absensi online gratis

Lebih Baik Absensi Online Gratis Atau Berbayar?

Seiring berjalannya teknologi, sistem perkantoran tentunya perlu mengikuti peningkatan dan juga kemajuan teknologi. Mulai dari pengelolaan data secara general hingga persoalan pencatatan absensi karyawan. Maka dari itu, tidak heran bila kini banyak sekali layanan yang menawarkan sistem absensi online gratis yang dapat memberikan kemudahan dalam hal pengelolaan data absen karyawan. 

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa embel-embel gratis tentunya memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak perusahaan yang tergoda untuk mengambil tawaran ini secara cuma-cuma.

Meskipun demikian, penawaran sistem absensi karyawan yang gratis tentunya memiliki perbedaan yang signifikan dengan absensi online yang berbayar. 

Seperti yang banyak orang katakan bahwa ada harga maka ada pula kualitas. Hal ini seharusnya dijadikan suatu pedoman bagi perusahaan ketika hendak mengambil keputusan akan penggunaan sistem yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan karyawan.

Padahal, sistem yang berbayar pun tidak ada salahnya untuk diambil karena adanya kualitas yang terjamin sehingga Anda pun tidak perlu repot menanggulangi masalah yang terjadi layaknya penggunaan sistem absensi yang gratis. 

 

Perbandingan Antara Aplikasi Absensi Online Gratis dan Berbayar

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa aplikasi absensi online yang gratis tentunya memiliki kekurangan apabila dibandingkan dengan aplikasi absensi online yang berbayar.

Berikut ini adalah beberapa perbandingan yang perlu Anda ketahui untuk dijadikan pertimbangan ketika memutuskan untuk beralih ke sistem absensi yang online.

 

Fitur

Tidak perlu dijelaskan secara panjang lagi bahwa absensi online yang memiliki embel-embel gratis pastinya memiliki fitur yang terbatas atau bahkan tidak maksimal.

Tidak hanya itu, desain tampilan yang diberikan pada aplikasi ini juga tentunya sangat minimalis dan tidak menarik.

Berbeda dengan aplikasi absensi untuk karyawan yang berbayar pada periode tertentu, fitur yang diberikan sudah dipastikan beragam, mulai dari:

  • Clock in
  • Clock out
  • GPS
  • Hingga payroll pun juga akan terdapat di dalamnya.

 

Tidak sampai sini saja, dengan menggunakan aplikasi yang berbayar pun juga tampilan yang ditampilkan pastinya sangat user friendly dan lebih menarik sehingga karyawan pun akan nyaman untuk menggunakannya setiap hari.

 

Baca Juga: Geotagging Penting Bagi Sistem Absensi Online?

 

Keamanan Aplikasi

Keamanan aplikasi merupakan hal yang sangat amat penting untuk dijadikan pertimbangan utama ketika memilih jenis perangkat lunak yang akan digunakan untuk mengelola data absen karyawan.

Sayangnya, aplikasi absen yang gratis tidak menyerahkan jaminan akan tingkat keamanan yang tinggi sehingga hal ini dapat membahayakan perusahaan. 

Dengan rendahnya keamanan aplikasi, maka bisa saja karyawan nakal dapat memanipulasi data mengenai absensi dan jumlah jam kerjanya yang justru dapat merugikan perusahaan.

Berbeda dengan aplikasi yang berbayar, keamanan yang terdapat di dalamnya pasti sudah diuji berkali-kali sehingga Anda pun tidak perlu lagi khawatir akan adanya kebocoran data baik secara internal maupun eksternal.

Hal ini dikarenakan perusahaan yang menawarkan aplikasi berbayar ini tentunya akan mematok harga yang sesuai dengan proses perakitan atau pembuatan aplikasi tersebut hingga kayak pakai dan juga terjamin keamanannya.

 

Kurangnya Pelayanan Support

Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi, baik yang berbayar maupun gratis tentunya akan mengalami suatu hambatan atau masalah. Hal ini merupakan hal yang normal untuk terjadi selama layanan support selalu tersedia untuk membantu Anda dalam menanggulangi masalah apapun. 

Berbeda dengan aplikasi yang gratis, layanan support tentunya tidak akan selancar aplikasi yang berbayar, sehingga hal ini dapat menimbulkan masalah yang baru dimana aplikasi tidak dapat digunakan sama sekali karena Anda tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya dan developer yang membuat aplikasi ini pun tidak dapat dihubungi untuk menyelesaikan persoalan.

Beda halnya dengan aplikasi berbayar yang selalu menjamin kualitas dan juga pemenuhan tanggung jawab sebagai pihak pertama, sehingga apabila terjadi suatu masalah atau hambatan dalam penggunaan aplikasi absensi karyawan, pihak pertama akan mudah untuk dihubungi dan juga langsung cepat tanggap dalam penanganan masalah yang terjadi.

 

Lancarkan Absensi Karyawan dengan Aplikasi Absensi Online dari LinovHR!

Setelah mengenal perbandingan yang sangat signifikan antara aplikasi absensi online yang gratis dan juga berbayar, kini penting bagi Anda untuk mempertimbangkan perihal pemilihan pihak yang menawarkan aplikasi untuk perusahaan lebih baik lagi.

Hal ini dikarenakan pengelolaan absensi karyawan merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan dengan baik agar pengolahan data absensi dapat melancarkan sistem payroll karyawan.

Apabila pengelolaan data absen karyawan saja sudah berantakan dan terdapat banyak masalah, payroll karyawan pun juga akan terpengaruh.

 

mobile ess

 

Maka dari itu, LinovHR hadir sebagai solusi paling tepat dan anti ribet untuk perusahaan Anda. dengan menggunakan aplikasi absen online dari LinovHR, karyawan akan melakukan clock in dan juga clock out dengan mudah, yang disertai dengan GPS dan juga verifikasi wajah sehingga karyawan tidak dapat memanipulasi data. 

Tidak sampai sini saja, aplikasi absen ini pun juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya yang dapat memudahkan administrasi karyawan, mulai dari leave request, timesheet, dan yang lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung saja beralih ke aplikasi absen milik LinovHR dan tinggalkan aplikasi absensi online gratis yang tidak terjamin kualitas dan juga kegunaannya!