinggi.

 

Penyiar Radio atau Televisi

Penyiar radio atau televisi menyajikan musik, berita, atau mengundang tamu untuk diwawancarai. Sebelum memulai acara, penyiar akan mendapatkan brief berisi materi yang akan dibawakan dalam acara.

Brief tersebut perlu diingat agar acara berjalan dengan lancar. Dalam mengingatnya, penyiar radio atau televisi perlu mengetahui cara menghafal dengan cepat dalam waktu singkat.

 

Pengajar 

Tugas utama seorang pengajar adalah mengajarkan murid materi-materi dari mata pelajaran tertentu. Maka dari itu, profesi pengajar seperti guru, dosen, dan pelatih harus memiliki ingatan yang kuat untuk menyampaikan materi kepada peserta didik.

Agar bisa menyampaikan materi dengan baik, pengajar harus memiliki kemampuan cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa terkait materi yang telah disiapkan. 

 

Teknisi 

Pekerjaan seorang teknisi umumnya akan berkaitan dengan praktik pada benda-benda yang memiliki struktur yang rumit dan kompleks.

Selain itu, beberapa jenis pekerjaan teknisi seperti teknisi lingkungan umumnya akan memahami multidisiplin ilmu seperti ilmu tanah, biologi, teknik, serta kimia untuk membuat solusi terhadap masalah lingkungan.

Pekerjaan ini akan mendorong Anda untuk memiliki kemampuan ingatan yang tinggi pada saat bekerja.

 

Ilmuwan 

Ilmuwan akan melakukan penelitian menggunakan teori dan metode tertentu pada berbagai bidang. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel, mengolah data, serta melakukan analisis. 

Seorang ilmuwan harus memiliki ingatan yang kuat untuk memudahkan analisis, mengingat informasi yang diberikan oleh tim saat penelitian, hingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan efektif tanpa kesalahan.

 

Pekerja Administrasi 

Pekerja administrasi akan dihadapkan dengan banyak hal yang bersifat administratif dan berorientasi pada detail. Hal ini membuat pekerja administrasi harus memiliki ingatan yang kuat untuk memasukkan data, membuat agenda kantor, melakukan arsip data, serta menerima panggilan telepon.

 

Baca Juga: 7 Rumus Excel untuk Admin yang Harus Dipelajari

 

Ahli Anestesi

Ahli anestesi akan melakukan koordinasi bersama perawat dalam memberi anestesi sebelum melakukan operasi.

Sebelum melakukan pekerjaannya, seorang ahli anestesi harus menangkap berbagai informasi penting yang detail tentang pasien agar bisa memberikan pelayanan yang sesuai.

 

Pekerja Seni

Pekerja seni seperti penyanyi, komedian, dan aktor harus memiliki ingatan yang kuat dalam membawakan materi. Mereka harus mengingat materi, seperti narasi, skrip, atau lirik lagu yang akan dibawakan kepada audiens di atas panggung.

Ingatan yang kuat membuat pekerja seni lebih mudah dalam menjiwai materi yang dibawakan.

 

15 Cara Menghafal dengan Cepat

Berikut adalah cara menghafal dengan cepat agar Anda bisa melakukan pekerjaan dan aktivitas Anda lebih efisien dan efektif. 

 

1. Memahami Metode Mnemonic

Metode mnemonic adalah sebuah praktik yang membuat setiap kata mewakili sebuah informasi. Umumnya, metode ini dilakukan dengan cara dinyanyikan untuk membantu ingatan melalui rangsangan pendengaran. 

Metode mnemonic merupakan salah satu cara menghafal dengan cepat dalam waktu yang singkat paling efektif. Metode ini dipercaya dapat membuat ingatan bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

 

2. Melakukan Pengulangan Spasi

Cara menghafal dengan cepat selanjutnya adalah dengan melakukan teknik pengulangan spasi. Metode pengulangan spasi adalah teknik teknik hafalan untuk mempelajari materi tertentu dengan cara mengulasnya kembali pada lain waktu yang tidak terlalu jauh agar ingatan tersebut tidak pudar begitu saja. 

 

3. Membagi Informasi

Metode ini dikenal sebagai metode chunking atau pohon memori. Metode ini adalah sebuah proses untuk mengklasifikasikan, mencabangkan, dan membagi suatu informasi ke dalam suatu kelompok.

Metode ini merupakan salah satu cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat untuk informasi yang Anda terima.

 

4. Membuat Akronim/Singkatan

Teknik ini merupakan salah satu cara menghafal yang cukup efektif. Anda hanya perlu membuat singkatan dari sebuah kalimat atau informasi yang ingin Anda ingat. 

 

Menuliskan informasi merupakan salah satu metode dasar sebagai cara menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa. Menulis akan membuat otak Anda aktif melalui rangsangan saraf pada gerakan tangan. 

 

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen dalam Perusahaan

 

6. Melakukan Visualisasi

Visualisasi dapat membantu Anda mengingat suatu informasi dengan cepat. Anda bisa menggunakan grafik seperti bagan atau membuat infografis yang mungkin hanya bisa dipahami oleh diri Anda sendiri.

