slip gaji otomatis

Cara Membuat Slip Gaji Otomatis Bersama LinovHR

Gajian menjadi momen yang ditunggu-tunggu semua karyawan. Rincian mengenai gaji karyawan biasanya tercantum melalui slip gaji. Kegunaan slip gaji sangat besar dan luas. Meski perusahaan tidak wajib untuk mengolah slip gaji, perusahaan wajib memproses pengajuan karyawan akan slip gaji. Cara konvensional yang dilakukan HRD membuat penyusunan slip gaji berjalan lamban. Namun, slip gaji otomatis mengubah itu semua menjadi lebih cepat. 

 

Sekilas Mengenai Slip Gaji 

Slip gaji adalah lembaran yang berisi rincian detail gaji karyawan dalam periode tertentu. Gaji yang tertera dalam slip gaji adalah gaji bersih yang sudah dipotong berbagai potongan atau iuran wajib seperti BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, pajak penghasilan, dan lain-lain. Selain menampilkan potongan dan iuran wajib, slip gaji juga menampilkan rincian mengenai tunjangan jabatan dan bonus yang diterima karyawan. Komponen-komponen dari slip gaji antara lain: 

  1. Informasi perusahaan,
  2. Data karyawan,
  3. Tanggal slip gaji diterbitkan,
  4. Potongan,
  5. Tunjangan dan bonus,
  6. Reimbursement (jika ada),
  7. Gaji bersih

Walau bentuknya hanya selembar, slip gaji berfungsi untuk banyak hal. Fungsi paling umum dari slip gaji adalah sebagai dokumen pengajuan cicilan rumah dan kendaraan untuk karyawan. Rincian mengenai slip gaji itu pula yang dapat membantu karyawan lebih bijak untuk mengelola keuangan pribadi. Tak hanya itu, slip gaji juga berperan sebagai bentuk transparansi perhitungan gaji dari karyawan ke perusahaan. 

 

Cara Membuat Slip Gaji Otomatis

Digitalisasi membuat banyak berbagai proses dalam administrasi karyawan diotomatisasi. Slip gaji hanya satu dari sekian banyak otomatisasi tersebut. Cara membuat slip gaji otomatis sangat sederhana, cukup gunakan fitur salary slip dari Modul Payroll LinovHR yang dapat memproses slip gaji menjadi otomatis dan akurat. Semua perhitungan gaji yang tersaji dalam slip gaji adalah perhitungan yang akurat, karena perhitungan berjalan otomatis. 

Slip gaji otomatis dari LinovHR juga terintegrasi dengan berbagai sistem dalam administrasi karyawan, yaitu sistem payroll. Jadi HRD tidak perlu melakukan entry manual yang memakan waktu dan tidak praktis. Sehingga tidak akan ditemukan human error dalam perhitungan slip gaji.

 

Manfaat Slip Gaji Otomatis 

HRD sebagai divisi yang wajib mengelola karyawan adalah pihak yang bertanggung jawab menyusun slip gaji. Dengan cara manual, HRD harus memindahkan perhitungan gaji ke tabel kosong berikut rincian detailnya. Hal ini berpotensi terjadi salah input atau salah entry yang menyebabkan informasi tidak valid. Untungnya, kini ada slip gaji otomatis yang mempermudah tugas HRD. Apa saja manfaat slip gaji otomatis? 

 

Mengurangi Penggunaan Kertas

Istilah slip gaji identik dengan lembaran kertas. Tidak selalu dokumen fisik jauh lebih praktis. Bagian penting dari slip gaji hanyalah informasi dan komponen dari slip gaji tersebut. Di era modern, slip gaji otomatis mengurangi penggunaan kertas. Sebab, perhitungan rincian gaji dapat dihitung dan dihasilkan dalam format digital melalui slip gaji otomatis. Sehingga HRD lebih praktis dalam menyusun slip gaji tanpa perlu repot menyusun satu-satu. 

 

Baca Juga: Pembayaran Gaji Cashless dengan Software Payroll

 

Fleksibel

Slip gaji otomatis dapat diakses dan disusun melalui berbagai perangkat selama masih terkoneksi dengan internet. Dengan begitu, HRD dapat memproses slip gaji dimana saja dan kapan saja. Hal ini pastinya membuat penyusunan slip gaji jauh lebih praktis dan cepat serta sangat cocok dengan perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote

 

Back-up Mudah dan Cepat

Bayangkan jika slip gaji yang HRD susun bisa tercecer atau hilang, pasti sangat merepotkan, bukan? Kejadian ini tak akan ditemukan dalam slip gaji otomatis. Semua informasi dan data dapat di-backup dengan mudah dan cepat dalam database. Jadi, tidak ada lagi pengarsipan yang memakan banyak ruang dan merepotkan. 

 

Langsung Kirim

Tak hanya mudah diakses, penyusunan slip gaji secara otomatis membuat slip gaji dapat dikirim dengan cepat. Hal ini sangat berguna jika karyawan butuh slip gaji secepatnya.  Karena bentuknya digital dalam format PDF, maka karyawan bisa menyimpan slip gaji dalam ponsel pintar mereka dan menggunakannya sewaktu-waktu. 

 

Aman dan Rahasia

Informasi mengenai gaji adalah hal yang sensitif. Banyak berbagai konflik internal berawal dari bocornya informasi mengenai slip gaji. Itu sebabnya HRD berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kerahasiaan informasi karyawan. Semua akses untuk slip gaji otomatis hanya diberikan kepada pihak yang berwenang dalam perusahaan,

 

Dengan Software Payroll LinovHR, Pembuatan Slip Gaji karyawan menjadi lebih mudah dan cepat. Segera dapatkan Software Payroll LinovHR dengan mengisi Form berikut ini LinovHR.com/Get-Payroll-Software-LinovHR/