Orientasi karyawan baru

Manfaat Program Orientasi Dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

Di dalam perusahaan, perekrutan karyawan baru merupakan hal lumrah. Setelah karyawan baru masuk, maka mereka dikatakan memasuki masa orientasi atau pengenalan. Dalam masa orientasi inilah karyawan baru dikenalkan kepada latar belakang perusahaan supaya karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan mencapai target yang diharapkan.

Pengertian orientasi karyawan adalah suatu program yang dibuat dalam perusahaan untuk memperkenalkan karyawan baru pada tempatnya bekerja, peran karyawan, kehidupan sosial budaya dan lingkungan tempat kerja.

Baca Juga: 7 Kesalahan HRD yang Fatal dan Mematikan dalam Merekrut Karyawan

Jika karyawan baru paham dan mengerti tentang pekerjaan dan lingkungan yang ada di sekitarnya maka ia tidak merasa takut atau rikuh di tempat kerja baru. Ini sangat baik untuk tujuan ke depannya supaya karyawan dapat bekerja fokus dan produktif.

Karyawan baru perlu dikenalkan kepada unit tempat dia akan bekerja maupun unit-unit yang berkaitan. Ini membuat keakraban tersendiri dengan tim yang sudah ada serta mempermudah kerja sama tim.

Beberapa manfaat yang diambil saat orientasi karyawan baru adalah:

1. Mengenalkan Karyawan Baru Dengan Lingkungan Perusahaan

Ini akan membuat karyawan mengetahui apa yang menjadi visi dan misi perusahaan tempat dia bekerja. Jika karyawan tahu visi dan misi perusahaan maka mudah bagi dia bekerja selaras dengan visi misi itu sehingga hasil pekerjaannya akan membuat perusahaan lebih maju lagi. Selain itu karyawan perlu mengetahui tentang lingkungan tempat dia bekerja agar merasa nyaman dan tidak merasa asing dengan rekan kerja.

2. Menyampaikan Informasi Tentang Pekerjaannya

Ini sangat penting bagi karyawan baru untuk mengetahui job description. Supaya karyawan baru ini tidak salah atau bingung dengan tugas yang dia kerjakan. Apalagi jika pekerjaan ini belum pernah dia ambil sebelumnya. Ini akan membantu karyawan baru menjadi percaya diri dan semangat baru di kantor. Semuanya ini diharapkan memberikan produktivitas dalam bekerja.

3. Mengenalkan Karyawan Baru Dengan Unitnya

Mengenal siapa saja yang diajak bekerja sama adalah hal yang baik. Karena dengan mengenal tim maka saat bekerja sama akan lebih padu dan bersemangat karena adanya komunikasi yang baik. Dasar dari segala pekerjaan dan membangun tim adalah komunikasi yang baik. Dengan demikian karyawan baru akan merasa diterima dalam tim barunya.

Karyawan baru juga perlu mengenal tim atau unit lain yang terkait sehingga ke depannya karyawan dapat bersosialisasi baik dengan semua rekan kerja di kantor.

Selain orientasi, pelatihan pekerja baru juga dibutuhkan dengan tujuan memberikan ketrampilan teknis maupun non teknis pekerjaan terkait. Karyawan juga dapat lebih berkembang kemampuannya dan ini akan menghasilkan karyawan-karyawan yang berkualitas. Yang terpenting adalah menghilangkan kesenjangan antara karyawan baru dan karyawan lama.

Manfaat dari pelatihan karyawan baru adalah:

1. Agar Karyawan Baru Lebih Kompeten Dalam Bekerja.

Ini adalah hal yang harus dilakukan perusahaan saat merekrut karyawan baru. Kualitas kerja dari karyawan baru ini lebih cepat sesuai dengan standar perusahaan jika mereka mendapatkan pelatihan kerja yang sesuai.

2. Mengenalkan Karyawan Baru Dengan Teknologi Yang Digunakan

Pekerjaan dan cara kerja di tempat lama mungkin berbeda dengan perusahaan yang baru. Peralatan dan teknologi yang digunakan pun bisa jadi berbeda. Untuk memaksimalkan hasil kerja perlu diberikan pelatihan cara pengoperasian dari teknologi atau mesin yang akan dioperasikan oleh karyawan tersebut.

3. Membantu Karyawan Baru Lebih Percaya Diri Dan Optimis

Efek samping positif yang sangat baik dari pelatihan kerja yang diterima adalah meningkatnya rasa percaya diri. Optimisme seseorang sangat mempengaruhi kinerjanya di perusahaan. Ini juga mengurangi kesenjangan antara karyawan baru dan karyawan lama. Perusahaan harus memastikan agar pembauran antar karyawan ini terjadi dengan alami dan positif.

Dengan adanya program orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru, kinerja dan produktivitas karyawan baru di Perusahaan anda dapat optimal dan sesuai dengan harapan perusahaan. GunakanlahSoftware HRdan Talent Management LinovHR untuk membantu sistem HRD anda jauh lebih baik dan teratur.