20 Aturan dalam Table Manner yang Wajib Anda Ketahui

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Table Manner
Isi Artikel

Berperilaku dengan baik di meja makan adalah tanda kesopanan dan budaya yang dihargai di seluruh dunia. Apakah Anda sedang menghadiri acara formal, makan malam bersama keluarga, atau menghadiri pertemuan bisnis yang penting, menguasai aturan dalam table manner adalah keterampilan yang penting untuk dimiliki.

Dalam artikel LinovHR ini, kami akan membagikan 20 aturan dalam table manner yang wajib Anda ketahui agar Anda dapat berperilaku dengan elegan di meja makan.

 

 

Apa Itu Table Manner

Table manner artinya serangkaian aturan dan etika yang digunakan saat makan di meja. Hal ini mencakup perilaku yang sopan dan tata cara yang benar saat makan.

Etika makan ini mencakup berbagai hal, seperti cara duduk yang benar, penggunaan alat makan, cara mengambil dan menyantap makanan, serta interaksi dengan orang lain di sekitar meja.

Table manner ini penting dalam situasi formal, seperti acara makan resmi atau jamuan, di mana tata krama yang baik dan sopan santun sangat dihargai.

Table manner membantu menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan saat makan bersama, serta menghormati norma-norma sosial yang berlaku.

 

Sejarah Singkat Table Manner

Table manner memiliki sejarah yang panjang dan bermula dari zaman kuno. Namun, dalam konteks yang lebih modern, sejarahnya dapat ditelusuri kembali ke era Raja Louis Perancis pada abad ke-17.

Pada masa itu, Raja Louis XIV terkenal dengan kebiasaannya mengadakan jamuan makan yang mewah dan mengundang para bangsawan.

Jamuan makan ini menjadi acara penting dalam kehidupan istana dan memiliki aturan-aturan tertentu yang harus diikuti oleh para tamu.

Raja Louis XIV memperkenalkan konsep meja makan yang teratur dan etika yang ketat dalam menyantap makanan. Ia memperkenalkan peraturan seperti penggunaan alat makan, seperti sendok, garpu, dan pisau, serta menggunakan serbet untuk membersihkan mulut dan tangan.

Seiring berjalannya waktu, table manner adalah hal relevan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Etika makan dianggap sebagai tanda kesopanan dan penghormatan terhadap makanan dan orang lain yang hadir di meja makan.

Prinsip-prinsip seperti menggunakan alat makan dengan benar, tidak bersuara saat makan, mengunyah dengan mulut tertutup, dan menjaga postur tubuh yang baik saat makan, menjadi bagian dari adab makan yang umum dihormati.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Komunikasi Bisnis

 

20 Aturan dalam Table Manner

Terdapat 20 aturan dalam table manner yang perlu Anda ketahui. Terutama bila Anda sering mengikuti jamuan makan untuk kepentingan bisnis. Berikut 20 aturan dalam table manner adalah:

 

  1. Pahami Jenis Restoran

Pahami dengan baik jenis restoran yang dikunjungi. Setiap restoran memiliki aturan dan norma yang berbeda, jadi penting untuk menyesuaikan perilaku dan etika sesuai dengan konteksnya.

 

  1. Gunakan Pakaian Sopan dan Rapi

Pakaian Sopan dan Rapi
Pakaian Sopan dan Rapi

 

Kenakan pakaian yang rapi dan sopan saat makan di restoran. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu santai atau tidak pantas untuk suasana restoran.

 

  1. Pahami Penggunaan Alat Makan

Ketahui cara menggunakan alat makan dengan benar. Jika tidak yakin, perhatikan penggunaan alat makan oleh orang lain di sekitar Anda atau bertanya kepada pelayan.

 

lihat menu
lihat menu

 

Jika Anda tidak yakin tentang menu atau ingin mencoba sesuatu yang baru, mintalah rekomendasi kepada pelayan. Mereka biasanya memiliki pengetahuan tentang hidangan yang disajikan dan dapat memberikan saran yang baik.

 

  1. Pahami Topik Perbincangan

Selama makan, penting untuk memahami dan mengikuti topik pembicaraan yang sedang dibicarakan. Hindari mengganggu percakapan orang lain atau terlalu banyak bercakap-cakap sendiri.

 

  1. Gunakan Serbet

Gunakan serbet yang tersedia untuk membersihkan mulut atau tangan saat makan. Ini membantu menjaga kebersihan pakaian dan kebersihan meja.

 

  1. Memotong Makanan Menjadi Beberapa Bagian

memotong makanan
memotong makanan

 

Jika makanan yang disajikan terlalu besar, potong menjadi beberapa bagian. Saat melakukannya, gunakan pisau dan garpu dengan benar untuk memotongnya menjadi satu atau dua bagian sehingga lebih mudah dimakan.

 

  1. Hindari Meniup saat Makan

Hindari meniup makanan yang masih panas atau meniup makanan dari sendok atau garpu. Biarkan makanan menjadi sedikit dingin atau menunggu agar tidak terlalu panas sebelum dimakan.

 

  1. Arahkan Sendok Menuju Mulut, Jangan Sebaliknya

Saat menggunakan sendok, arahkan sendok ke arah mulut Anda, bukan sebaliknya. Jangan membungkuk ke depan untuk mencapai sendok dengan mulut Anda.

 

  1. Menyendok Makanan dari Arah Dalam

Ketika menyendok sup, arahkan sendok ke arah dalam mangkuk sup dan angkat sendok ke arah mulut Anda. Hindari membawa mangkuk sup ke mulut Anda atau meniup sup untuk mendinginkannya.

 

  1. Jangan Mengecap

Hindari mengunyah makanan dengan mulut terbuka atau mengeluarkan suara keras saat makan. Menjaga kebersihan dan kesunyian saat makan adalah tanda etika yang baik.

 

  1. Hindari Membuat Suara yang Mengganggu

Usahakan untuk makan dengan tenang dan menghindari membuat suara bising yang mengganggu orang di sekitar Anda. Hindari menggesekkan piring atau alat makan dengan keras dan berbicara dengan suara yang wajar.

 

  1. Jangan Menelepon, Jika Terpaksa Izinlah

Selama makan di restoran, hindari menelepon atau menggunakan ponsel secara berlebihan. Berikan perhatian penuh kepada teman-teman atau partner yang ada di meja dan hargai momen bersama.

 

  1. Tutup Mulut ketika Menggunakan Tusuk Gigi

Ketika menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di gigi, tutuplah mulut Anda dengan tangan atau serbet agar tidak terlihat oleh orang lain. Ini adalah tindakan sopan yang menghormati orang di sekitar Anda.

 

  1. Tutup Mulut ketika Minum Wine

Saat menikmati wine, penting untuk menutup mulut saat meminumnya. Hindari mengedipkan atau menjulurkan lidah ke gelas saat minum. Ini adalah sikap yang sopan saat menikmati wine.

 

  1. Panggil Pramusaji saat Menumpahkan Makanan

Jika Anda tidak sengaja menumpahkan makanan atau minuman di atas meja, panggil pramusaji atau pelayan untuk membersihkannya. Jangan mencoba membersihkannya sendiri dengan tisu atau serbet.

 

  1. Hindari Membawa Anak-Anak

Jika restoran memiliki suasana yang lebih formal atau dewasa, sebaiknya hindari membawa anak kecil. Beberapa restoran mungkin memiliki kebijakan tentang usia anak yang diizinkan masuk.

Pastikan untuk menyesuaikan keputusan Anda dengan suasana dan jenis restoran yang Anda kunjungi.

 

  1. Hindari Kebiasaan Makan di Rumah

Ketika makan di restoran, hindari membawa kebiasaan makan yang tidak pantas seperti menggosok gigi, menggaruk-garuk kepala, atau mengumbar makanan di meja. Tampilkan perilaku yang sopan dan sesuai dengan norma-norma restoran.

 

  1. Biarkan Piring di Atas Meja Seusai Menyantap Makan

Setelah selesai makan, biarkan piring Anda di atas meja. Jangan mencoba membersihkan atau mengambil piring Anda sendiri ke dapur. Pelayan akan menghapusnya saat waktu yang tepat.

 

  1. Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Setelah makan, sampaikan ucapan terima kasih kepada pelayan atau staf restoran yang telah melayani Anda. Menghargai keramahan dan pelayanan mereka adalah sikap yang sopan dan menghormati.

Dengan mengikuti aturan ini, kita menunjukkan rasa sopan santun, menghargai pelayanan yang diberikan, dan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk semua orang yang berada di meja makan.

Etika meja juga mencerminkan kesadaran kita akan kebersihan, penampilan yang rapi, serta sikap yang sopan dan menghormati.

Dengan menjaga etika meja yang baik, kita dapat meningkatkan hubungan sosial dan kesan positif terhadap diri sendiri.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter