surat pengunduran diri

5 Contoh Surat Pengunduran Diri dan Cara Membuatnya

Surat pengunduran diri adalah salah satu dokumen yang mesti dibuat saat ingin resign dari tempat kerja. Karena pada dasarnya mengundurkan diri dari pekerjaan adalah hak setiap karyawan. Banyak faktor yang menyebabkan seorang karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri. Dikutip dari techinasia, ada dua faktor karyawan mengundurkan diri yaitu faktor karyawan itu sendiri dan faktor internal perusahaan.

 

 

Faktor karyawan adalah seperti tawaran kerja di tempat baru, menikah, ingin fokus wirausaha, dan pertimbangan personal lain. Sedangkan faktor internal perusahaan adalah seperti situasi kerja yang stagnan, kerja yang terlalu diforsir, kondisi perusahaan yang kurang apresiatif, kultur kerja yang apatis, dan arah perusahaan yang tidak jelas.

 

Baca Juga: 7 Alasan Resign Yang Sering Diutarakan Oleh Karyawan Terbaik

 

Cara dan Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Mengajukan Resign

Apapun alasannya, pengundurkan diri selayaknya dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku di perusahaan bersangkutan. Syarat berupa surat pengunduran diri pun harus dipersiapkan sebagai bukti legal yang wajib disertakan dalam jangka waktu tertentu.

Sebelum membuat surat  yang sering dikenal juga sebagai surat resign, ada baiknya seorang karyawan melakukan langkah-langkah berikut.

 

1. Mendiskusikan Dengan Atasan

Sebelum memutuskan untuk resign, ada baiknya menyampaikan dahulu keinginan tersebut kepada atasan. Namun sebelum itu, pastikan dahulu bahwa kalian memiliki alasan dan tujuan yang jelas mengapa akan mengundurkan diri.

Menyampaikan kepada atasan sebelum menulis surat resmi adalah bentuk rasa hormat kepada mereka karena selama bekerja atasan adalah partner. Selain itu, cara ini juga bisa menjadi penguat bahkan pelemah keputusan apakah benar-benar ingin mengundurkan diri atau tidak. Pimpinan pasti juga ingin mengetahui alasan pengunduran diri dengan lebih jelas dan jujur. Jika ada masalah terkait lingkungan kerja, mereka mungkin bisa memberikan solusi.

 

Baca Juga: Contoh Soal Psikotes: Tes Wartegg, Koran, Verbal dll

 

2. Persiapkan Diri Jika Mendapat Penawaran Ulang

Meskipun tidak pasti, namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan diri jika reaksi atasan adalah mencoba menawarkan diri agar bertahan. Jika kalian memiliki kinerja yang baik dan tidak bermasalah, bisa saja pimpinan akan menawarkan hal-hal menggiurkan seperti kenaikan gaji, bonus, fasilitas, hingga promosi jabatan. Saat inilah yang harus disiapkan dan dipikirkan sebelum benar-benar terjadi agar keputusan yang diambil tidak keliru.

 

3. Cek Kontrak Kerja

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan kalian membuka kembali kontrak kerja yang sudah ditandatangani pada awal masa kerja. Pengecekan kontrak kerja ini sangat penting untuk memastikan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk pengunduran diri.

Hal ini lantaran biasanya ada syarat khusus seperti jangka waktu boleh tidaknya mengundurkan diri dari perusahaan. Ada yang mewajibkan minimal kerja 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau bahkan ada yang sampai 3 tahun. Jika ternyata kalian berhenti dibawah jangka waktu tersebut, cek konsekuensinya. Biasanya, konsekuensinya adalah dengan membayar denda sejumlah uang.

 

4. Memastikan Waktu Pengunduran Diri

Memutuskan waktu mengundurkan diri dari pekerjaan juga tidak bisa sesuka hati. Perusahaan biasanya memiliki peraturan tentang jangka waktu pemberitahuan atau masuknya surat ini dengan waktu berhenti bekerja. Umumnya jangka waktu minimal perusahaan menerima pemberitahuan pengunduran diri adalah 1 bulan. Jangka waktu ini penting bagi perusahaan untuk menyiapkan berkas administrasi dan karyawan pengganti.

 

5. Meminta Format Surat Pengunduran Diri

Surat-surat di perusahaan bersifat resmi sehingga tidak bisa ditulis sembarangan. Begitupun surat pengunduran /Resign harus ditanyakan dahulu ke bagian HRD tentang panduan dan formatnya. Meskipun ada format umum yang bisa didapat di internet, namun memastikan kepada pihak HRD adalah hal paling tepat. Kalian bisa langsung bertanya meminta contoh, atau menuliskannya dahulu baru kemudian memastikan kesesuaiannya.

 

Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan, maka kalian bisa langsung memulai menulis surat pengunduran. Surat adalah bukti legal/formal yang wajib disertakan. Karena merupakan bukti formal, maka isi suratpun harus formal. Pastikan pesan yang disampaikan dalam surat tidak bertele-tele. Surat ini biasanya diserahkan kepada pihak HRD atau langsung kepada atasan tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan.

 

Baca Juga :   Hindari 7 Hal ini Dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

 

Berikut struktur umum yang biasa digunakan dalam surat pengunduran diri :

  • Pembukaan : Berisi untuk siapa surat ditujukan serta nama pemohon dan jabatan
  • Maksud Surat : Berisi penjelasan pengunduran diri dan kapan waktu mulai tidak lagi bekerjanya.
  • Keterangan lain : Bisa berupa ucapan terima kasih dan kesediaan membantu dalam masa peralihan tugas kepada pegawai pengganti
  • Penutup dan tanda tangan.

 

Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri 

Ada pun lima contoh surat resign yang dapat Anda pelajari sebagai referensi, antara lain:

 

surat pengunduran diri
Ilustrasi Pengajuan Surat Pengunduran Diri

 

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

 

Kepada Yth,

Kepala Bagian SDM

PT Makmur Selalu

Jalan Daun Pandan No. 6

 

Dengan hormat,

 

Saya, Marina Budiasih, menyatakan mengundurkan diri dari PT Makmur Selalu dari posisi sekretaris. Pengajuan pengunduran diri ini terhitung sejak 4 Juli 2019.

 

Melalui surat ini pun saya ingin mengaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan PT Makmur Selalu. Saya mempelajari banyak hal dan pengalaman yang membantu saya berkembang di kemudian hari. Saya juga ingin meminta maaf apabila secara tak sengaja melakukan kesalahan selama berada di perusahaan ini.

 

Semoga PT Makmur Selalu kian sukses di masa depan. Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Marina Budiasih.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta

 

2. Contoh Surat Resign Organisasi 

 

Kepada 

Yth. Kepala Umum

LSM Budi Mulia

Jalan Burung Tekukur 10A

 

Lewat surat ini, saya menyampaikan maksud untuk mengundurkan diri dari posisi bendahara LSM Budi Mulia. Ada pun alasan yang mendasarinya adalah saya hendak melanjutkan studi S2 terhitung tanggal 1 September 2019.

Selama bekerja dengan LSM Budi Mulia, saya mendapatkan pelajaran berharga seputar berorganisasi. Pengalaman-pengalaman tersebut sangat membantu saya berkembang lebih baik. Mohon maaf juga bila saya sempat melakukan selama berada di lembaga ini.

Demikian surat pengunduran diri saya. Terima kasih.

 

Salam hormat,

 

Anita Prisillia.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

 

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Manajer

 

Kepada 

Yth. Kepala Divisi HRD

PT Digital Persada Indah

Jalan Diponegoro No. 67-69

 

Dengan hormat,

 

Sesuai keputusan direksi, melalui surat permohonan ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: Muhammad Jafar

Jabatan: Manajer

 

Mengajukan pengunduran diri dari posisi manajer terhitung 30 Agustus 2019.

 Selama bekerja di PT Digital Persada Indah, saya menimba berbagai ilmu berharga. Pengalaman tak ternilai dari kolega pun membantu saya berkembang menjadi pribadi lebih baik. Mudah-mudahan, saya bisa menjadi sosok yang lebih profesional di kemudian hari. Saya juga bersedia untuk membantu selama masa transisi demi kelancaran pelaksanaan tugas yang saya tinggalkan.

Mudah-mudahan, PT Digital Persada Indah akan maju menjadi perusahaan besar yang lebih baik.

