memulai bisnis dari nol

Anda Pebisnis Pemula? Simak 10 Cara Memulai Bisnis dari Nol

Untuk memulai bisnis dari nol pastinya proses yang akan dilalui tidak selalu berjalan dengan mudah. Dalam hal ini, Anda harus memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk membangun sebuah bisnis. Sebagai seorang pemula, pastinya terdapat banyak keraguan untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya dilakukan.

Tetapi jangan khawatir! Artikel ini akan memberi tahu cara memulai bisnis dari nol bagi seorang pemula. Apa saja yang harus Anda lakukan?

 

1. Buatlah Bisnis Sesuai dengan Keinginan dan Kemampuan Anda

Untuk membuat sebuah bisnis, cobalah mencari jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Tidak dipungkiri jika melakukan suatu hal berdasarkan apa yang disukai akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Hal itu karena kita suka dan fokus untuk mengerjakannya. Jadi jangan ragu untuk mencoba bisnis dimulai dari hal yang Anda suka.

 

Baca juga: Tips Menemukan Passion dalam Bekerja

 

2. Ikut Serta dalam Seminar atau Kelas Bisnis

Saat ini banyak organisasi yang mengadakan seminar atau kelas bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis dari nol. Nah melalui kesempatan ini, Anda bisa mendapatkan ilmu, tips, dan juga inspirasi tentang bisnis dari para mentor yang sudah ahli atau sukses dalam membangun sebuah bisnis.

 

3. Tentukan Jenis Produk

Tentukanlah jenis produk yang akan dijual. Caranya, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mencari tahu jenis barang atau jasa apa yang sedang dicari oleh banyak orang.

Jika Anda ingin menjual produk sesuai dengan passion, Anda bisa menjual barang atau jasa yang selaras dengan minat Anda. Misalnya Anda memiliki passion pada seni lukis, produk yang mungkin dijual bisa berupa kanvas, cat atau kuas.

Atau jika Anda memiliki kemampuan dalam desain grafis, sangat memungkinkan untuk membuka jasa pembuatan desain seperti logo, karikatur, dan sebagainya.

 

Baca juga: Ingin Produk Laris Manis? Gunakan Key Opinion Leader (KOL)!

 

4. Buatlah Rencana dan Visi Misi

Jika Anda sudah yakin dalam menentukan produk yang akan dijual, saatnya untuk membuat rencana beserta visi dan misi. Perlu diketahui bahwa rencana, dan juga visi misi merupakan 3 komponen penting saat memulai bisnis dari nol.

Komponen tersebut akan membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis di waktu yang akan datang serta mengembang bisnis ke sektor yang lebih besar.

 

5. Siapkan Modal Awal

modal awal memulai bisnis dari nol

Tidak dapat dipungkiri dalam memulai bisnis dari nol pastinya Anda harus menyiapkan dana sebagai modal awal. Tetapi tenang saja, Anda tidak perlu harus mengeluarkan modal yang cukup besar saat membangun sebuah bisnis baru. Banyak dari para pengusaha yang memulai bisnis dari usaha kecil-kecilan yang mengeluarkan sedikit modal.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memulainya. Cobalah untuk berjualan melalui media sosial atau menawarkan produk kepada teman/saudara Anda. Dari sini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang bisa menambah modal untuk bisnis Anda.

 

6. Buatlah Catatan Pribadi

Sebagai pengusaha baru, pastinya terdapat beberapa hal yang mesti Anda pelajari. Untuk itu, jangan lupa untuk menyiapkan catatan pribadi untuk mencatat setiap hal penting pada proses pengembangan bisnis.

Anda bisa menuliskannya dalam bentuk poin atas setiap saran, ilmu, hingga resiko yang mungkin akan dihadapi. Dengan menulis, Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya.

 

7. Fokus pada Satu Bisnis

Memiliki banyak usaha di beberapa bidang pastinya akan cepat dalam mendatangkan keuntungan. Namun sebagai orang yang baru menekuni dunia bisnis, jangan terburu-buru untuk membuka banyak usaha.

Lebih baik, fokuslah terhadap 1 bisnis yang akan dijalani. Karena jika Anda tidak bisa berfokus pada semua bisnis yang sedang dijalani, Anda sendiri yang akan mengalami kerugian besar.

 

8. Kelola Manajemen Waktu

Anda harus menerapkan kebiasaan baik dalam mengelola manajemen waktu. Manajemen yang baik adalah hal penting yang harus dilakukan pada saat memulai bisnis dari nol. Jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, maka perkembangan bisnis Anda juga akan semakin lama.

 

9. Belajar untuk Mengelola Keuangan

Selain belajar tentang ilmu-ilmu bisnis, jangan lupa belajar dalam mengatur keuangan bisnis Anda. Walaupun bisnis yang Anda jalani masih sangat kecil, tapi akan sangat baik jika Anda dapat mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Karena jika Anda bisa mengatur pengelolaan keuangan akan memudahkan Anda untuk membuat bisnis Anda semakin besar dan mendapatkan banyak keuntungan.

 

10. Evaluasi 

Dalam merintis sebuah bisnis pastinya Anda akan menemui banyak rintangan yang dihadapi. Setelah melakukan berbagai proses di atas, cara terakhir yang jangan sampai Anda lewatkan adalah melakukan evaluasi.

Kesuksesan sebuah bisnis adalah jika Anda bisa berhasil menemukan solusi dari setiap permasalahan. Lakukanlah evaluasi untuk menentukan hal apa saja yang harus diperbaiki agar bisnis yang Anda rintis bisa semakin lebih baik.

Memulai bisnis dari nol tidaklah mudah. Anda harus menjadi pribadi tangguh untuk memulai semua dari awal dan menghadapi tantangan yang ada. Itulah penjelasan mengenai  cara yang bisa Anda terapkan saat memulai bisnis dari nol. Sebagai pemula pastinya akan ada banyak hal yang harus dipelajari. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda!