geotagging

Geotagging Diperlukan Untuk Sistem Absensi Online, Apakah Penting?

Tidak bisa dipungkiri lagi, karyawan yang bekerja di luar kantor dan bekerja dari rumah sering mengalami masalah absensi. Perusahaan pun kerap mengalami masalah pengawasan terhadap karyawan mereka. Ini bukan tanpa sebab, karena pengawasannya tidak semudah ketika karyawan bekerja di kantor.

Oleh sebab itu, belakangan ini semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan aplikasi absensi online yang memiliki fitur geotagging di dalamnya. 

Jika Anda bertanya-tanya, seberapa penting geotagging pada sistem absensi online dan bagaimana cara kerjanya, simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya, ya!

 

Mengenal Geotagging dalam Sistem Absensi Online

Geotagging adalah proses penambahan metadata yang berisi informasi geografis tentang suatu lokasi ke dalam peta digital. Data tersebut biasanya terdiri dari koordinat garis lintang dan garis bujur, waktu, serta informasi tambahan lainnya.

Seiring berkembangnya teknologi, geotagging ini telah banyak diimplementasikan ke dalam sistem absensi online

Fitur geotagging ini menjadi jawaban atas masalah absensi karyawan yang bekerja di lapangan atau bekerja di rumah. Dengan sistem geotagging, karyawan yang bekerja di lapangan, dari rumah, atau di kantor cabang dapat melakukan absensi tanpa harus hadir ke kantor.

Para pekerja pun bisa menghemat waktu mereka dan memanfaatkan waktu untuk bekerja lebih optimal.  

Namun, perlu diingat bahwa karyawan hanya bisa melakukan absen di lokasi atau radius yang telah ditentukan oleh perusahaan. Maka, karyawan tidak akan bisa melakukan absensi di luar area toko tersebut.

Walaupun karyawan bekerja dari jarak jauh, dengan adanya geotagging, absensi karyawan dapat dipantau dengan akurat. 

 

Baca juga:  Contoh Laporan Absensi Kehadiran Karyawan

 

Seberapa Penting Geotagging pada Sistem Absensi Online? 

geotagging
geotagging pada sistem absensi online

 

Peran geotagging dalam sistem absensi online sangatlah penting. Terutama jika perusahaan Anda mempekerjakan karyawan yang mengharuskan bekerja di lapangan atau secara remote. Dengan geotagging akan sangat berguna. Perusahaan dapat dengan mudah melacak keberadaan dan memantau kinerja karyawan saat jam kerja. 

Tak hanya itu,terdapat manfaat lainnya dari geotagging yang ada dalam sistem absensi online yang akan sangat memudahkan proses kerja perusahaan. Berikut ini beberapa di antaranya:  

  • Mendukung transparansi. Geotagging memberikan bukti nyata dalam bentuk lokasi dan memperlihatkan bahwa karyawan tersebut berada di lokasi tertentu dan waktu tertentu. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan karyawan tetap bekerja dan berkontribusi pada perusahaan. 
  • Memantau pergerakan karyawan. Perusahaan dapat melacak mobilitas karyawan di luar area kantor saat jam kerja, pengontrolan pun menjadi lebih mudah walaupun terpisahkan oleh jarak. 
  • Mempermudah analisis waktu kerja. Perusahaan juga dapat mengetahui waktu lamanya karyawan tersebut pada suatu lokasi dan pergerakannya di tiap lokasi.
  • Menghindari kecurangan. Tentunya fitur geotagging di absensi online akan memperkecil risiko kecurangan pada proses absensi. Semua proses dilakukan sesuai dengan kebijakan perusahaan, seperti lokasi yang sudah ditentukan dan ditandai di awal, sehingga proses absensi hanya dapat dilakukan di titik tersebut. 

 

Bagaimana Cara Geotagging Bekerja?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, geotagging adalah adalah proses menambahkan informasi geografis tentang konten digital, dalam tag metadata, termasuk koordinat lintang dan bujur, nama tempat dan/atau data posisi lainnya. 

Setelah diberi geotag, seperti foto, gambar, video, situs web, atau posting blog dapat dengan mudah ditampilkan di peta online atau dengan informasi lainnya tentang area atau lokasi dimana seseorang berada. 

Geotagging bekerja dengan GPS (Global Positioning System) melalui perhitungan lintang dan bujur sistem koordinat yang nantinya akan menjadi dasar penentuan titik lokasi yang akan ditandai saat proses absensi berlangsung.

Teknik geotagging foto adalah yang paling umum digunakan. Terdapat dua pilihan dalam foto geotagging, yaitu menangkap informasi GPS saat foto diambil atau “melampirkan” foto untuk memetakan setelah gambar diambil.

 

Aplikasi Absensi LinovHR: Solusi Absensi dengan Sistem Geotagging

 

mobile ess

 

Pada era digitalisasi saat ini, persaingan bisnis semakin ketat dan perusahaan dituntut menjadi unggul dalam memanfaatkan teknologi untuk mengelola sumber daya manusia yang dimiliki, salah satunya perihal absensi karyawan.

Aplikasi absensi LinovHR merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan Anda dalam mengelola absen karyawan. Didukung teknologi terkini, yakni sistem geotagging yang dapat memudahkan Anda dalam memantau karyawan Anda secara akurat. 

Anda tidak perlu khawatir jika terpisahkan karyawan diharuskan melakukan tugasnya di luar kantor, karena dengan fitur maps location yang tersedia di aplikasi absensi LinovHR,  karyawan dapat melakukan absensi dimanapun dan kapanpun sesuai lokasi yang telah ditentukan. 

Pantau absensi karyawan Anda tanpa batas hanya dengan aplikasi absensi LinovHR. Ajukan demo sekarang juga, atau hubungi tim sales kami untuk informasi lebih lanjut.