bayar bpjs ketenagakerjaan perusahaan

Cara Mudah Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Seperti yang diketahui, karyawan merupakan salah satu aset terpenting bagi perusahaan sehingga perusahaan wajib memberikan rasa aman dan perlindungan kepada mereka. Salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya kepada karyawan adalah dengan bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.  

 

Bagaimana Cara Membayar BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan dapat dibayarkan oleh perusahaan melalui berbagai macam cara, antara lain:

  1. Pembayaran dilakukan melalui kantor BPJS Ketenagakerjaan
  2. Pembayaran dilakukan melalui Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  3. Pembayaran dilakukan melalui e-Payments System (EPS) BPJS Ketenagakerjaan  

 

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini bayar BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah yakni secara online melalui layanan e-Payments (EPS) BPJS Ketenagakerjaan.

Akan tetapi, untuk memanfaatkan layanan EPS, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu ke layanan e-Payments (EPS) BPJS Ketenagakerjaan dan membuat kode iurannya.

 

Baca Juga: Panduan Menggunakan BPJS HFIS Serta Manfaatnya 

 

Mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Melalui EPS:

1. Registrasi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi di laman resmi EPS BPJS Ketenagakerjaan

atau klik link berikut https://eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs (jika perusahaan belum pernah mendaftar EPS BPJS Ketenagakerjaan).

2. Isi Kolom.  Setelah berhasil masuk ke laman registrasi EPS BPJS, Anda dapat mengisi Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP), alamat email perusahaan, dan kode keamanan kemudian klik “Registrasi”.

3. Pilih Perusahaan. Jika Nomor Pendaftaran Perusahaan benar belum terdaftar, nanti akan muncul opsi “Pilih Perusahaan Anda”. Kemudian, input nama kontak perusahaan Anda dan klik Nomor Pendaftaran Perusahaan yang akan didaftarkan.

4. Aktivasi Akun. Apabila sudah berhasil didaftarkan, layanan EPS BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan email aktivasi e-Payment ke alamat email perusahaan. Buka email tersebut dan klik link yang tertera di dalam email tersebut. 

5. Selanjutnya akan muncul halaman login. Masukan alamat email dan password (PIN) Anda. Jika sudah berhasil login, pilih menu ganti PIN dan masukan PIN baru. Dan proses pendaftaran e-Payments BPJS selesai. 

 

Setelah perusahaan Anda resmi terdaftar di layanan e-Payment BPJS Ketenagakerjaan, tugas Anda selanjutnya adalah membuat kode iuran setiap bulan yang nantinya akan digunakan untuk bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan.

Perlu diketahui, kode iuran hanya dapat digunakan untuk sekali pembayaran saja. Berikut tata cara buat kode iuran:

 

  1. Login. Langkah pertama adalah login kembali ke halaman EPS BPJS Ketenagakerjaan dan klik opsi “Pilih Perusahaan Anda” di daftar perusahaan.
  2. Klik “Buat Kode Iuran”. Setelah berhasil memilih perusahaan, nantinya akan muncul daftar transaksi kode iuran dan klik “Buat Kode Iuran”
  3. Isi Form Rincian Iuran. Selanjutnya, lengkapi form Rincian Iuran yang muncul pada halaman website dan setelahnya klik “Proses Iuran”. Apabila berhasil, kode iuran Anda akan muncul di layar Anda.

 

Baca Juga: Bagaimana Ketentuan BPJS Kesehatan Jika Karyawan Pindah Perusahaan?

 

Tata Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Melalui ATM:

Jika registrasi dan kode iuran telah berhasil dilakukan, maka Anda dapat membayarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan melalui ATM, m-banking, atau e-banking. Berikut cara pembayarannya:

 

  1. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM bank yang bekerja sama dengan pihak BPJS Ketenegakerjaan seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, dan bank lainnya. 
  2. Pilih opsi menu “Bayar/Beli” kemudian pilih opsi “BPJS” dan klik “BPJS Ketenagakerjaan”. 
  3. Selanjutnya, pilih opsi “e-Payment” yang tertera pada layar dan masukan kode iuran Anda.
  4. Pastikan kode iuran, nama perusahaan, Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP), bulan iuran, dan jumlah total iuran BPJS telah sesuai.
  5. Berikutnya bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Anda.

Setelah proses pembayaran selesai, pastikan kembali pembayaran tersebut dengan login ke laman EPS BPJS Ketenagakerjaan untuk memeriksa kode iuran Anda.

Apabila bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan telah berhasil, maka status kode iuran akan berubah menjadi “Paid” atau “Dibayar”.

 

Kelola BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah Menggunakan Jasa Payroll LinovHR

payroll

 

Sudah semestinya, BPJS Ketenagakerjaan dikelola dengan baik dan tepat oleh manajemen perusahaan karena menyangkut hak karyawan dan kewajiban perusahaan.

Jika tidak dikelola dengan benar tentunya akan merugikan kedua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan. Oleh karena itu, untuk memudahkan pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan dapat mengandalkan bantuan pihak ketiga seperti Jasa Payroll LinovHR.

Jasa Payroll Outsourcing LinovHR adalah jasa layanan terbaik yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola Payroll, PPh 21, sampai BPJS Ketenagakerjaan.

Tak hanya itu, Jasa Payroll LinovHR memiliki beberapa keunggulan lainnya antara lain:

 

  1. Menawarkan konsultan pajak profesional yang membantu perusahaan Anda dalam memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. 
  2. Membantu perusahaan Anda melakukan proses penggajian karyawan mulai dari perhitungan gaji, pembuatan slip gaji, perhitungan bonus, hingga pembuatan laporan payroll.
  3. Memudahkan perusahaan dalam mengelola Pajak Penghasilan Karyawan (PPh 21), termasuk melakukan perhitungan pajak karyawan, pelaporan pajak bulanan karyawan, dan pembuatan formulir 1721-A1. 

Serahkan semua kepada Jasa Payroll LinovHR untuk melakukan perhitungan BPJS, bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan, hingga melakukan otomatisasi data payroll. Hubungi tim layanan LinovHR sekarang juga!