odp

Apa itu Officer Development Program? Berikut Pembahasannya

Setiap tahunnya, ada banyak sarjana muda yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan.  Sebelum mendapatkan karyawan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, biasanya perusahaan menyelenggarakan pelatihan pra kerja atau yang biasa disebut Officer Development Program (ODP).

Mengapa demikian? Sebab, terdapat banyak sarjana muda yang melamar kerja tetapi belum memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni. Untuk informasi lebih lengkap,  simak ulasan berikut ini! 

 

Pengertian Officer Development Program (ODP)

Office Development Program atau ODP suatu program pra kerja yang digunakan untuk melatih calon atau kandidat karyawan dalam suatu perusahaan untuk siap menjadi karyawan dengan kualifikasi dan kemampuan khusus. 

Program ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan perbankan atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tetapi, tidak sedikit juga perusahaan swasta melakukan program ini untuk menjaring karyawan baru. Kegiatan ODP dirancang khusus bagi lulusan baru yang masih minim pengalaman kerja tetapi memiliki keinginan yang besar menjadi seorang karyawan.

 

Jenis Pelatihan dalam ODP

Pada officer development program terdapat 2 jenis pelatihan untuk membuat calon peserta menjadi karyawan yang handal. Jenis pelatihan tersebut antara lain: 

 

1. Classical 

Pelatihan tahap classical ini akan mengajak peserta untuk belajar di dalam ruang kelas. Pelajaran yang diberikan seputar pengenalan perusahaan, visi dan misi, hingga pelatihan material perusahaan.

 

software hris

2. On Job Training

Setelah menjalani tahap classical, peserta akan diturunkan langsung ke perusahaan untuk merasakan langsung bekerja menjadi karyawan. Peserta akan bertemu rekan kerja dan juga sosok pemimpin agar dapat melihat langsung alur kerja di dalam perusahaan.

 

Baca Juga: Baru Menjadi Karyawan? Yuk, Kenali Tipe OJT!

 

Daftar Perusahaan Penyelenggara Officer Development Program

Setelah memahami tentang Officer Development Program di atas, berikut ini daftar perusahaan penyelenggara program ODP yang bisa Anda coba.

 

  • Officer Development Program Bank Mandiri

Program ODP yang diselenggarakan oleh PT Bank Mandiri (Persero) ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan dalam beberapa posisi kepemimpinan. Program ini akan dilatih oleh para bankir profesional dimulai dengan kelas intensif dan diikuti oleh pelatihan langsung di tempat kerja.

 

  • Officer Development Program BNI

Program ODP yang diselenggarakan oleh Bank BNI ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja dengan program percepatan kerja. Adapun syarat yang harus dibutuhkan adalah:

  1. S1/S2 dari universitas ternama
  2. Dapat menyertakan TOEFL/IELTS dari institusi ternama
  3. Belum menikah dan siap untuk tidak menikah selama program ODP (1 tahun)
  4. Tidak memiliki hubungan keluarga dengan karyawan BNI

 

  • Officer Development Program Toyota Astra

PT Toyota Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM ini membuka lowongan kerja dan juga bagi Anda yang ingin mengembangkan karir dalam dunia otomotif dengan mengikuti program ODP ini.

Syarat umum yang wajib Anda penuhi untuk mendaftar program ini adalah:

  1. S1/S2
  2. Fasih dalam berbahasa Inggris
  3. Jurusan : Administrasi, Perbankan, Manajemen, atau jurusan yang relevan
  4. IPK minimal 3.00
  5. Maksimal umur 25 tahun
  6. Fasih menggunakan Microsoft Office

 

  • Officer Development Program FIF Group

PT Federal International Finance atau Anda lebih mengenalnya dengan FIF Group merupakan perusahaan pada bidang pembiayaan motor yang tergabung dalam Grup Astra. FIF Group ini membuka dua jenis program yaitu Officer Development Program atau ODP dan juga Management Development Program (MDP).

 

  • Officer Development Program Jasa Marga

Perusahaan asuransi Jasa Marga membuka program ODP untuk para muda-mudi Indonesia. Berikut ini syarat yang bisa Anda penuhi adalah sebagai berikut

  1. Fasih dalam berbahasa Inggris
  2. Integritas dan disiplin tinggi untuk menjadi pemimpin
  3. Dedikasi tinggi dan kemauan untuk belajar yang tinggi
  4. Berasal dari segala jurusan sesuai dengan kebutuhan

 

Baca Juga: 8 Soft Skill Wajib untuk Fresh Graduate Agar Cepat Kerja

 

5 Tips Sukses Ikut Seleksi Officer Development Program

Sebelum mendaftar program ODP ini, ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang agar bisa lolos dalam tahap seleksi. Untuk itu simak 5 tips sukses seleksi Officer Development Program berikut.

 

1. Seleksi Perusahaan

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya Anda mempelajari perusahaan yang akan dilamar. Pastikan syarat-syarat yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria Anda. Karena jika sebagai ODP berhenti sebelum waktu yang telah ditetapkan akan dikenakan sanksi berupa denda.

 

2. Lengkapi CV dan Kemampuan Diri Anda!

Untuk mendaftar program ODP ini secara umum terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi, diantaranya:

  • Minimal IPK 3.00
  • Minimal Tes TOEFL 500
  • Lolos seleksi matematika dasar
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Bisa berpikir secara logis, jujur, dan bisa bekerja dibawah tekanan
  • Siap untuk ditempatkan di mana pun
  • Pernah mengikuti organisasi akan menjadi nilai plus.

Pastikan Anda sudah memenuhi kriteria di atas agar bisa lolos pada seleksi administratif

 

3. Survei Perusahaan Melalui Job Fair

Agar proses pendaftaran program ODP bisa lebih cepat, Anda bisa langsung datang ke Job Fair dibandingkan dengan mendaftar melalui website. Namun, selama pandemi COVID-19 Anda bisa mengunjungi job fair secara virtual yang sering diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan dan perusahaan. 

 

4. Ikuti Tes Tulis dan FGD dengan Cermat!

Sebelum melakukan interview, biasanya perusahaan melakukan tes tertulis seperti tes psikotes, TOEFL, dan Forum Group Discussion. Untuk  itu, jangan lupa untuk sering berlatih agar saat mengikuti tes Anda bisa menjawab dengan benar.

Bila perlu Anda bisa membeli buku tes psikotes atau TOEFL yang bisa didapatkan di toko buku terdekat atau mencari dari sumber internet. 

 

5. Jaga Kesehatan

Setelah melakukan tes tertulis adalah medical check up. Agar bisa lolos dalam tes ini, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengkonsumsi suplemen vitamin. Usahakan Anda juga memiliki tinggi dan berat badan yang proporsional. 

 

Officer Development Program (ODP) banyak dipilih banyak lulusan baru karena menjanjikan jenjang karir yang gemilang. Anda bisa bekerja sekaligus menguasai hal-hal baru. Dengan begitu, kemampuan Anda pun juga semakin berkembang.  Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menembus ODP perusahaan bonafit!