pekerja kantoran

Pekerja Kantoran VS Pekerja Lapangan, Mana yang Lebih Baik?

Seiring berkembangnya zaman, kini banyak muncul jenis profesi atau pekerjaan baru yang, baik untuk pekerja kantoran maupun pekerja lapangan. Dengan adanya fenomena ini, pelamar kerja memiliki banyak peluang dan kesempatan untuk mencoba berbagai jenis profesi sesuai passion dan minatnya. 

Jenis kerja kantoran yang cukup populer saat ini adalah staff HRD, Web Developer, Akuntan, Social Media Specialist, Digital Marketing, dan lain sebagainya.

Sedangkan jenis kerja lapangan cukup diminati banyak orang adalah event organizer, sales, fotografer, sampai pekerja di tambang minyak. 

Sebenarnya, mana yang lebih baik di antara kedua pekerjaan tersebut? 

 

Kelebihan Kerja Kantoran

Kerja Kantoran
Kerja Kantoran

Jika Anda suka dengan pekerjaan yang statis dan jadwal kerja yang teratur maka menjadi pekerja kantoran adalah pilihan yang tepat.

Berikut sejumlah kelebihan kerja kantoran: 

 

  • Manajemen Waktu Teratur

Salah satu hal paling bermanfaat yang diajarkan oleh lingkungan kantor kepada Anda adalah manajemen waktu.

Kantor biasanya memiliki jam tetap untuk bekerja, makan siang, dan coffee break. Begitu Anda menjadi karyawan salah satu perusahaan, maka karyawan akan mendapatkan jadwal kerjanya.

Dengan begitu, perlahan pikiran Anda akan mulai berproses sesuai dengan jam kerja yang diatur sehingga Anda akan belajar tentang menjaga ketepatan waktu. 

 

  • Bekerja dalam Tim

Menjadi bagian dari sebuah proyek perusahaan bersama dengan tim akan meningkatkan kreativitas Anda, serta mengembangkan keterampilan kolaboratif dan sosial.

Di kantor, Anda dapat berinteraksi dan bekerja berdampingan dengan rekan kerja yang lain, hal ini bisa membantu Anda menjauh dari rutinitas kerja yang statis. Selain itu, bekerja di kantor pun dapat meningkatkan produktivitas.

 

  • Membangun Link dan Relasi Baru

Tenggelam dalam rutinitas kerja sehari-hari dengan banyak orang di sekitar dapat bermanfaat bagi Anda di masa depan.

Sebab, hal tersebut memungkinkan Anda untuk memperoleh relasi baru yang dapat membantu Anda dalam jangka panjang menemukan peluang kerja baru. Selain itu, berinteraksi dengan profesional lain di kantor dapat menguntungkan Anda ketika ingin membangun bisnis baru atau membuat proyek pribadi. 

 

  • Belajar Berperilaku di Depan Orang Lain

Kelebihan lainnya sebagai pekerja kantoran adalah Anda memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana berperilaku di hadapan orang lain.

Ketika Anda dikelilingi oleh sekelompok orang di kantor, Anda secara otomatis menjadi waspada dan sadar akan diri sendiri. Hal ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk belajar tentang hubungan dengan rekan kerja. Selain itu, keterampilan komunikasi dan interpersonal Anda juga ikut meningkat. 

Baca Juga: 10 Kiat Meningkatkan Interpersonal Skill 

 

Kekurangan Kerja Kantoran

Setelah mengetahui kelebihannya, kerja kantoran tentu tidak selalu berdampak positif pada diri Anda. berikut kekurangan sebagai pekerja kantoran:

 

  • Banyak Distraksi

Bekerja di kantor bersama dengan banyak orang tentunya mengakibatkan terjadinya komunikasi dengan intensitas yang tinggi, yang mana dapat menciptakan lingkungan kerja yang bising.

Lingkungan kerja dengan tingkat kebisingan yang tinggi mungkin dapat mengganggu konsentrasi pekerja sehingga dapat menurunkan produktivitas.

 

  • Kurangnya Privasi

Sejumlah karyawan memiliki kepribadian yang tidak terlalu ekstrovert sehingga mungkin mereka tidak terlalu suka bekerja dalam tim.

Hal tersebut dapat menjadi masalah jika karyawan yang lebih introvert bekerja di ruang kantor yang terbuka karena karyawan mungkin akan merasa tidak nyaman. 

 

  • Meningkatkan Stress dan Kecemasan

Ketika bekerja di kantor, karyawan mungkin akan merasa lebih dibawah tekanan, baik oleh atasan atau rekan kerja Anda sendiri. Hal tersebut dapat mengakibatkan Anda menjadi stres di tempat kerja sehingga menurunkan produktivitas dan kapasitas Anda dalam bekerja.

 

  • Membuat Tegang

Efek samping lainnya dari bekerja di kantor adalah membuat mata karyawan menjadi tegang. Hal ini dikarenakan Anda harus melihat layar komputer secara menyeluruh dan terus-menerus. Tentunya aktivitas tersebut dapat merusak penglihatan Anda dalam jangka panjang atau membuat Anda memakai kacamata. 

 

  • Tubuh Tidak Banyak Bergerak

Salah satu kekurangan menjadi pekerja kantoran adalah tubuh jarang bergerak karena karyawan harus duduk di meja kerja setiap sepanjang hari untuk menyelesaikan proyek atau pekerjaan.

Aktivitas rutin yang buruk ini dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat dan Anda jadi lebih malas untuk bergerak.

 

Baca Juga: Mana Lebih Baik Antara Perusahaan Startup dan Corporate? 

 

Kelebihan Kerja Lapangan

Kerja Lapangan
Kerja Lapangan

Bagi Anda yang berminat untuk menjadi pekerja lapangan, mungkin beberapa kelebihan dibawah ini dapat menjadi pertimbangan untuk Anda saat melamar pekerjaan:

 

  • Peraturan Perusahaan Tidak Terlalu Ketat

Salah satu kelebihan bekerja di lapangan adalah peraturan yang dibuat oleh perusahaan tidak seketat ketika bekerja di kantor.

Misalnya, ada keperluan mendadak yang harus Anda urus langsung, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapat izin untuk menyelesaikan masalah tersebut karena kebetulan Anda sudah berada di luar kantor. 

 

  • Waktu Kerja Lebih Fleksibel

Berdasarkan UU Cipta Kerja Tahun 2020 tentang Waktu Kerja, standar waktu kerja setiap karyawan adalah 40 jam per minggu. Namun, hal tersebut tidak terlalu berlaku bagi seorang pekerja lapangan. 

Sebab, karyawan yang bekerja di lapangan memiliki waktu kerja yang tidak menentu, waktu kerja bisa lebih singkat tetapi bisa juga lebih panjang tergantung dengan situasi di lapangan.

Oleh karena itu, waktu kerja bagi untuk pekerja di lapangan dapat dikatakan lebih fleksibel dibandingkan yang bekerja di kantor.

 

  • Mendapatkan Banyak Benefit dan Bonus

Karyawan yang bekerja di lapangan biasanya bekerja dengan target.

Misalnya, seorang Sales akan mendapatkan lebih banyak bonus atau insentif apabila berhasil mencapai atau melebihi target yang telah ditetapkan oleh atasan. Berbeda dengan field engineer, bonus atau insentif yang mereka terima tergantung dengan durasi kerja mereka di lapangan. 

 

  • Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Salah satu manfaat dari bekerja di lapangan adalah membantu Anda meningkatkan keterampilan interpersonal karena Anda bertemu dengan banyak orang baru. 

Dengan bekerja di lapangan, Anda dapat memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan banyak individu yang memiliki beragam latar belakang yang berbeda, sehingga bisa menambah ilmu dan wawasan Anda. Semakin sering Anda berinteraksi dengan orang baru maka tanpa disadari keterampilan interpersonal Anda ikut meningkat. 

 

Kekurangan Kerja Lapangan

Meski kerja lapangan memiliki banyak manfaat positif bagi Anda, tentu tetap ada sejumlah kekurangan dari kerja lapangan seperti berikut ini

 

  • Mengesampingkan Kenyamanan

Salah satu kekurangan dari kerja lapangan adalah karyawan harus siap untuk mengesampingkan kenyamanan.

Sebab, karyawan harus menghadapi teriknya sinar matahari, kemacetan lalu lintas, polusi, debu, hujan, dan lain sebagainya. Melihat hal itu semua, kenyamanan pastinya bukan lagi menjadi prioritas bagi pekerja lapangan. 

 

  • Jarang Bertemu Keluarga

Walaupun karyawan yang bekerja di lapangan umumnya mendapatkan bonus atau insentif yang lebih besar, tentu saja ada hal yang harus dikorbankan yakni waktu kumpul bersama keluarga di rumah.

Target dan load pekerjaan yang banyak menuntut karyawan harus lebih banyak berada di luar rumah untuk mencapai target yang telah ditetapkan. 

 

Mana yang Lebih Baik Antara Kerja Kantoran & Lapangan? 

Setelah menyimak kekurangan dan kelebihan diatas, baik menjadi pekerja kantoran maupun pekerja lapangan tidaklah semudah yang dibayangkan.

Sebab, setiap jenis pekerjaan memiliki tingkat resikonya masing-masing. Jika Anda lebih suka bekerja dengan rutinitas yang statis dan lingkungan kerja yang nyaman, maka kerja kantoran adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda suka tantangan dan senang bertemu dengan banyak orang baru, maka Anda dapat memilih kerja lapangan.

Jadi, penting untuk menyesuaikan menyesuaikan jenis pekerjaan yang diambil dengan minat dan kemampuan. Mana yang cocok bagi Anda, kerja kantoran atau lapangan? 

 

Referensi:

https://www.viccarbe.com/spaces/advantages-disadvantages-of-working-office-work/