cemas berlebihan

Cemas Berlebih Mendekati Deadline? Ikuti Tips Mengatasi Berikut Ini!

Para karyawan atau pekerja tidak asing lagi dengan deadline atas tugas dan pekerjaan tertentu. Walau demikian, tak jarang ada pekerja yang mengalami cemas berlebih ketika berhadapan dengan deadline. Alih-alih selesai, pekerjaan justru tak kunjung usai karena rasa cemas tersebut. 

 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Mari simak ulasan dari LinovHR berikut ini! 

Apa itu cemas berlebih?

Memiliki rasa cemas merupakan hal yang normal. Sifat alamiah ini terdapat dalam diri setiap manusia dan sangat wajar, namun bagaimana jika kondisi kecemasan yang dialami sudah berlebihan? Cemas berlebihan adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa cemas tanpa adanya sebab atau pemicu. Cemas berlebihan ini muncul disebabkan karena adanya gangguan kecemasan.

Kondisi ini ditandai dengan adanya rasa khawatir dan takut yang datang secara berlebihan atau terus-menerus. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi kecemasan berlebih ini dapat semakin memburuk dan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Apabila tidak segera ditangani oleh ahlinya, penderita cemas berlebihan dapat mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan menurunnya performa dalam bekerja. Selain itu, penderita juga akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain di sekitar.

 

Penyebab Rasa Cemas Berlebih

Dalam beberapa kasus, kecemasan berlebih kerap kali dialami oleh orang dewasa terutama pada usia di atas 30 tahun. Rasa cemas yang datang dapat disebabkan karena adanya tekanan dari seseorang atau kondisi tertentu. Salah satu penyebab rasa cemas berlebihan yang paling umum adalah deadline pekerjaan yang menumpuk.

Kondisi ini kerap kali dirasakan oleh sebagian orang yang bekerja, terutama yang tinggal di kota-kota besar. Rasa cemas biasanya muncul saat pekerjaan mendekati tenggang waktu deadline. Tentu saja hal tersebut harus segera diatasi, jika dibiarkan begitu saja maka bisa menurunkan performa Anda saat bekerja.

 

Baca juga : Orang Cerdas Cenderung Kurang Bahagia Jika Banyak Bersosialisasi 

 

Cara menghilangkan rasa cemas berlebih

Kecemasan berlebih yang datang karena deadline pekerjaan yang menumpuk dapat dihilangkan dengan beberapa cara seperti dibawah ini:

 

1.   Tenangkan diri

Saat Anda dilandasi rasa cemas berlebihan, cobalah untuk menenangkan diri dan hindari pikiran-pikiran buruk yang datang. Rasa cemas ini dapat menimbulkan reaksi tidak nyaman pada tubuh Anda, seperti berkeringat, sakit perut, jantung berdebar-debar, pandangan kabur, tangan menjadi dingin, dan lain sebagainya. Maka dari itu, cobalah untuk merilekskan tubuh dengan cara melakukan peregangan, mengobrol dengan teman, jalan-jalan sebentar, dan meditasi.

Berbagai cara tersebut dapat membuat tubuh Anda lebih rileks dan nyaman. Selain itu, tarik napas dalam-dalam juga dapat membantu tubuh lebih rileks. Dengan menarik napas dalam-dalam, oksigen yang masuk dapat mempengaruhi kerja sistem saraf sehingga tubuh jadi lebih tenang.

 

2.   Fokus lakukan satu pekerjaan dalam satu waktu

Sebagian banyak orang beranggapan bahwa multitasking merupakan senjata menghadapi deadline pekerjaan yang menumpuk. Nyatanya, hal tersebut justru dapat menguras energi dan tubuh menjadi kehilangan konsentrasi. Pekerjaan yang dilakukan multitasking secara berkelanjutan dapat membuat otak menjadi kelelahan.

Hal tersebut merupakan awal mula pemicu stress sehingga menimbulkan kecemasan berlebih. Oleh sebab itu, usahakan lakukan pekerjaan pada satu waktu. dengan demikian, Anda bisa lebih berkonsentrasi dan pekerjaan pun selesai secara maksimal.

 

Baca Juga: Apakah Multitasking Selalu Efektif? Inilah 8 Dampak Buruk dari Multitasking! 

 

3.   Rajin berolahraga

Cara lain untuk menghilangkan rasa cemas berlebihan adalah dengan rajin berolahraga. Semua orang pasti tahu dan paham jika berolahraga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk tubuh baik fisik maupun psikis. Buat jadwal khusus dalam satu minggu untuk berolahraga. Banyak jenis-jenis olahraga yang dapat membantu menghilangkan stress dan kecemasan akibat deadline, seperti push up, sit up, jumping jack, dan lain-lain.

Dengan berolahraga secara rutin, fisik tidak hanya lebih fit tetapi juga bisa menurunkan kadar hormone stress (kortisol) sehingga tubuh jadi lebih rileks.

 

4.   Tetapkan batasan

Batasan yang dimaksud disini adalah Anda harus bisa memberikan porsi masing-masing baik dalam pekerjaan dan urusan pribadi. Jangan pernah bawa pekerjaan pulang ke rumah karena hal ini dapat mengurangi waktu istirahat dan mampu memicu rasa cemas berlebihan.

 

5.   Istirahat

Cara menghilangkan stress yang paling sederhana adalah istirahat. Tubuh dan otak yang dipaksa terus-menerus untuk menyelesaikan deadline pekerjaan juga dapat mengalami kelelahan. Maka dari itu, siapkan waktu istirahat yang cukup agar rasa cemas dapat dihindari.

 

Rasa cemas berlebihan merupakan fenomena yang sering dialami oleh kebanyakan orang dan salah satu penyebab utamanya adalah deadline pekerjaan. Agar kecemasan berlebih dapat hilang, Anda perlu menerapkan cara-cara di atas dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, hindari multitasking sebagai saat mendekati deadline karena dapat memicu rasa cemas kembali kambuh. Semoga bermanfaat!