 

Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Muhammad Jafar.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri untuk Manajer

 

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

 

Kepada Yth, 

Kepala Sekolah Menengah Atas Damai Sejahtera

Jalan Bunga Melati No. 167

 

Dengan hormat,

 

Lewat surat ini, saya:

 

Nama: Mulyadi Hasanah

Jabatan: Guru Sejarah

 

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi guru Sejarah di SMA Damai Sejahtera terhitung hari ini, Jumat, 9 Agustus 2019.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada rekan guru dan staf lain di SMA Damai Sejahtera atas pengalaman serta ilmu yang saya dapatkan selama mengajar di sini. Kemudian, saya juga ingin meminta maaf pada seluruh jajaran Komite Sekolah dan Yayasan Damai Sejahtera bila terjadi kesalahan yang kurang berkenan.

Semoga SMA Damai Sejahtera kian berprestasi, baik di bidang akademik dan non-akademik, sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa berakhlak nan cerdas.

 

Terima kasih atas perhatiannya.

 

Hormat saya,

 

Mulyadi Hasanah

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

 

5. Contoh Surat Pengunduran Anggota Partai

 

Kepada 

Yth. Ketua Umum Partai Lima Tujuh

Jalan Rampai Senja 113

 

Dengan hormat,

 

Saya, Maman Sukadi, mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Wakil Ketua Partai Lima Tujuh. Pengunduran diri ini terhitung sejak 5 Mei 2019. Alasan yang mendasari saya untuk mengambil keputusan ini adalah karena ingin melanjutkan studi di universitas luar negeri.

Berbagai pengalaman saya dapatkan selama menjabat sebagai wakil ketua di Partai Lima Tujuh. Apabila saya melakukan kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Saya juga mendoakan Partai Lima Tujuh dapat mewujudkan impian-impian yang lebih baik di kemudian hari dalam membangun bangsa dan negara ke arah yang lebih baik.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Dengan hormat,

 

Maman Sukadi.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Partai

 

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini dalam Membuat Surat Pengunduran Diri

 

Dengan memperhatikan bagaimana cara membuat surat resign yang baik, anda akan terlihat lebih profesional di dunia kerja.

 

Alasan Karyawan Mengajukan Resign

surat pengunduran diri

Ada sejumlah alasan umum yang biasanya diutarakan karyawan saat mengajukan resign. Berikut ini adalah beberapa di alasan yang biasa disebutkan:

 

  1. Alasan keluarga: Alasan ini cukup sering dipakai oleh karyawan yang ingin mengajukan resign, terutama mereka yang merantau. Biasanya mereka menyebutkan bahwa ingin menjaga orang tua yang tinggal di kampung. Bisa jadi alasan lainnya adalah karena ada anggota keluarga yang sakit.
  2. Tidak dapat berkembang: Ini disebutkan bagi mereka yang ingin keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan lebih di perusahaan lain.
  3. Lingkungan kerja yang kurang nyaman: Kurang nyaman ini bisa banyak penyebabnya. Ada yang karena tempatnya memiliki sanitasi yang buruk, atau terlalu jauh dari rumah sehingga membutuhkan banyak waktu/biaya untuk sampai ke kantor setiap harinya.
  4. Stres: Belakangan ini, ada cukup banyak karyawan yang mengajukan resign karena mereka stres berat dengan pekerjaan. Kurangnya komunikasi, merasa sendirian saat menyelesaikan pekerjaan, atau kurang bimbingan dari atasan adalah penyebab karyawan mengajukan resign dengan alasan stres.
  5. Melanjutkan studi: Buat karyawan yang masih muda dan ingin melanjutkan studinya ke jenjang lebih lanjut, biasanya mereka akan mengajukan resign dengan alasan seperti ini. Mereka ingin fokus pada studinya untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi di kehidupan mereka.

 

Kesimpulan

Meskipun hanya sebuah surat, namun surat pengunduran diri adalah hal penting yang tidak bisa ditulis sembarangan. Meskipun mengundurkan diri adalah hak, proses sebelum mengajukan resign adalah langkah-langkah yang harus diambil agar tidak ada pihak yang merasa tidak dihormati.