Visualisasi dapat memberi otak Anda ingatan melalui isyarat dari visual itu sendiri. 

 

7. Memfokuskan Pikiran

Memfokuskan pikiran ke informasi yang ingin dihafal adalah salah satu cara menghafal cepat yang bisa Anda lakukan.

Memfokuskan pikiran dapat membuat otak Anda lebih mudah dalam menyerap informasi untuk dihafalkan. 

 

8. Menggunakan Aplikasi

Menggunakan aplikasi dapat memberikan Anda keuntungan untuk menghafal sesuatu lebih efektif terlebih dalam keadaan mendesak.

Aplikasi yang membantu Anda dalam menghafal juga umumnya tidak memakan banyak ruang dan dilengkapi oleh fasilitas yang memadai, seperti penanda dan perekam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

9. Manfaatkan Sticky Notes

Sticky notes merupakan salah satu media yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat.

Anda dapat menuliskan kata-kata atau poin penting terkait suatu informasi, lalu menempelkannya di manapun. Semakin Anda sering melihat catatan ini, maka semakin cepat juga Anda menghafalnya.  

 

10. Membaca dengan Bersuara

Membaca sesuatu dengan suara yang keras atau bisa Anda dengar sangat dianjurkan sebagai cara menghafal yang cepat.

Metode ini tidak hanya membuat Anda mendapatkan informasi secara visual (melalui bacaan), tetapi juga informasi melalui pendengaran dan membuat menghafal jauh lebih efektif dan mudah.

 

11. Memakai Metode Linking

Metode linking adalah metode menghafal yang dilakukan dengan cara bercerita.

Metode ini tak hanya merupakan salah satu cara menghafal dengan cepat dan mudah diingat, tetapi juga unik dan menyenangkan. Anda dapat menciptakan cerita yang lucu, membahagiakan, atau bahkan menyeramkan. 

Anda cukup menyiapkan beberapa informasi yang harus diingat. Seperti contohnya jika Anda harus membeli buku, pulpen, nasi, tempe dan air mineral.

Maka Anda bisa merangkumnya dalam sebuah cerita seperti akan berangkat ke sekolah membawa alat tulis buku, pulpen serta membawa bekal nasi, tempe, dan air mineral dalam tas.   

 

12. Menggunakan Metode Squat Study

Metode squat study adalah metode belajar secara berulang-ulang dalam  melakukan hafalan. Seperti namanya yang serupa dengan gerakan squat di olahraga, metode squat study juga dilakukan dengan cara berulang. 

Proses metode ini dilakukan dengan cara membuka informasi yang ingin Anda hafal, lalu menutupnya. Lalu, Anda bisa menuliskan apa yang ada dalam ingatan Anda ke dalam sebuah kertas dan memeriksanya dengan sumber informasi.

Jika terjadi kesalahan, maka Anda harus mengulangnya kembali.  

 

13. Menggunakan Metode Mille Crepe 

Metode mille crepe adalah metode lanjutan atau metode yang bisa digabungkan dengan metode squat di atas. Metode ini dilakukan dengan cara ‘menumpuk ingatan’ seperti sebuah kue mille crepe yang memiliki banyak lapisan.

Anda dapat menghafalkan sesuatu pada hari ini. Lalu, di hari berikutnya, Anda dapat menghafal hal lain yang masih relevan dengan hafalan selanjutnya.

Lalu, di hari berikutnya tinjau ulang kedua hafalan tersebut. Ulangi prosesnya sampai informasi yang harus Anda hafalkan selesai.

 

14. Menggunakan Teknik Istana Memori 

Teknik istana memori adalah teknik menghafal cepat berupa visualisasi objek yang ingin dihafal sebagai sebuah istana atau bangunan.

Anda dapat membuat setiap bagian bangunan tersebut sebagai perwakilan dari informasi yang ingin Anda hafalkan. Misal bagian jendela adalah hafalan pertama, lalu pintu adalah hafalan kedua, dan seterusnya. 

Kuncinya adalah membuat cerita dari setiap aspek yang ada pada ‘istana’ tersebut untuk menjadi sebuah ingatan yang utuh.

 

15. Membuat Catatan yang Menarik

Cara mengingat dengan cepat yang terakhir adalah membuat catatan yang menarik. Cara ini cocok untuk Anda yang gemar membuat jurnal yang menghubungkan antara tulisan dan gambar.

Membuat catatan yang menarik dapat menjadi cara mengingat dengan cepat dan tidak mudah lupa yang menyenangkan untuk dipraktikan.

Anda bisa menggunakan tinta berwarna, gambar menarik, serta penjelasan yang bisa Anda pahami.

 

Itulah pembahasan tentang cara menghafal dengan cepat yang bisa Anda coba. Pada dasarnya, Anda harus bisa fokus pada saat pihak lain melakukan transfer informasi kepada Anda. Anda juga bisa melakukan catatan penting untuk berjaga-jaga agar tidak lupa dalam mengingat sesuatu.

Kemampuan menghafal cepat sangat bermanfaat jika Anda sudah masuk ke ranah profesional. Menghafalkan informasi dapat memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan dan meminimalisir kesalahan yang bisa berakibat fatal.