Bagaimana Sikap Kita Saat Melakukan Wawancara? Simak Tips Berikut ini!

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Bagaimana sikap kita saat melakukan wawancara
Isi Artikel

Wawancara kerja merupakan salah satu proses yang harus Anda lewati saat melamar pekerjaan dan menjadi hal yang menegangkan bagi sebagian orang. Tak jarang, banyak yang tidak lolos pada saat wawancara.

Jika Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Inilah saatnya kita berkaca bagaimana sikap kita saat melakukan wawancara?

Simak artikel ini untuk mengetahui hal-hal yang harus dilakukan agar sesi wawancara Anda berjalan lancar. 

 

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Wawancara 

Apa yang Anda lakukan sebelum wawancara sangat penting untuk penampilan Anda secara keseluruhan. 

Beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mempersiapkan diri sebelum wawancara adalah mampu menjelaskan kekuatan dan kelemahan lebih lancar, meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan diri selama sesi wawancara.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan sebelum sesi wawancara?

 

Research

Sebelum melakukan wawancara, lakukan research yang mendalam pada perusahaan yang Anda tuju, mulai dari sejarah, visi, dan misinya. Untuk mempermudah, Anda dapat memeriksa situs web resmi mereka terlebih dahulu, lalu pindah ke sumber lain. Ulasan klien, pelanggan, atau karyawan juga dapat Anda jadikan bahan research. 

Pelajarilah hasil research Anda secara berulang untuk mempersiapkan diri menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan. Buktikan pada interviewer bahwa Anda telah memiliki niat yang besar untuk menjadi bagian perusahaan dengan mengenal secara dalam perusahaan itu.

Tak hanya perusahaan, Anda juga harus melakukan research tentang orang perusahaan yang mungkin mewawancarai Anda. Anda bisa melakukannya dengan mengecek profile LinkedIn mereka. 

 

Simulasi Wawancara

Temukan seseorang yang Anda percaya atau yang memiliki pengalaman dalam wawancara untuk melakukan simulasi wawancara. Beri mereka serangkaian pertanyaan untuk diajukan terkait dengan peran Anda.

Minta mereka untuk mengajukan pertanyaan tambahan juga tanpa memberi tahu Anda. Di akhir wawancara, mintalah saran apa yang harus diperbaiki untuk meningkatkan penampilan Anda. 

 

Menyiapkan Pertanyaan

Di akhir wawancara, sebagian besar interview memberi kesempatan bertanya kepada orang yang diwawancarai. Memiliki pertanyaan yang disiapkan di akhir seringkali menunjukkan bahwa Anda memiliki minat yang lebih besar pada peran tersebut dan ingin belajar lebih banyak tentang perusahaan. 

Jika Anda sedang berpikir bagaimana cara menyampaikan pertanyaan dalam wawancara, cobalah persiapkan beberapa pertanyaan seperti:

  • Seperti apa budaya perusahaan ini?
  • Apakah ada peluang untuk berkembang dalam posisi ini?
  • Bagaimana perusahaan mengukur kinerja karyawan?

 

Istirahat dan Makan yang Cukup

Pastikan Anda istirahat dengan cukup di malam hari sebelum wawancara. Selain istirahat, isi energi Anda dengan makan makanan yang sehat sebelum wawancara Anda, seperti roti gandum, sayur dan sebagainya.

Dengan istirahat dan makan yang cukup, Anda akan memiliki banyak energi esok harinya sehingga Anda akan lebih fokus saat menjawab pertanyaan. 

 

Menyiapkan Dokumen

Meskipun mereka memiliki resume atau dokumen penting lainnya tentang Anda dalam bentuk soft file, sebagian interview lebih suka mengecek salinan fisik selama wawancara. Jadi, persiapkan saja dengan mencetak beberapa salinan dari dokumen-dokumen penting Anda sebelum wawancara. 

 

Cari Tahu Rute Menuju Kantor 

Anda bisa menggunakan aplikasi pada smartphone Anda untuk memantau lalu lintas lokal dan memetakan rute tercepat ke tempat wawancara atau kantor yang dituju. Pertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dan sisakan waktu sebanyak itu untuk sampai di sana sebelum berangkat.

 

Datang Tepat Waktu 

Datanglah tepat waktu. Jangan sampai dan jangan juga terlalu awal. Jika mereka meminta Anda untuk tiba di sana 15 menit sebelum wawancara untuk mengisi dokumen, tibalah di sana 25 menit lebih awal.

Perusahaan akan menghargai ketepatan waktu Anda. Ini juga akan memberi Anda waktu luang untuk mengulas kembali apa yang telah Anda pelajari. 

 

Baca Juga: Sulit Membaur di Tempat Kerja? Inilah Cara Beradaptasi di Lingkungan Baru!

 

Hal yang Harus Dilakukan Selama Wawancara 

Setelah mempersiapkan diri sebelum wawancara, sikap yang tepat saat melakukan wawancara adalah hal yang harus dipahami dengan jelas. Perhatikanlah beberapa hal berikut ini agar wawancara Anda dapat berjalan dengan sukses.

 

Bahasa Tubuh

Penting untuk menyadari kesan non-verbal seperti jabat tangan, kontak mata dan gerakan mata, postur, dan ekspresi wajah dan tangan Anda menyampaikan lebih banyak hal dari apa yang kita komunikasikan datang secara verbal.

Tampilkan bahasa tubuh yang percaya diri dan mudah dipahami sejak Anda memasuki gedung. Sebelum wawancara, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan untuk mengelola perasaan cemas dan mendorong kepercayaan diri. 

 

Bersikap Jujur 

Jawablah pertanyaan yang diajukan dengan jujur. Meskipun tampak menggoda untuk memperindah keterampilan dan prestasi Anda, interviewer sangat menjunjung tinggi kejujuran. Fokus saja pada kekuatan utama Anda dan mengapa latar belakang Anda membuat Anda secara unik memenuhi syarat untuk posisi tersebut. 

Jangan coba-coba berbohong, sebab HR biasanya akan melakukan background check untuk memastikan kebenaran yang diutarakan kandidat. 

 

Jawaban To-The-Point

Jaga agar jawaban Anda tetap singkat dan fokus. Hindari penjelasan yang bertele-tele. Dalam menjawab pertanyaan, penting bagi Anda untuk mengaitkan latar belakang Anda dengan pekerjaan dengan memberikan contoh solusi dan hasil yang telah Anda capai.

Gunakan setiap kesempatan untuk memperlihatkan bahwa Anda memenuhi persyaratan yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan.

 

Jangan Berbicara Negatif tentang Atasan Anda Sebelumnya 

Perusahaan ingin mempekerjakan seorang problem solver yang dapat mengatasi situasi sulit. Jika Anda merasa kesulitan atau bahkan mengalami konflik di perusahaan sebelumnya, jangan pernah menceritakannya dalam nada negatif.

Sebaiknya, tunjukkan apa yang bisa Anda kerjakan dan bagaimana inovasi Anda di tempat sebelumnya. 

 

Baca Juga: Atasi Miskomunikasi di Lingkungan Kerja dengan Lakukan Hal Ini! 

 

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Wawancara

Terlepas dari bagaimana hasilnya, Anda harus optimis setelah melakukan wawancara. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah wawancara.

 

Catat Hal-Hal Penting

Setelah bersantai sehabis wawancara, carilah tempat untuk menenangkan diri, emosi, dan pikiran Anda. Selanjutnya, cobalah ingat hal-hal penting saat wawancara tadi, lalu catat dengan baik. 

Dengan cara ini, Anda akan lebih siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada panggilan selanjutnya. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan seseorang yang lebih berpengalaman untuk mendapatkan saran yang membangun demi kelancaran wawancara berikutnya. 

 

Mengirimkan Email Ucapan Terima Kasih

Tulislah ucapan terima kasih setelah selesai wawancara. Anda dapat mengirimkannya melalui email. Ucapan terima kasih ini harus dikirim dalam waktu 48 jam setelah wawancara.

Untuk menulis ucapan terima kasih yang baik, Anda perlu meluangkan waktu setelah setiap wawancara untuk menuliskan beberapa hal tentang apa yang dikatakan pewawancara.

 

Lakukan Follow-Up 

Setelah wawancara, catat schedule yang akan datang di kalender Anda. Contoh, Jika perwakilan perusahaan mengatakan Anda akan dihubungi dalam seminggu, tandai itu di kalender Anda. Jika Anda tidak dihubungi, tambahkan tiga atau empat hari ke kalender Anda dan kemudian lakukan follow up ke pihak perusahaan.

 

Kesimpulan 

Kini Anda sudah memahami bagaimana sikap kita saat melakukan wawancara. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ada hal yang harus dilakukan sebelum, selama, dan sesudah wawancara.

Jangan lupa untuk mencoba menerapkan cara-cara di atas supaya proses wawancara Anda dapat berjalan dengan mulus. Namun, jangan patah semangat pula apabila sesuatu berjalan tidak sesuai kehendak Anda.

Semoga ulasan di atas dapat membantu!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter