aplikasi daftar hadir online

Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Daftar Hadir Online?

Daftar hadir suatu perusahaan seringkali menjadi masalah yang rawan mengalami  human error. Penggunaan aplikasi daftar hadir online pun digunakan untuk meminimalisir hal tersebut. Namun, efektifkah penggunaan aplikasi daftar hadir online untuk perusahaan?

Apa alasan yang mengharuskan perusahaan menggunakan aplikasi untuk pencatatan kehadiran karyawan?

 

Alasan Perusahaan Perlu Menggunakan Aplikasi Daftar Hadir Online Karyawan

Sejak pandemi COVID-19 tahun lalu, banyak perusahaan yang mengadopsi kerja dari rumah atau work from home bagi para karyawannya. Lalu, bagaimana cara perusahaan memantau dan memastikan karyawannya bekerja dengan baik saat WFH? 

Umumnya perusahaan akan memberlakukan sistem absen seperti saat work from office atau WFO. Tapi bagaimana jika absen biasanya dilakukan fingerprint? Atau harus datang ke kantor? 

Manajemen perusahaan yang baik akan memudahkan karyawan dan setiap bagian di dalamnya. Penggunaan aplikasi daftar hadir online karyawan salah satunya. Beberapa alasan serta manfaat penggunaannya antara lain:

 

Lebih Efektif dan Efisien

Penggunaan aplikasi absensi atau daftar kehadiran tentu akan unggul dalam efektivitas. Karyawan tidak perlu datang ke kantor dan melakukan absen. Absen bisa dilakukan dimana saja sehingga menghemat waktu dan lebih efisien. Apalagi jika suatu perusahaan memiliki staf atau karyawan yang banyak, efisiensi daftar hadir akan sangat diperlukan. 

 

Data Akurat

Seringkali saat melakukan absen, di akhir masa rekapitulasi akan ada saja karyawan yang kehadirannya tidak sesuai dengan absen yang ia lakukan. 

Hal ini kemudian akan menimbulkan masalah karena perusahaan tidak mengetahui letak human error yang ada. Seringnya terjadi kesalahan pendataan seperti ini membuat perusahaan memang harus mempertimbangkan penggunaan absensi atau daftar hadir yang lebih akurat. 

Penggunaan aplikasi untuk absensi di perusahaan akan membantu meminimalisir human error. Kesalahan pendataan umumnya sering terjadi jika absen dilakukan secara manual. Tingkat keakuratannya akan lebih baik jika menggunakan aplikasi. 

 

Baca Juga: Memilih Performance Evaluation System untuk Ukur Kinerja

 

Memudahkan Pemantauan Kerja

Setiap karyawan pasti memiliki pola kerja yang berbeda-beda, penggunaan aplikasi ini akan memudahkan HR memantau pekerjaan karyawan di perusahaan. Aplikasi ini tentu juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawannya. 

Pemantauan secara real time juga memungkinkan untuk dilakukan oleh perusahaan. Melalui pemantauan real time, perusahaan akan lebih mudah mengelola data karyawan dan mengelompokkannya, kehadiran karyawan juga dapat lebih mudah terdeteksi. 

 

Rekap Data yang Lebih Mudah

Absensi atau daftar hadir, izin, waktu kerja dan lain-lain nantinya tentu akan direkap oleh perusahaan, baik secara berkala maupun dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan aplikasi akan memudahkan rekapitulasi data oleh HR. Sehingga HRD tidak perlu kewalahan dan menggunakan cara konvensional ketika hendak merekap absensi. 

 

Fitur yang Memudahkan 

aplikasi daftar hadir online seperti ini umumnya akan memiliki beberapa fitur antara lain pencatatan absensi, pengajuan lembur, cuti, permohonan reimburse, dan lainnya.  Karyawan dapat memanfaatkan fitur ini sehingga tidak perlu membuat surat manual untuk berbagai keperluan. 

 

Baca Juga: Cari Software Payroll Gratis, Memangnya Ada?

 

Kemudahan dari berbagai fitur di atas dapat Anda rasakan melalui aplikasi kehadiran dan absensi dari LinovHR! Kehadiran LinovHR dapat membantu baik karyawan dan HRD dalam mencatatkan kehadiran dan mengelola kehadiran itu sendiri.

Karyawan lebih mudah mencatatkan kehadiran dengan adanya aplikasi daftar hadir online dari LinovHR. Cukup berswafoto untuk mencatatkan kehadiran serta mengakhiri jam kerja di hari itu tanpa perlu antri di mesin fingerprint, kemudian data akan masuk ke sistem dan terpantau oleh HRD. 

Kemudahan macam ini juga memudahkan karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas dan bekerja dari rumah atau work from home. Karyawan bisa mengajukan cuti, izin, dan reimburse secara sistematis hanya dari satu aplikasi. 

Sementara dari sisi HRD, Modul Time Management akan memudahkan pengelolaan absensi atau daftar hadir karyawan. Lalu, HRD juga dapat mengatur dan mengelola jadwal karyawan dengan fitur Time Group. Pengelolaan jadwal ini juga nantinya akan dibandingkan dengan data absensi karyawan yang telah masuk untuk mendapatkan status kehadiran.

Tak hanya itu, pengajuan cuti dan izin yang diajukan dari karyawan juga bisa ditinjau dan di-approve oleh HRD saat itu juga. Semuanya dilakukan dengan lebih praktis dan bisa melalui online. 

 

Sangat mudah dan praktis, ya? LinovHR adalah solusi manajemen kehadiran perusahaan Anda yang lebih efektif dan efisien.

 

Mari cari tahu lebih lengkap tentang manajemen kehadiran serta pencatatan absensi menggunakan modul Time Management & aplikasi daftar hadir online dari LinovHR dengan klik tautan berikut ini!