scale up bisnis

Siap Lakukan Scale Up Untuk Bisnis Anda? Berikut Tahapan Memulainya

Para pengusaha pastinya menginginkan bisnis yang dijalankannya terus berkembang dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Untuk itu, tidak jarang banyak perusahaan yang melakukan scale up bisnis seiring berkembangnya waktu.

Tujuan dari meningkatkan bisnis itu sendiri adalah untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar dan dapat tetap relevan dengan persaingan pasar. Kedua hal ini tentunya penting sekali bagi pengusaha untuk terus diperhatikan sehingga bisnis yang dijalankan tidak kalah saing.

Untuk lebih jelas mengenai scale up bisnis, artikel ini akan membahas dari pengertian, pentingnya melakukan peningkatan bisnis, hingga tahapan yang perlu Anda lakukan.

 

Apa Itu Scale Up Bisnis?

Pada dasarnya scale up bisnis adalah suatu metode yang digunakan untuk mengembangkan bisnis kecil menjadi lebih besar sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Pengembangan bisnis semacam ini sangat penting di era dunia yang semakin global seperti saat ini. Hal ini karena semakin banyak kompetitor yang bergerak di bidang yang sama serta semakin banyak munculnya inovasi terhadap bidang bisnis yang belum tersentuh.

Untuk itu sangat disarankan untuk tetap meningkatkan kapasitas bisnis agar lebih besar. Biasanya ditandai dengan penambahan jumlah karyawan yang signifikan hingga diversifikasi produk yang dijual.

Perlu diperhatikan pula bahwa karakter pemimpin juga sangat berpengaruh ketika sedang mengembangkan bisnis lebih besar. Sehingga bisnis atau perusahaan yang Anda miliki dapat meningkatkan profitabilitasnya.

 

Pentingnya Melakukan Scale Up bagi Bisnis

Lalu, pertanyaan yang paling umum adalah mengapa Anda harus melakukan scale up bisnis?

Pada dasarnya melakukan peningkatan pada bisnis diperlukan agar perusahaan Anda tidak kalah saing dengan kompetitor.

Bisnis yang tidak berkembang atau stagnan cenderung lebih mudah tergerus oleh perubahan zaman dan persaingan dengan kompetitor. Banyak pengusaha yang berpikir bahwa ketika mereka mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan target, mereka akan berhenti.

Padahal, ketika Anda telah melampaui target pertama Anda saat menjalankan bisnis, pada saat itu pula saatnya Anda meningkatkan bisnis Anda.

Ketika perusahaan kompetitor lebih baik dalam mengelola sumber dayanya, maka perlahan perusahaan Anda akan tergerus yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan bisnis Anda dengan berbagai cara seperti menambah jumlah karyawan, melakukan diversifikasi produk, serta menganalisis tren yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Dengan begitu, bisnis Anda akan bertahan dalam persaingan pasar.

 

Baca juga: Memahami Pengertian Manajemen Bisnis, Fungsi, dan Unsurnya dalam Perusahaan

 

Tahapan Memulai Scale Up Pada Bisnis

Untuk memulai peningkatan bisnis Anda, tentunya terdapat beberapa tahapan yang perlu dipersiapkan secara matang. Tahapan-tahapan ini sifatnya tidak baku dan dapat disesuaikan dengan tujuan serta keadaan perusahaan Anda.

 

1. Fokus Pada Tujuan Anda

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dimana jangan sampai Anda membuat keputusan berdasarkan keinginan Anda. Apalagi, kemajuan bisnis adalah hal yang vital dan penting sehingga Anda perlu memiliki visi dan misi yang jelas untuk kemajuan perusahaan.

 

2. Pastikan Bisnis Anda Telah Siap

Pastinya terdapat banyak rintangan yang akan datang ketika Anda memutuskan untuk meningkatkan bisnis Anda. Hal itu sebaiknya harus dipastikan bahwa bisnis Anda benar-benar siap untuk melalui sehingga pondasi yang diperlukan bagi perkembangan perusahaan Anda telah aman.

 

3. Pelajari Kompetitor

Agar proses scale up Anda dapat berjalan dengan baik, tidak ada salahnya untuk mempelajari strategi yang digunakan oleh kompetitor Anda. Anda dapat mencari mempelajari beberapa hal seperti sistem kerja yang diterapkan, jumlah karyawan, keunggulan produk, dan sebagainya.

 

4. Bangun Tim yang Efektif

Meningkatkan nilai bisnis perusahaan Anda bukanlah hal yang sederhana. Oleh sebab itu, Anda perlu membangun tim yang efektif dengan memberikan konsistensi kinerja yang diperlukan bagi perusahaan. Tim merupakan hal yang vital bagi perkembangan perusahaan kedepannya.

 

5. Bangun Personal Brand

Meskipun terkadang dianggap sepele, membangun personal brand merupakan hal yang tak kalah penting untuk bantu meningkatkan bisnis Anda. Anda perlu memberikan citra yang positif kepada masyarakat dengan memberikan konsumen pengalaman yang lebih baik ketika menggunakan produk Anda.

 

6. Belajar dari Pebisnis Sukses

Mempelajari jalan sukses yang telah dilakukan orang lain merupakan salah satu tahapan yang perlu Anda lakukan ketika melakukan scale up bisnis. Anda dapat menemukan ide dari mempelajari pengalaman pebisnis lain dalam membanungun bisnisnya.

 

Baca juga: Pengertian dan Penjelasan Studi Kelayakan Bisnis

 

Tanda Bisnis Sudah Siap Scale Up

Bagaimana cara mengetahui bahwa suatu bisnis telah siap untuk scale up? Dengan mengetahui tanda-tanda berikut ini, Anda dapat mengetahui kapan bisnis Anda telah siap untuk ditingkatkan.

Berikut tanda-tanda bisnis yang sudah siap untuk scale up:

 

1. Pesanan yang Berlimpah

Salah satu tanda jika bisnis Anda perlu ditingkatkan adalah ketika pesanan yang datang pada Anda sudah terlalu banyak. Bahkan, di beberapa kesempatan Anda harus menolak pesanan tersebut.

Tentunya jika hal tersebut terjadi, maka produk yang Anda tawarkan dinilai cukup sukses. Sementara itu Anda harus dapat meningkatkan kapasitas produk Anda dengan berbagai cara seperti membeli peralatan yang lebih canggih atau menambah jumlah karyawan.

 

2. Memerlukan Tenaga Ahli

Tanda lainnya jika perusahaan Anda telah siap ditingkatkan yaitu membutuhkan tenaga ahli lain. Jika Anda sebelumnya mengatur seluruh proses bisnis yang Anda jalani, namun ketikan semakin besar bisnis yang Anda jalani maka semakin membutuhkan tenaga ahli.

Pastinya ketika Anda menempatkan orang yang ahli pada bidangnya, kemungkinan besar Anda akan memenangkan persaingan pasar dengan memberikan kualitas yang lebih baik dari kompetitor.

 

3. Penjualan yang Konsisten

Bila perusahaan Anda telah mendapatkan penjualan yang konsisten, maka itu menjadi salah satu tanda dimana perusahaan Anda harus berkembang lebih besar lagi. Hal ini menandakan bahwa aliran keuangan perusahaan Anda sehat sehingga menjadi parameter utama untuk memperluas pasar.

 

4. Mengambil Risiko

Sudah pasti jika Anda mengambil banyak risiko meskipun tidak ada jaminan bahwa ide Anda berhasil, maka itu merupakan tanda bisnis Anda sudah siap untuk ditingkatkan. Jika seorang pengusaha takut mengambil risiko demi pengembangan bisnis, maka akan sulit bagi perusahaan untuk berkembang lebih besar.

 

Demikianlah penjelasan tentang scale up bisnis yang perlu Anda ketahui. Memiliki bisnis yang terus berkembang adalah hal yang selalu diidamkan oleh banyak pengusaha. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk terus tingkatkan bisnis.