berpikir kreatif

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Ketika Anda berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata dan perspektif yang berbeda, ketika Anda mampu menangkap kesempatan-kesempatan yang tidak biasa, yang tidak bisa dilihat oleh orang lain untuk mendapatkan sebuah keuntungan, berarti Anda telah berpikir kreatif.

Pada dasarnya, kemampuan berpikir kreatif dapat Anda latih dan bisa berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kemampuan berpikir kreatif bukanlah bakat alami yang hanya ada pada sebagian orang saja. Bagi Anda yang merasa belum bisa berpikir kreatif, Anda tidak perlu kuatir, Anda bahkan bisa melatih dan mengasahnya ketika Anda sudah dewasa.  

 

Seorang psikolog sosial bernama Ron Friedman, Ph. D, mengatakan bahwa proses berpikir kreatif kreatif bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Dengan melakukan beberapa langkah dan latihan, Anda bisa menjadi kreatif secara alami. 

 

Apa Itu Berpikir Kreatif

Seperti artikel yang dilansir oleh Forbes, Orang-orang kreatif memikirkan sebuah cara yang berharga dan praktis dalam melakukan sesuatu. Mereka memecahkan sebuah masalah secara teratur dengan menggunakan pemikiran kreatif. Inilah jenis kreativitas yang sangat membantu dalam bisnis dan keterampilan luar biasa yang dapat ditransfer bagi siapapun Anda yang dapat menguasainya.

Lalu, apakah sebenarnya berpikir kreatif itu?

Berpikir kreatif atau creative thinking adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk berpikir secara terus-menerus dan konsisten dalam menghasilkan segala sesuatu yang kreatif dan original. Pada proses creative thinking tidak harus selalu membuat sebuah konsep yang benar-benar baru. Anda juga bisa berpikir kreatif melalui benda-benda ataupun ide-ide yang berwujud dalam pikiran Anda. 

Meskipun tidak harus selalu membuat konsep baru, dan bisa jadi merupakan penggabungan antara dua sampai dengan tiga konsep yang sudah ada sebelumnya, hasil dari berpikir kreatif disebut sebagai sesuatu yang baru.

 

Manfaat Berpikir Kreatif dalam Karir

Dalam lingkungan kerja, tentu saja banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika And bida berpikir kreatif. Anda akan dengan mudah menemukan sebuah gagasan dan ide-ide untuk inovasi baru di perusahaan, Anda pun dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk baru dari brand perusahaan Anda sehingga menarik minat lebih banyak konsumen.

Dalam dunia pendidikan, misalnya. Berpikir kreatif sangat penting untuk dimiliki oleh para pendidik di sekolah-sekolah. Ini karena, berpikir kreatif membuat materi pelajaran yang disampaikan oleh para pendidik tidak lagi membosankan, dan tetap menyenangkan meskipun lebih dari satu jam lamanya. Lebih jauh, guru yang berpikir kreatif akan ikut andil dalam membentuk generasi muda yang lebih berkualitas di masa datang,

Lalu, apakah berpikir kreatif juga memiliki peran sedemikian besarnya dalam dunia karir seseorang? Tentu saja, berikut adalah beberapa manfaat berpikir kreatif dalam dunia karir yang mungkin bisa Anda lakukan untuk tetap eksis dan meningkatkan prestasi kerja Anda di perusahaan.

 

1. Mampu Menghandle Segala Situasi

Anda tidak akan pernah tahu, rintangan apa yang menanti Anda di depan sana. Beberapa hal tidak bisa dipecahkan dengan cara yang biasa. Oleh karenanya, berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam menghadapi rintangan-rintangan tersebut.

 

2. Mendorong Kesuksesan dalam Usaha

Kalau Anda adalah seorang pebisnis pemula, berpikir kreatif akan memberikan Anda berbagai ide-ide dan gagasan baru dalam mengembangkan bisnis Anda. Mulai dari memunculkan inovasi baru bagi produk atau jasa yang Anda tawarkan, mengembangkan usaha Anda, hingga ide-ide pemasaran dengan cara kreatif.

Poin plusnya, orang-orang yang selalu berpikir kreatif cenderung memiliki sifat solutif, ia lebih mudah mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi, khususnya dalam bidang usaha yang sedang ditekuninya karena orang tersebut memiliki ide-ide cemerlang dalam otaknya.

 

3. Anda akan Pandai Menghargai Rekan Kerja

Mereka yang berpikir kreatif telah terbiasa menerima masalah, mencari solusi terbaik dari masalah yang dihadapi, hingga mengeluarkan pendapat, ide-ide, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya, jika Anda memiliki pemikiran kreatif, Anda pun akan dengan mudah menghargai dan menerima orang lain dalam tim kerja Anda.

 

4. Berpikir Kreatif Membuat Anda Bahagia dan Mampu Menebar Semangat

Karena selalu solutif, orang-orang yang berpikir kreatif punya seribu cara dalam menghadapi masalah yang mereka hadapi saat ini. Ini karena mereka memiliki pasokan sumber dan referensi lebih banyak daripada mereka yang tidak berpikir kreatif. 

Bonusnya, mereka tidak lagi merasa tertekan terhadap berbagai masalah yang sedang menderanya. Mereka yakin, ada lebih dari satu jalan keluar terbaik yang bisa mereka lakukan untuk mengatasi masalah-masalah mereka. Para pemikir kreatif mampu menikmati hidup mereka dan jauh dari stress, maka jangan heran kalau mereka terlihat selalu bahagia. 

Para pemilik pemikiran kreatif juga tidak pernah takut terhadap ancaman yang datang. Mereka sudah terbiasa menghadapi tantangan dalam hidupnya. Ini karena seseorang yang berpikir kreatif tahu, mereka punya banyak cara dan ide dalam menjalankan usahanya, serta mempertahankan perkembangannya. Bahkan, mereka mampu selalu berpikir positif dan menebar semangat terhadap orang-orang yang ditemuinya.

 

5. Memiliki Pergaulan di Lingkungan Kerja yang Luas

Seseorang yang berpikir kreatif cenderung memiliki pola pikir yang berbeda dari orang kebanyakan. Itu sebabnya, mereka  mudah memahami pemikiran orang lain, dan mudah menjalin pergaulan dengan rekan kerja di lingkungan kerja yang lebih luas. 

 

Cara Meningkatkan Kreativitas Berpikir

Menurut Friedman, ada 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Selalu Bersyukur di Pagi Hari

Dikatakan oleh Friedman bahwa mood yang jelek akan menghambat otak dalam menghasilkan pemikiran-pemikiran kreatif. Untuk itu, Anda harus benar-benar membasmi apa saja yang menjadi dalang pemikiran jelek dalam otak Anda.

Mulailah dengan menulis 3 hal yang bisa Anda syukuri setiap pagi. Dengan selalu bersyukur, pikiran Anda akan lebih positif, Anda pun siap menerima tantangan dan melahirkan pemikiran-pemikiran hebat yang super kreatif.

 

Baca Juga: 7 Aktivitas Rutin Pagi Hari ini Tingkatkan Semangat Kerja

 

2. Meja Kerja Berantakan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota menyebutkan bahwa orang yang bekerja di ruang kerja yang berantakan cenderung menghasilkan pemikiran yang kreatif. Meja kerja yang berantakan juga memiliki efek yang sama bagi mereka.

Bahkan, Friedman percaya bahwa ada hubungan antara kreativitas dengan ketidakteraturan. Ini juga dibenarkan oleh Albert Einstein, yang mengatakan bahwa jika meja kerja berantakan, itu menandakan bahwa otak Anda juga berantakan. Lantas, apa yang bisa dihasilkan dari meja yang kosong?”

 

3. Kunjungi Kedai Kopi Terdekat

Sesekali, ketika kreativitas sudah menjauh dari Anda, cobalah mampir ke kedai kopi terdekat dari tempat Anda. Ini bukan karena kafein yang ada di kopi yang Anda minum, akan tetapi, menurut Friedman, ini terjadi karena suasana di kedai kopi membuat seseorang sulit fokus pada satu hal, inilah yang kemudian memungkinkan ide-ide kreatif yang tidak biasa bermunculan di otak Anda.

 

4. Milikilah Banyak Teman!

Ketika Anda memiliki banyak teman dengan profesi yang berbeda-beda, Anda pun akan terpacu untuk mengasah kemampuan Anda dalam berpikir kreatif. Bidang pekerjaan yang berbeda-beda memungkinkan Anda memiliki ide-ide yang berbeda dengan teman-teman Anda sehingga bisa saling melengkapi ide dari masing-masing.

Bagaimana, dari keempat cara di atas, mana yang akan Anda coba lebih dulu untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang Anda miliki?