kemampuan beradaptasi

Cara Melatih Kemampuan Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Kemampuan Beradaptasi biasa dikenal sebagai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dengan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik akan sangat berpengaruh pada kelangsungan karir seseorang. yang dimaksud kemampuan beradaptasi sendiri adalah suatu keterampilan yang mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya agar sesuai dengan situasi baru

Saat ini ada beberapa orang yang sering berpindah-pindah tempat kerja dengan alasan tidak betah, atasan galak, rekan kerja yang tidak menyenangkan, atau tekanan kerja yang terlalu berat. Sebenarnya, semua masalah tersebut adalah sama, yaitu kurang bisa beradaptasi di lingkungan tempat kerja yang baru.

Kemampuan beradaptasi tidak hanya tentang mengubah sesuatu atau menyesuaikan diri dengan situasi yang baru. Kemampuan beradaptasi mencakup semua kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan baik dalam tindakan maupun ucapan secara halus, tepat, dan konsisten.

Pesatnya perkembangan teknologi dan banyaknya keanekaragaman dalam masyarakat, membuat perusahaan membutuhkan karyawan yang terbuka terhadap ide-ide baru, fleksibel, dan mampu mengatasi masalah yang timbul ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. 

 

Baca Juga : 5 Tren Teknologi yang Mengubah Cara Bekerja

 

Mengingat pentingnya kemampuan beradaptasi bagi kelangsungan karir Anda, Anda harus melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja. Sekarang sudah banyak seminar maupun kursus pendidikan agar dapat menyesuaian diri dengan cepat untuk segala bentuk perubahan di dalam perusahaan.

Karena kemampuan beradaptasi adalah keterampilan alami, maka bisa dilatih dan dikuasai. Berikut adalah beberapa tips untuk melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja yang baru :

 

1. Jadilah Pribadi yang Baik, Jujur, Apa Adanya, dan Tidak Berlebihan

Jadilah pribadi yang baik, jujur, apa adanya, dan tidak berlebihan di mana pun Anda berada termasuk di tempat kerja baru Anda. Hal ini harus dilakukan dalam segala kondisi. Menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik daripada menjadi orang lain.

Mencari perhatian secara berlebihan juga bukan tindakan yang baik untuk dilakukan ketika Anda menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan. Hal ini akan memberi kesan pertama yang buruk dan bisa menyebabkan orang hilang rasa kepada Anda. Jadi, jangan bersikap secara berlebihan, cukup bersikap natural saja.

 

2. Bersikap Ramah dengan Rekan Kerja 

Di tempat kerja baru, Anda bisa mendapatkan banyak teman, namun dengan bersikap ramah akan membuat Anda jauh lebih mudah diterima. Jadilah pendengar yang baik, karena pada dasarnya setiap orang ingin didengarkan. Pastikan Anda memberikan respons yang baik kepada semua orang, karena hal tersebut akan membuat Anda lebih mudah dikenal dan disukai banyak orang.

 

Baca Juga : Jangan Bersikap Dingin! Pribadi yang Hangat Dapat Meningkatkan Karir

 

Selain itu, dengan bersikap ramah juga akan membuat orang lain tidak lagi sungkan ketika akan bercerita atau meminta bantuan kepada Anda, dan dari sinilah teman akan mulai mendekat satu persatu dan saling mengenal satu sama lain. 

 

3. Amati dan Pantau Perubahan yang Terjadi di Tempat Kerja Baru Anda

Anda tidak akan tahu betapa pentingnya suatu perubahan sampai Anda melihat sendiri manfaat yang diperoleh dari perubahan tersebut. Kemampuan beradaptasi meliputi mengamati dan memantau tren, nilai, sikap, dan lain-lain. Anda bisa membandingkan pengamatan saat ini dengan yang lalu dan mencari tahu apa yang telah berubah. 

 

4. Bersedia Belajar

Salah satu kunci keberhasilan beradaptasi ditempat kerja yang baru adalah dengan bersedia belajar. ingat anda pasti membutuhkan skill atau kemampuan lain ditempat kerja baru anda, jadi jangan malas untuk belajar agar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja maupun pekerjaan anda sendiri.

 

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Selain bersedia belajar, Anda juga tidak boleh menunda-nunda pekerjaan. Lakukan tindakan yang memang diperlukan. Ingatlah bahwa adaptasi akan lebih efektif jika Anda mengambil tindakan sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

6. Tetap Tenang dan Percaya Diri

Untuk melatih kemampuan beradaptasi, Anda harus tetap tenang, percaya diri, dan siap untuk membuat keputusan tepat ketika dihadapkan dengan tantangan yang tak terduga. Kemampuan beradaptasi seperti ini menunjukkan keseimbangan antara ketenangan dan fleksibilitas.

 

7. Jangan Ragu untuk Minta Maaf, Minta Tolong, dan Berterimakasih

Ketika seseorang memasuki dunia kerja baru, teman kerja baru, dan lingkungan yang baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu adab atau sopan santun. Jika Anda bisa mengolah semuanya dengan benar, hal ini akan menjadi nilai positif bagi Anda.

Sepertinya terkesan sepele, namun dengan mengucapkan 3 kata ajaib yaitu maaf, tolong, dan ucapan terimakasih dapat membuat sebuah perubahan yang besar. Kata maaf diucapkan ketika Anda melakukan kesalahan sekecil apapun. 

Kata tolong adalah sebuah kata yang mujarab. Penggunaan kata tolong bisa digabungkan dengan kata maaf, contohnya: “Maaf, apakah saya bisa minta tolong untuk mengambilkan berkas?”. 

Sedangkan kata terimakasih merupakan kata ajaib yang harus benar-benar Anda terapkan dalam kehidupan. Penggunaan kata terimakasih biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur karena telah menerima sesuatu baik berupa barang pemberian ataupun sebuah pertolongan.

Nah, itu tadi 7 cara melatih kemampuan beradaptasi di tempat kerja yang baru. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang bermasalah dengan tempat kerja Anda yang baru, atau bagi anda yang akan segera pindah ke tempat kerja yang baru.