strategi pemasaran

Strategi Pemasaran Kreatif, Keuntungan Perusahaan Makin Ekspansif!

Strategi pemasaran adalah kunci penting perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa dan mendapatkan keuntungan darinya. Untuk lebih dapat menjangkau masyarakat, ada baiknya perusahaan melakukan strategi pemasaran yang kreatif. Bagaimana ya caranya? 

 

Mengenal Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pelaksanaan kebijakan dan penentuan rencana, tujuan dan sasaran untuk mencapai hasil yang diharapkan oleh barang dan jasa penilaian kebutuhan dan konsumen, menentukan tingkat harga, untuk mempromosikan produk dan mendistribusikan produk ke konsumen.

Definisi strategi pemasaran dapat juga diartikan sebagai serangkaian upaya oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Strategi pemasaran memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan atau bisnis karena berfungsi untuk menentukan nilai ekonomi perusahaan, jika harga barang dan jasa.

 

Elemen Penting dalam Strategi Pemasaran

Namun, Anda perlu juga mengetahui elemen atau konsep penting di dalam sebuah strategi pemasaran yang baik, agar tujuan dari strategi tersebut bisa sesuai dengan harapan dan kebutuhan perusahaan, diantaranya:

 

1. Segmentasi Pasar

Elemen penting yang pertama yaitu pastinya segmentasi pasar. Segmentasi pasar berguna untuk mengelompokkan konsumen-konsumen yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama.

Seperti yang kita ketahui, pasar sendiri memiliki ragam karakteristik konsumen. Perbedaan tersebut tentunya akan membuat pasar menjadi heterogen, dan fungsi dari segmentasi tersebut membuat pasar yang heterogen atau beragam, menjadi homogen atau menjadi satu. Hal ini nantinya akan memudahkan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran tersebut, agar sampai kepada tujuan pasarnya.

 

2. Market Positioning

Elemen yang kedua ini masih berhubungan dengan elemen yang pertama.

Marketing positioning sendiri berarti memposisikan perusahaan di dalam segmentasi pasar yang tepat, sehingga perusahaan bisa menguasai pasar dan juga konsumen yang sesuai dengan visi dan juga misi dari perusahaan itu sendiri.

Secara sederhana marketing positioning ini membuat perusahaan jelas akan fungsi dan juga tujuannya bagi konsumen.

 

3. Market Entry Strategy

Sesuai dengan namanya, elemen yang ketiga adalah sebuah strategi atau cara yang digunakan oleh perusahaan untuk masuk ke dalam segmentasi pasar tertentu atau baru.

Terdapat berbagai macam cara yang bisa memudahkan atau mempercepat suatu perusahaan dalam memasuki segmen pasar tertentu, salah satunya yaitu dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain.

 

4. Marketing Mix Strategy

Strategi pemasaran satu ini, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Seperti yang sudah diketahui, bahwa marketing mix adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan 7 elemen penting seperti, Product, Price, Place, Promotions, Participant, Process, hingga People Physical Evidence.

Elemen tersebut merupakan sebuah langkah yang dibutuhkan perusahaan dalam menanggapi dan memenuhi kebutuhan serta permintaan dari konsumen terhadap perusahaan.

 

5. Timing Strategy

Elemen penting dalam strategi pemasaran yang terakhir yaitu timing strategy. Timing sendiri berhubungan dengan waktu, sehingga strategi satu ini yaitu berhubungan dengan waktu atau timing yang tepat dalam melakukan suatu strategi pemasaran.

Perencanaan dan juga waktu eksekusi yang tepat, akan memberikan benefit atau keuntungan yang besar kepada perusahaan. Maka, penting sekali untuk selalu memperhatikan waktu atau timing yang baik, sebelum melaksanakan strategi pemasaran perusahaan.

 

Tujuan Strategi Pemasaran

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran
  • Sebagai tindakan pemasaran hasil berdasarkan pencapaian standar yang telah ditetapkan
  • Sebagai dasar logis dalam tahap pemasaran pengambilan keputusan
  • Untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi ketika ada perubahan dalam pemasaran

 

Langkah Strategi Pemasaran

  1. Pemilihan pasar dimulai dengan segmentasi pasar dan memilih pasar sasaran yang paling mungkin untuk dilayani oleh perusahaan.
  2. Perencanaan produk termasuk produk itu sendiri, nama merek, ketersediaan produk, jaminan atau garansi, perbaikan dan dukungan teknis yang diberikan oleh penjual
  3. Harga yang mencerminkan produk dari nilai kuantitatif untuk pelanggan.
  4. Sistem distribusi yang dilalui produk hingga mencapai konsumen akhir yang membeli dan menggunakannya.
  5. komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, pemasaran langsung dan hubungan publik

 

Baca Juga : 7 Strategi Pemberdayaan Karyawan untuk Perusahaan

 

Tantangan Strategi Pemasaran

Menjalankan strategi pemasaran tidak selalu mudah. Ada saja tantangan yang harus dilalui oleh perusahaan. Tantangan perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran adalah

Strategi Lemah Pelatihan Tidak Efektif Kurangnya Sumber Daya Kurang Komunikasi Kurang Evaluasi

 

Tips Strategi Perusahaan yang Kreatif dan Menguntungkan

Untuk dapat melakukan strategi kreatif yang menguntungkan, perusahaan sebaiknya melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Coba ikuti tips strategi pemasaran yang kreatif di bawah ini! 

 

Raih Segmentasi yang Spesifik

Perusahaan tentunya memiliki sasaran segmentasi produk.

Namun, sasaran segmentasi produk tersebut harus mendetail dan spesifik. Contohnya perusahaan penghasil kosmetik dengan sasaran segmentasi utama adalah wanita.

 

  • Nah, pertanyaannya adalah wanita dengan rentan usia berapa?
  • Apakah wanita tersebut tinggal di wilayah perkotaan atau bukan? 
  • Bagaimana dengan kemampuan ekonominya?

 

Semua pertanyaan yang terkesan sepele tersebut akan mempengaruhi segmentasi perusahan. Semakin detail pertanyaan mengenai target atau segmentasi, semakin tepat perusahaan meraih segmentasi yang sensitif. 

 

Gunakan Program Referral

Program referral adalah istilah yang familiar di kalangan bisnis. Sistem kerja program referral cukup sederhana. Konsumen yang melakukan transaksi akan diberikan semacam kode atau link.

Kode atau link tersebut sengaja diberikan perusahaan untuk diberikan kembali kepada calon konsumen lainnya.  

Jadi, konsumen yang telah melakukan transaksi akan memberikan kode referal kepada rekan atau temannya sebagai calon konsumen potensial.

Program referral umumnya akan memberikan biaya potongan transaksi kepada konsumen yang menggunakan program referral baik si pemberi maupun penerima kode referral. 

 

Baca Juga : Purchase Order : Pengertian dan Manfaat untuk Perusahaan

 

Internet Marketing

Perkembangan internet sangatlah pesat di Indonesia dan membuat banyak perusahaan memanfaatkannya dengan melakukan internet marketing. Mayarakat masa kini khurusnya yang berada di wilayah perkotaan pun jauh lebih mudah dalam mengaksesn internet.

Alasan inilah yang mendasari perusahaan melakukan internet marketing. Internet marketing dapat dilakukan di berbagai macam platform sosial media seperti Instagram, Facebook, hingga website blog. 

 

Sesekali Pakai Humor Jenaka

Masyarakat Indonesia sangat menggemari humor yang lucu dan menarik. Perusahaan dapat menggunakan humor dalam konteks apapun selama tidak menyerang atau menyinggung kelompok tertentu dan tidak bermuatan SARA.

Humor tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand perusahaan. 

 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Efektivitas Kerja Menggunakan Work Plan!

 

Berkolaborasi dengan Influencer atau Brand Ambassador

Ada begitu banyak inovatif untuk pemasaran yang dilakukan selama bekerja sama dengan influencer. Kolaborasi dan kemitraan dengan influencer tidak selalu berkaitan dengan konten tetapi juga dalam ide-ide mereka dan menggunakan kekuatan mereka yang memiliki pengaruh di masyarakat segmentasi tertentu.

Hampir semua  influencer memahami perilaku konsumen dalam pasar, sehingga strategi pemasaran memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk dikembangkan. 

 

Jadi, strategi pemasaran kreatif apa yang akan Anda gunakan?