Rumus Produktivitas: Cara Cepat Hitung Produktivitas Kerja

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Seperti yang sudah kita ketahui, produktivitas memegang peranan yang penting di dalam sebuah bisnis. Semakin tinggi tingkat produktivitas karyawan, maka akan semakin tinggi juga dampak yang dihasilkan.

Karena sifatnya yang begitu penting, mayoritas perusahaan akan melakukan pengukuran terhadap produktivitas karyawan secara berkala. Kriteria penilaian akan didasari oleh beberapa faktor, salah satu indikator yang sering digunakan yaitu output yang dihasilkan oleh karyawan.

Sejatinya, terdapat sebuah rumus produktivitas yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan pengukuran pada produktivitas karyawan, terutama dalam hal produksi.

Dalam pembahasan ini, LinovHR akan menjelaskan cara lengkap mengukur produktivitas karyawan menggunakan rumus produktivitas. Simak penjelasan lengkapnya LinovHR, ya!

 

Rumus Produktivitas Kerja

Tujuan dari dilakukannya sebuah pengukuran terhadap produktivitas kerja yaitu guna mengetahui efektivitas dan juga efisiensi karyawan. Semakin tinggi produksi yang dihasilkan, maka semakin tinggi juga tingkat produktivitasnya.

Berikut ini adalah rumus produktivitas kerja yang umum untuk digunakan:

 

Produktivitas = output ÷ input

 

Contoh Penghitungan Rumus Produktivitas Kerja

Untuk memudahkan Anda dalam memahami rumus produktivitas kerja.

Berikut adalah contoh perhitungan produktivitas yang bisa Anda simak:

Toko roti X menggunakan 150 kg tepung sebagai input untuk menghasilkan roti dengan volume produksi mencapai 100 kg.

Selama 4 bulan ke depan, toko roti X masih menggunakan 150 kg tepung sebagai input, tetapi jumlah roti yang dihasilkan bertambah menjadi 120 kg.

Berdasarkan data di atas, maka perhitungan produktivitasnya yakni

 

(perhitungan bulan pertama)

Produktivitas = output ÷ input

Produktivitas = 100 kg ÷ 150 kg

Produktivitas = 0,66 atau 66%

 

(perhitungan bulan keempat)

Produktivitas = output ÷ input

Produktivitas = 120 ÷ 150

Produktivitas = 0,8 atau 80%

 

Berdasarkan perhitungan yang ada di atas. Perusahaan mengalami peningkatan produktivitas pada bulan keempat yaitu dari 66% menjadi 80%.

Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan terjadi sebanyak 14% dengan jumlah input yang sama yaitu 150 kg tepung.

 

Baca Juga: Tingkatkan Kinerja dengan Menerapkan Manajemen Produktivitas

 

Pentingnya Penghitungan Rumus Produktivitas Kerja

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, mengapa penting untuk menghitung produktivitas kerja di perusahaan?

Perlu untuk diketahui, bahwa menghitung produktivitas kerja dapat memudahkan perusahaan untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mengalami keuntungan atau bahkan kerugian.

Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis yaitu memperhitungkan modal atau biaya yang dikeluarkan. Salah satu biaya paling besar yang biasanya dimiliki perusahaan yaitu biaya tenaga kerja.

Tingkat produktivitas kerja yang tinggi akan mempengaruhi biaya operasional perusahaan. Semakin tinggi produktivitas, maka akan semakin rendah biaya operasionalnya. Dengan kata lain, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Tak hanya itu, produktivitas yang tinggi juga akan meningkatkan jumlah barang dan jasa yang dihasilkan. Hal ini tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi perusahaan untuk jangka waktu yang panjang.

Produktivitas juga dapat menaikkan stok dalam jangka pendek, sehingga harga barang dan jasa yang beredar di masyarakat akan turun dan lebih terjangkau. Dampaknya, barang dan jasa lokal akan menjadi lebih kompetitif di pasar internasional dan meningkatkan ekspor.

 

Tingkatkan Produktivitas Karyawan Bersama Software HRIS LinovHR

 

software hris

 

Tidak bisa dipungkiri lagi, produktivitas karyawan jadi poin penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Ini karena produktivitas akan sangat berpengaruh kepada pencapaian dan kinerja perusahaan. Perusahaan juga harus memahami bahwa sejatinya produktivitas karyawan adalah suatu efektivitas biaya tenaga kerja dalam suatu periode waktu tertentu.

Artinya, Anda bisa mengetahui berapa banyak pekerjaan yang dihasilkan dalam satu waktu tertentu.

Dengan pengukuran produktivitas, perusahaan juga bisa mengetahui hubungan antara jenis nilai produktivitas yang diterapkan dan berbagai produktivitas yang ada.  

Tentu ini sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk dapat meningkatkan produktivitas karyawan agar dapat bekerja dengan baik sehingga biaya tenaga kerja yang dikeluarkan perusahaan dapat semakin efektif.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk dapat meningkatkan produktivitas karyawan, salah satunya dengan membuat sistem kerja yang lebih efektif dengan mengadopsi teknologi.

Teknologi seperti software HRIS LinovHR akan sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas karyawan, dengan berbagai modul yang dapat membantu perusahaan dalam melakukannya, salah satunya yaitu Performance Management.

Melalui modul Performance Management, perusahaan dapat mengelola kegiatan yang berhubungan dengan manajemen kinerja karyawan, seperti penentuan target kerja, penilaian kinerja, hingga pembuatan laporan hasil review karyawan, dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat.

Tak hanya itu, perusahaan juga dapat membuat jadwal kerja dengan aplikasi absensi dari LinovHR serta membuat jobdesk yang jelas sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan modul Organization Management.

Jadwal kerja yang baik, serta jobdesk yang sesuai dan jelas, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan.

 

Menariknya, Anda dapat mencoba demonya secara GRATIS, lho!

 

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru