Semangat Kerja

7 Aktivitas Rutin Pagi Hari ini Tingkatkan Semangat Kerja

Menjaga semangat diri dalam bekerja setiap hari bisa dikatakan gampang-gampang susah. Berbagai faktor bisa mempengaruhi sehingga semangat bisa naik dan turun. Jika sudah tak bersemangat, jangankan untuk produktif, memulai pekerjaan pun sering menjadi sesuatu yang sangat malas dilakukan.

Hal tersebut memang wajar, tapi jangan dijadikan suatu kebiasaan. Mengubah gaya hidup menjadi kunci agar selalu bersemangat dalam bekerja. Seperti kata Tony Robbins yang dikutip dari laman hackspirit, “Jika kita ingin mengarahkan hidup, kita harus mengendalikan tindakan kosisten (kebiasaan) kita. Bukan apa yang kita lakukan sesekali yang membentuk hidup kita, tetapi apa yang kita lakukan secara konsisten”.

 

Baca Juga: 7 Hal Remeh Namun Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

Jika dikaitkan dengan semangat kerja, maka kebiasaan yang akan sangat menentukan adalah aktivitas di pagi hari. Ya, pagi sebagai awal hari ibarat langkah awal yang akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Jika ingin sepanjang hari menjadi bersemangat, maka awal harinya juga harus dimulai dengan sesuatu yang baik pula.

Banyak hal yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan kegiatan di pagi hari. Namun 7 aktivitas rutin berikut adalah tips ampuh jika ingin semangat kerja anda meningkat. Apa saja ketujuh aktivitas tersebut?

 

1. Bangun Lebih Awal

Tips ini mungkin biasa disarankan oleh banyak orang. Tetapi memang bangun awal sekitar pukul 4 atau 5 subuh akan membuat seseorang lebih bersemangat menjalani hari. Selain itu, bangun lebih awal juga akan membuat diri menjadi lebih tenang karena tidak perlu terburu-buru untuk bekerja. Artinya, mood positif akan lebih terbangun.

Dampak positif dari bangun lebih awal bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Penelitian dari Universitas Texas tahun 2008 menunjukkan bahwa pelajar yang bangun pagi cenderung lebih mendapat nilai akademik yang lebih tinggi. Lebih lanjut pada studi tahun 2012 juga menunjukkan bahwa orang tua dan muda yang bangun lebih awal cenderung merasa lebih bahagia.

 

2. Menghirup Udara Pagi

Tak hanya soal bangun pagi, sempatkan juga untuk membuka pintu rumah dan menghirup udara pagi yang segar. Aktivitas ini ampuh mengusir kepenatan dan mendatangkan kejernihan pikiran, apalagi jika dilakukan secara rutin setiap harinya. Anda bisa menikmati setiap hirupan nafas sembari melihat matahari yang mulai terbit untuk mendapatkan pengalaman yang menenangkan jiwa sekaligus raga.

 

3. Meditasi Sejenak

Jangan buru-buru untuk membuka smartphone atau menonton berita di tv, cobalah untuk sejenak berdiam atau meditasi. Lakukan setidaknya 5-10 menit untuk mengosongkan pikiran dan membayangkan hal-hal menyenangkan yang ingin ditemui atau dilakukan di hari tersebut. Jika meditasi dirasa terlalu membosankan, anda juga bisa melakukan hal lain seperti duduk dan memejamkan mata sembari mendengar musik dengan alunan yang merelaksasi pikiran.

 

4. Olahraga Ringan

Berolahraga di pagi hari adalah cara ampuh untuk memberi semangat diri. Meskipun bagi yang tidak terbiasa memulai berolahraga pagi adalah hal yang sangat memberatkan, tapi jika sudah dimulai dan dibiasakan maka dijamin semangat kerja dan produktivitas akan meningkat.

Olahraga pagi juga tak perlu berat karena anda harus menyimpan tenaga untuk bekerja. Lakukan olahraga ringan saja seperti lari santai keliling komplek atau senam ringan di halaman rumah. Jika kantor anda tidak terlalu jauh, tak ada salahnya juga untuk menggunakan sepeda sebagai transportasi yang ramah lingkungan dan ramah dompet.

 

5. Sarapan Bergizi Secukupnya

Ada sebagian orang yang justru terbiasa untuk tidak sarapan. Padahal, penelitian justru membuktikan bahwa sarapan sangat penting untuk meningkatkan kerja otak. Karenanya, cobalah menjadikan sarapan sebagai aktivitas rutin pagi sebelum bekerja. Terpenting, pilihlah sarapan yang bergizi dengan jumlah yang tidak berlebihan. Terlalu banyak sarapan juga bisa membuat tubuh menjadi malas untuk beraktivitas.

 

6. Berbagi Cerita dengan Keluarga

Ada berapa banyak diantara anda yang pagi harinya tidak sempat berbagi cerita dengan anak dan pasangan? Manfaatkan momen sarapan untuk sedikit berbagi cerita seperti menyampaikan hal-hal apa saja yang akan dilakukan di hari tersebut. Disadari atau tidak, dengan bercerita maka diri akan merasa lebih terbuka dan bebas. Dengan begitu, semangat diri juga akan terbangun.

 

7. Buat To-do-List

Membuat daftar rencana tugas adalah salah satu tips untuk membuat diri semangat memulai hari. Hal ini karena ada target yang terarah dan terukur yang sudah disiapkan. Membuat to-do-list juga bisa dilakukan di malam hari, tetapi tak ada salahnya untuk membaca dan memastikannya kembali di pagi hari karena dalam keadaan fresh, anda akan lebih mudah mengingat hal-hal yang sudah direncanakan.

 

Baca Juga: 7 Cara membuat To Do List yang Efektif

 

Pada intinya, semangat kerja harus dibangun sejak awal membuka mata. Jika ketujuh aktivitas di atas bisa dilaksanakan secara rutin, bukan tak mungkin semangat kerja kalian akan meningkat setiap harinya. Terpenting juga, anda harus mengawali hari dengan pikirkan yang positif dan dengan senyuman, karena mood yang dibangun di pagi hari akan sangat mempengaruhi suasana hati sepanjang hari.