prospek kerja teknik kimia

Jurusan Teknik Kimia dan 7 Prospek Kerjanya

Pernahkah Anda mendengar jurusan teknik kimia? Di dalam penerapannya, ilmu teknik kimia berperan di bidang industri, bioproses, pangan, dan sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan lulusan jurusan ini agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja manufaktur.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jurusan dan prospek kerja teknik kimia, LinovHR telah merangkum informasinya dalam artikel di bawah ini. Mari simak artikelnya bersama!

 

 

Deskripsi Teknik Kimia

Teknik kimia adalah ilmu multidisiplin yang mencakup ilmu pengetahuan alam dan bersinggungan dengan ilmu matematika, ekonomi, serta desain. Ilmu ini diimplementasikan dan bermanfaat dalam bidang industri.

Dengan bantuan ilmu teknik kimia, perusahaan manufaktur dapat mengembangkan produk yang ramah lingkungan. 

Jurusan ini adalah jurusan yang nantinya akan mempelajari rekayasa agar dapat menghasilkan produk dengan nilai ekonomi tinggi. Nantinya, lulusan di bidang ini diharapkan mampu mengembangkan teknik produksi. Hal inilah yang membedakan jurusan teknik kimia dengan jurusan kimia murni maupun pendidikan kimia.

Mahasiswa jurusan ini di antaranya akan belajar desain molekuler baru, sintesis, reaksi kimia, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa pengetahuan dan keahlian yang perlu Anda kuasai ketika belajar di jurusan ini:

  1. Kemampuan analisis.
  2. Kemampuan problem solving.
  3. Pengetahuan kimia.
  4. Pengetahuan matematika.
  5. Pengetahuan fisika.
  6. Pemikiran out of the box.

 

Keuntungan Menjadi Lulusan Teknik Kimia

Menjadi lulusan teknik kimia bisa memberikan Anda berbagai keuntungan. Adapun keuntungan menjadi lulusannya di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Saingan Lebih Sedikit

Jurusan ini adalah jurusan yang jarang ditawarkan oleh banyak kampus. Hanya segelintir kampus yang menawarkan jurusan ini. Oleh karena itu, saingan yang dimiliki oleh lulusan jurusan ini lebih sedikit.

 

2. Banyak Dibutuhkan

Karena sedikitnya saingan yang dimiliki lulusan teknik kimia, mereka memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan jika berusaha dengan keras. Selain itu, lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh banyak bidang industri.

 

3. Bisa Terjun ke Industri Minyak dan Gas

Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan untuk memulihkan minyak dan gas dari reservoir. Oleh karena itu, lulusan ini sangat dibutuhkan dan berpeluang untuk terjun ke dalam industri minyak dan gas.

 

4. Bisa Terjun ke Perusahaan FMCG

Seorang lulusan teknik kimia juga dibutuhkan oleh FMCG company karena menguasai kemampuan supply chain management yang baik sehingga dapat menjadi nilai plus untuk masuk ke perusahaan ini.

 

5. Bisa Terjun ke Divisi Penjualan

Selain di bidang teknik, lulusan teknik kimia juga berpeluang menjadi bagian dan bekerja dalam divisi penjualan dan pemasaran untuk memperkuat divisi tersebut. 

 

Baca Juga: Prospek Karier Seorang Lulusan Jurusan Teknik Elektro

 

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Kimia?

Jurusan Teknik Kimia
Sumber: Unsplash by Lucas Vasques

 

Jurusan ini memiliki cakupan ilmu pembelajaran yang cukup luas sehingga prospek kerjanya juga beragam. Sektor migas biasanya menjadi pilihan karier utama lulusan di jurusan ini. 

Selain itu, prospek kerja teknik kimia lainnya juga mencakup perusahaan industri, seperti industri energi terbarukan, pengolahan limbah, pangan, perancangan alat, obat, hingga bekerja di bawah instansi pemerintah.

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang bisa digeluti.

 

1. Industri Tambang dan Minyak

Salah satu prospek kerja yang utama adalah di industri pertambangan dan perminyakan. Sebagai lulusan teknik kimia, mereka memiliki kesempatan untuk bekerja dan ditempatkan di darat maupun laut sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Industri ini dinilai sebagai prospek kerja yang menjanjikan karena gajinya yang terbilang cukup besar. Namun, besar gaji yang diterima juga sebanding dengan risiko serta beban kerjanya.

 

2. Food Scientist

Teknik kimia juga menjadi bidang ilmu yang bersinggungan dengan proses pengolahan makanan dan minuman sehingga lulusan jurusan ini dibutuhkan oleh industri pangan. 

Sebagai lulusan, mereka bertanggung jawab sebagai tim analisis yang meneliti kandungan serta nutrisi bahan makanan sebelum masuk ke dalam proses produksi. Selain itu, food scientist juga bertugas untuk memastikan bahwa hasil produksi sudah sesuai dengan standar. 

Adapun gaji yang bisa diperoleh oleh food scientist dalam satu tahun adalah berkisar Rp976 juta.

 

3. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Lulusan jurusan ini bisa menjadi ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan. Dalam bidang ini, mereka dapat merancang teknologi yang dapat diimplementasikan untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan lingkungan.

Lulusan teknik kimia bisa mendapatkan gaji berkisar Rp1,1 miliar apabila menjadi ahli kesehatan dan keselamatan lingkungan.

 

4. Ahli Kimia

Ahli kimia bisa jadi prospek kerja lainnya. Adapun tugas dari seorang ahli kimia adalah melakukan analisis dan eksperimen kimia secara kuantitatif maupun kualitatif yang berfungsi untuk mengembangkan suatu bahan baku. 

 

5. Staf Research and Development

Dalam perusahaan biasanya terdapat divisi research and development yang bisa diisi oleh lulusan teknik kimia serta memiliki tugas untuk meneliti dan memberikan hasil kredibel untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

 

6. Teknisi Laboratorium

Lulusan juga dapat berkecimpung sebagai teknisi laboratorium untuk memelihara peralatan dan perlengkapan laboratorium serta memastikan segala riset berjalan dengan efisien dan akurat.

 

7. Tenaga Pendidik

Lulusan jurusan ini juga dapat menjadi tenaga pendidik (tendik) apabila ingin meniti karir di bidang pendidikan. Mereka bisa memilih untuk menjadi dosen di perguruan tinggi atau guru kimia di tingkat sekolah menengah atas.

 

4 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Jika ingin menggeluti ilmu ini, Anda dapat memilih universitas berikut yang menawarkan jurusan teknik kimia terbaik di Indonesia.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat.
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur.
  4. Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

 

Itulah penjelasan rinci mengenai jurusan teknik kimia, prospek kerjanya, hingga universitas terbaik yang menawarkan jurusan tersebut. Semoga dengan informasi di atas, Anda semakin yakin untuk belajar teknik kimia dan memilih universitas sesuai dengan keinginan Anda.