Buat Harimu Selalu Menyenangkan di Tempat Kerja

Istilah Blue Monday berarti hari terburuk atau dirasa paling menimbulkan depresi selama setahun. Kemacetan selama perjalanan berangkat-pulang kerja, rekan kerja yang menyebalkan, belum lagi target kerja yang sangat ketat dari bos, menambah beban stres di kepala. Namun sebelum Anda jatuh lebih dalam, menangis di meja kerja Anda, ada kabar baik buat Anda para pekerja.

Menurut Caroline Webb, mantan partner di McKinsey, bahwa hari-hari yang mengerikan tersebut bisa menjadi sesuatu dari masa lalu. Menggunakan kombinasi psikologi dan neuroscience, Webb menulis sebuah buku yang dirancang untuk membantu Anda memiliki hari-hari yang indah di tempat kerja.

Hari ketidakpuasan
“Begitu banyak orang mengalami ketidakpuasan dalam satu hari,” kata Webb, dalam bukunya How to Have a Good Day: Think Bigger, Feel better and Transform Your Working Life.
Webb menambahkan “Hasil penelitian sangat jelas bahwa saat kita stres, kita tidak mampu berpikir dan menghasilkan yang terbaik,”. “Otak kita mengalihkan energi mental merespon stres, yang berarti aktivitas di korteks prefrontal otak kita -tempat di mana sebagian pemikiran canggih terjadi di dalamnya- jatuh ke titik terrendah ketika kita sedang stres. Efek K.O tersebut sangat besar, baik secara profesional maupun kehidupan keluarga Anda. Anda hanya sedang bukan berada pada titik terbaik Anda.”

Apa yang membuat hari terasa lebih baik?
Gail Kinman, profesor psikologi kesehatan kerja di University of Bedfordshire, setuju. “Memiliki hari yang buruk di tempat kerja dapat mempengaruhi setiap bagian dari kehidupan Anda,”.

“Masalah harian seperti kemacetan yang mengerikan dan email pekerjaan yang sulit, buruk bagi kesehatan Anda bahkan lebih buruk dampaknya ketimbang  peristiwa besar seperti perceraian dan kematian. Peristiwa-peristiwa besar dalam hidup Anda benar merundung Anda dalam kesedihan dan sangat intens tetapi dari peristiwa tersebut Anda masih dapat banyak dukungan dari kerabat terdekat. Dukungan semacam itu tidak Anda dapatkan pada kejadian masalah sehari-hari. Sebaliknya, mereka membangun dan menyebabkan pola pikir negatif dan stres.”

Jadi apa yang dapat membuat hari menjadi baik? Dalam survei, 63 persen mengatakan mereka merasa hari baik ketika telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik. 46 persen mengatakan ketika hal-hal yang mereka pikirkan memenuhi target. Namun sesuatu hal kecil seperti dapat duduk di kereta atau dibuatkan kopi saat pagi dalam waktu singkat. Semua hal itu, menurut Webb, memacu otak Anda untuk melihat hal-hal baik dalam hari Anda.

Berikut tips untuk bertahan, atau bahkan menikmati bekerja setiap hari:

  1. Menyanyikan lagu favorit Anda
    Sebuah pertemuan besar atau presentasi dapat membuat hari yang mengerikan di kantor. Tapi ada cara untuk memotong stres yang: nyanyikan sebuah lagu untuk diri sendiri terlebih dahulu. “Otak kita sangat asosiatif dan hanya perlu mengalami satu hal yang baik untuk memicu pemikiran yang terkait dengan itu,” kata Webb. “Jadi jika kita mendengar lagu yang kita sukai, akan memicu aliran kenangan dan dapat menempatkan diri dalam suasana hati yang baik karena kita diingatkan kejadian indah saat lagu itu diputar.
  2. Buat catatan to-do list
    Catatan to-do list Anda adalah bagian penting dari meningkatkan suasana hati Anda di tempat kerja. “Ini semua tentang membuat otak Anda bahagia,” kata Webb. Mencentang hal-hal yang sudah diselesaikan menstimulus otak untuk merasa puas dan senang, lihat apa yang harus Anda lakukan hari itu, serta pekerjaan menjaga performa tubuh dengan “berjalan-jalan”.
  3. Beristirahat dengan pandai
    Mengambil istirahat pendek teratur dapat membantu Anda memahami tugas. Webb berpikir beristirahat baik juga untuk pekerjaan, tetapi sebenarnya beristirahat justru sama pentingnya dengan pekerjaan. “Ini bukan hanya karena sistem yang disengaja otak Anda [bagian dari otak kita yang berfokus pada analisis, pengendalian diri dan perencanaan ke depan] perlu istirahat, tapi otak benar-benar melakukan pekerjaan saat Anda beristirahat, otak mengolah dan mengkonsolidasi apa yang Anda lakukan. “
  4. Hindari selalu mengecek email
    “Ada saat-saat tergoda untuk melihat email,” kata Webb. Ia juga menyarankan orang untuk merefresh email dua kali sehari, ketimbang melihat email sepanjang hari. Namun bukan berarti offline sepanjang hari. Fokus pada bagian paling penting dari pekerjaan dan go offlinesaat Anda sedang melakukan hal penting itu.”
  5. Berpose
    Penelitian dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan kunci keberhasilan di tempat kerja bukanlah bakat tetapi kepercayaan diri. Tapi apa yang terjadi jika Anda tidak punya? Webb menyarankan “buat seolah-olah Anda percaya diri sampai Anda akhirnya benar-benar percaya diri”. Orang tahu saat mereka senang merekan akan tersenyum, dan ketika merekan tenang mereka bernapas dalam-dalam dan buang secara perlahan.
    Tegakkan bahu dan berdiri lebih tinggi – pose itu akan meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini bekerja jika Anda berpose sesaat sebelum pertemuan dan kemudian terus melakukan hal itu secara luwes sepanjang hari . “
  6. Bertahan saat perjalanan
    Meskipun Anda tidak dapat melakukan apa-apa tentang kereta yang tertunda, Anda dapat membuat perjalanan lebih positif. “Jika seseorang berjalan perlahan di depan Anda atau mereka menyiku Anda saat dalam kereta, sebenarnya hal itu membantu untuk berpikir mereka adalah orang yang baik dalam situasi yang buruk. Dengan kata lain, mari kita asumsikan mereka adalah orang yang baik mengalami hari yang buruk.”
    Membawa mentalitas ini dapat membuat perjalanan tidak terlalu berat dan menjengkelkan. Hal ini juga dapat membantu di tempat kerja jika rekan Anda sedang menjengkelkan -berpikir tentang apa yang mungkin terjadi salah dalam hari mereka- Webb menyarankan datang dengan beberapa kemungkinan alasan untuk perilaku mereka.
    Anda tidak harus percaya mereka, tetapi gagasan bahwa mungkin ada alasan di balik sikap mereka yang kurang baik dapat membantu Anda melihat situasi secara berbeda atau bahkan merasa empati terhadap mereka.
  7. Pendekatan tiga hal dalam satu hari
    Sebagian besar apa yang membuat hari kita baik atau buruk adalah pola pikir kita. “Perhatikan tiga hal yang baik dalam perjalanan untuk bekerja,” kata Webb. “Seseorang yang memegang pintu terbuka, fakta bahwa Anda berhasil naik kereta. Anda tidak akan melihat mereka jika Anda berada dalam suasana hati yang buruk dalam perjalanan bekerja, karena otak Anda akan menyaring dan memindai untuk hal-hal yang sesuai dengan suasana hati Anda . “

Pikiran positif akan membuat otak Anda untuk bahagia dan membuat Anda siap untuk hari yang lebih positif di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>