Apakah Anda Termasuk Tipe Otak Kiri Atau Otak Kanan ?

Anda mungkin suka mendengar orang menyatakan bahwa dirinya adalah “otak kanan” atau “otak kiri”, yang maksudnya adalah dominasi dalam hal keahlian analisis ataupun kreatifitas diri mereka. Namun sebenarnya tahukah Anda dari mana awalnya pemikiran tersebut?

Pada tahun 1960-an, seorang psikologi bernama Roger Sperry dan teman seangkatannya melakukan bedah eksperimen pembelahan otak pada pasien epilepsi. Dengan memotong struktur yang menahan dua belahan otak agar menyatu, mereka menyadari kalau mereka dapat menekan kekejangan yang dialami pasien. Terlebih lagi, setelah atau pasca operasi dilakukan tes kognitif pada pasien ditemukan bahwa dua sisi otak tersebut dapat berfungsi secara mandiri.

Penemuan itu memicu teori tentang laterisasi fungsi otak, dilakukan penelitian dimana satu bagian otak mengatur beberapa kemampuan. Hasilnya? Kebanyakan penelitian menyatakan bahwa sisi kiri dari otak manusia bertanggungjawab untuk bahasa dan logika, sementara sisi kanan mengatur kemampuan bentuk dan tampilan.

Saat kita mau mengkategorikan diri kita sebagai “otak kiri” atau “otak kanan”, sangat naïf kalau kita berpikir dapat mengurangi kompleksitas kedua otak kita serta memilih salah satu bagian otak secara sengaja.

Walau demikian memang ada orang yang mampu mendominasi satu bagian otak atau bahkan keduanya sekaligus. Dan pemahaman akan hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengenali diri sendiri, apa kelebihan maupun kekurangannya sehingga secara jangka panjang Anda akan dapat memilih pekerjaan yang memang didukung oleh kemampuan yang berdasar atas dominasi otak kiri atau kanan sehingga Anda dapat berkembang dan sukses karenanya.

Karena itu kami membuat diagram dibawah ini untuk Anda menentukan manakah otak yang dominan, apakah kiri atau kanan. Anda hanya perlu menjawab pertanyaan secara jujur dan mengikuti arah sejalan dengan jawaban Anda. Perlu saya tekankan bahwa ini hanyalah tes sederhana jadi jangan menentukan sepenuhnya berdasarkan tes berikut ini.

APAKAH ANDA ADALAH OTAK KIRI ATAU OTAK KANAN?

Apakah logika dan penjelasan yang masuk akal yang mendominasi Anda ataukah kreatifitas dan intuisi yang lebih menggerakkan Anda? Ikuti arahan berikut untuk mengetahui lebih dalam apakah Anda lebih dominan ke arah otak kiri atau otak kanan.

right-left-brained-flowchart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>