Arti Noted dalam Dunia Kerja dan Alternatif Penggantinya!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

noted
Isi Artikel

Pada saat bekerja, kita pasti sering menggunakan kata “noted”. Kata noted artinya sendiri adalah sebagai bentuk pengakuan bahwa kita sudah menerima atau mendengar informasi yang diberikan oleh orang lain.

Bahkan istilah satu ini sampai menjadi meme di media sosial. Namun, sebenarnya apakah penggunaan kata tersebut sopan dan tepat di lingkungan pekerjaan? Simak artikel LinovHR untuk mengetahuinya!

 

 

Arti Noted dalam Dunia Kerja

arti noted
Noted dalam Dunia Kerja

 

Noted artinya adalah kata yang biasa digunakan dalam dunia kerja sebagai bentuk pengakuan bahwa kita sudah menerima, mendengar, dan mencatat informasi yang diberikan oleh rekan kerja , leader atau atasan.

Selain itu, para karyawan juga kerap menggunakan well noted, di mana artinya juga telah dicatat dengan baik.

Frasa ini dapat digunakan sebagai pengakuan atas suatu pendapat, atau sebagai bagian dari kalimat. Sebagai contoh, dalam percakapan di grup pekerjaan kita sering mengatakan “Oke, noted bos” saat atasan kita memberikan delegasi tugas atau suatu informasi.

Selain melalui pesan singkat, frasa ini bisa digunakan sebagai satu kalimat yang formal dalam percakapan melalui pesan email.

Seperti “HR ensured that recent complaints were duly noted by the CEO.”

 

Baca Juga: Mengenal Arti Flexing, Istilah yang Sedang Jadi Tren di Gen Z

 

Apakah Menggunakan Kata Noted Itu Kasar?

Penggunaan kata “noted” dalam bahasa Inggris sendiri sebenarnya tidak tergolong sebagai kata kasar, namun konteks dan cara penggunaannya dapat membuat kata tersebut terdengar kurang sopan atau bahkan kasar.

Misalnya, Anda menggunakan kata “ok, noted” dengan cara yang bercanda atau sarkastik untuk mengatakan bahwa menurut Anda ide seseorang tidak relevan atau Anda tidak peduli dengan apa yang mereka katakan.

Penggunaan noted sebagai jawaban yang singkat dan sering kali digunakan secara sarkastik inilah yang membuat penggunaannya terkesan tidak sopan dan meremehkan, walaupun maksudnya mungkin baik.

 

Oleh karena itu, untuk menghindari pengertian yang berbeda di tempat kerja, sebaiknya gunakan kata-kata yang lebih sopan seperti “terima kasih sudah memberi tahu” atau “baik, saya mengerti” jika informasi yang diberikan sederhana dan tidak perlu dicatat. 

Namun, jika memang diperlukan untuk mencatat informasi, sebaiknya gunakan kata “mencatat” atau “saya akan mencatat informasi tersebut”.

Dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan menghindari kata-kata yang dianggap kasar, kita dapat membangun hubungan yang baik dan saling menghormati dengan orang lain.

 

Baca Juga: Tips Memahami Gaya Komunikasi Rekan Kantor Anda

 

10 Alternatif Kata Pengganti Noted 

noted adalah
10 Alternatif Kata Lain

 

Berikut 10 alternatif kata pengganti noted untuk menunjukan bahwa kita sudah memahami atau menerima perintah dengan baik.

 

1. Duly Noted

Ungkapan ini bisa menjadi alternatif pengganti dari kata “noted” karena kata “duly noted” tidak tergolong sebagai kata kasar.

Ketika mengatakan duly noted artinya Anda telah mencatat hal-hal tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

2. I Have Taken Note of This

Pilihan untuk menunjukkan bahwa sesuatu telah dibaca, dipahami dan didokumentasikan adalah dengan mengatakan, “I have taken note of this“.

Ungkapan ini merupakan penegasan langsung bahwa informasi yang diberikan telah dicatat di tempat yang tepat dan akan dipertimbangkan dalam mengambil keputusan terkait dengan masalah yang sedang dibahas.

 

3. Noted with Thanks

Cara yang lebih hangat untuk mengomunikasikan bahwa sesuatu telah dipahami dan dicatat adalah dengan mengatakan “noted with thanks“.

Ini adalah cara yang lebih bagus untuk mengakui bahwa Anda telah menerima informasi yang disampaikan.

 

4. This Will Be Taken Into Consideration

Alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengganti noted adalah “this will be taken into consideration“.

Dengan mengatakan ini artinya bahwa Anda akan secara aktif mempertimbangkan informasi yang telah mereka berikan. 

Hal ini dapat sangat berguna ketika ada keputusan yang harus diambil, dan orang yang Anda tanggapi telah menyumbangkan informasi yang akan bermanfaat saat musyawarah berlangsung.

 

5. I Will Take This On Board

Anda juga dapat menggunakan kata “i will take this on board” yang artinya “saya akan mempertimbangkannya”.

Pada dasarnya, kalimat ini merupakan cara untuk mengatakan kepada lawan bicara Anda bahwa Anda akan mempertimbangkan informasi yang mereka berikan sebagai bagian dari konteks yang lebih besar untuk mengambil keputusan tertentu.

 

6. Kindly Noted

Alternatif lainnya yang bisa digunakan adalah “kindly noted” yang berarti “dengan senang hati dicatat” atau “mohon dicatat”.

Frasa ini juga dapat digunakan saat Anda ingin mengingatkan seseorang untuk tidak melewatkan suatu hal yang penting.

 

7. Message Received

Cara singkat lainnya yang menjelaskan bahwa Anda sudah menerima pesan atau informasi adalah dengan mengatakan “message received“.

Walaupun ini termasuk cara yang singkat untuk memberitahu partner kerja bahwa Anda sudah menerima pesan mereka. Anda harus berhati-hati agar tidak menggunakannya dalam konteks yang tidak tepat, atau mungkin terdengar terlalu singkat, dan karenanya tidak sopan.

 

8. I Will Make A Note Of That

Alternatif yang satu ini bisa Anda gunakan dalam konteks saat seseorang telah memberitahu Anda tentang sesuatu yang mungkin penting dalam proses pengambilan keputusan di masa mendatang.

Misalnya, jika Anda sedang mendiskusikan proyek yang sedang dalam tahap perencanaan awal dan orang yang Anda ajak berkomunikasi memberi tahu Anda tentang sesuatu yang penting untuk diingat pada tahap perencanaan selanjutnya, Anda dapat mengatakan terima kasih, I will make a note of that.

 

9. Our Records Have Been Updated Accordingly

Ini bisa Anda gunakan untuk konteks formal dan spesifik. Sesuatu seperti catatan medis, pemesanan penerbangan, atau pendaftaran pajak, memerlukan pembaruan secara teratur seiring dengan perubahan situasi.

Di konteks seperti inilah Anda bisa menggunakan frasa ini.

 

10. This Has Been Passed On To The Relevant Department

Terakhir, sebagai pengganti kata “noted” Anda juga bisa menggunakan kata “I will pass this on to the relevant department” yang berarti Anda akan meneruskan informasi tersebut pada divisi atau departemen terkait.

Frasa ini bisa digunakan saat seseorang memberikan informasi sesuatu yang relevan dengan departemen tertentu. Sebagai penerima, Anda akan meneruskan informasi tersebut kepada divisi terkait.

Dengan frasa ini, Anda memberikan konfirmasi kepada pengirim pesan bahwa pesan mereka akan diteruskan kepada divisi yang memang paham atau mengerti hal ini.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk berkomunikasi dengan baik di kantor.

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter