NPP BPJS

Panduan dan Cara mendapatkan NPP BPJS Perusahaan

Apakah perusahaan Anda sudah mengikuti program BPJS? Setiap perusahaan wajib hukumnya untuk mengikutkan karyawan mereka ke dalam program BPJS ini karena merupakan program pemerintah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia.

Bagi Anda HRD atau General Affair atau Bagian Umum yang masih awam dengan hal ini, berikut penjelasan mengenai keikutsertaan perusahaan Anda dalam program pemerintah yang berguna ini. Sebelum memikirkan tentang besarnya jumlah dan pembayaran iuran, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan. Nomor ini yang nantinya berguna untuk pembayaran iuran berkala dan urusan administrasi lainnya.

 

Baca Juga: Apa Saja Program Kerja HRD?

 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi websitehttps://new-edabu.bpjs-kesehatan.go.id/newuntuk pendaftaran perusahaan. Anda akan dibawa ke tampilan seperti di bawah ini:

NPP BPJS 1

Silakan Anda klik tombol kuning “Register Badan Usaha Baru”, setelah itu Anda akan dibawa ke halaman berikutnya:

NPP BPJS 2

 

Mohon diperhatikan dengan seksama Syarat dan Ketentuan yang ada di portal, karena akan berdampak terhadap kemudahan pengurusan di masa mendatang. Berikut ini salinan yang dari portal tersebut:

  1. Pengguna Portal Pendaftaran Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya BPJS Kesehatan harus memiliki kewenangan secara hukum untuk mendaftarkan badan usaha/ badan hukum lainnya dan melaksanakan kewajiban hukum yang mengikat dari setiap kewajiban apapun yang mungkin terjadi akibat penggunaan Portal ini.

  2. Mengisi dan memberikan data secara lengkap dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan,

  3. Mengisi tanggal yang dapat dihubungi Petugas BPJS Kesehatan untuk melakukan konfirmasi, kunjungan, pemberitahuan jadwal sosialisasi program JKN-KIS, dan penyampaian Formulir Registrasi Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya.

  4. Menyetujui mengulang proses pendaftaran apabila belum melakukan proses pendaftaran peserta dan pembayaran iuran pertama sampai dengan 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak pendaftaran pada portal ini.

  5. Menyetujui bahwa informasi yang terisi dibuat dengan sebenarnya, apabila informasi yang terisi tidak benar maka Pemohon bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bacalah syarat dan ketentuan penggunaan dengan teliti dan kemudian centang kotak paling bawah yang bertuliskan: “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Badan Usaha/ Badan Hukum BPJS Kesehatan”. Jika Anda tidak mencentangnya, maka Anda akan dikembalikan ke halaman yang sama.

Pastikan Anda memilih lokasi sesuai dengan perizinan yang berlaku untuk didaftarkan sesuai wilayah kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Isilah dengan lengkap seluruh Formulir Pendaftaran Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya serta cantumkan alamat e-mail yang digunakan sebagai alamat pengiriman link aktivasi. Akan lebih baik jika Anda memiliki email perusahaan khusus untuk administrasi BPJS.

Isilah semua data formulir dengan lengkap. Ketik kode captcha yang disediakan dan tekan tombol “Submit”.

NPP BPJS 3

NPP BPJS 4

Langkah berikutnya adalah menunggu notifikasi aktivasi melalui e-mail dan aktivasi melalui link untuk mendapatkan:

  1. Lampiran berupa Cetak Formulir Registrasi Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya,

  2. Nomor kode badan usaha/ badan hukum lainnya terdaftar,

  3. Nomor rekening pembayaran iuran JKN-KIS (virtual account – VA), dan

  4. Hak akses (username/ password) aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran Pekerja beserta anggota keluarganya.

Demikian langkah-langkah awal untuk mendapatkan NPP atau Nomor Pendaftaran Perusahaan sebagai tindak lanjut komitmen perusahaan Anda dalam mendukung program pemerintah untuk mensejahterakan rakyat. Tentunya hal ini juga merupakan tanggungjawab HRD yang salah satunya adalah bertanggungjawab dalam payroll perusahaan.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membayar BPJS Karyawan Dengan E-Payment (1)

 

Jika Anda merasa lebih nyaman bertemu dan mendapatkan penjelasan langsung, alternatif terbaik adalah mendatangi Kantor BPJS terdekat dengan Perusahaan Anda.