cara memulai usaha dari nol

Cara Memulai Usaha dari Nol dan Mudah Dilakukan Pemula

Pernahkah terlintas dalam benak Anda, bagaimana cara memulai suatu usaha atau bisnis? Hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan, apalagi bagi seorang pemula yang baru berkecimpung di dunia bisnis.

Mungkin Anda akan berpikir bahwa akan sangat mustahil bagi seorang pemula untuk memulai usaha dari awal. Terlebih jika tidak ada yang membantu atau memiliki koneksi yang berpengaruh di sekitar Anda.

Dalam kesempatan ini LinovHR akan membedah secara lengkap cara memulai usaha dari nol beserta dengan bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, Yuk, kita simak cara-caranya, hanya cukup dengan delapan langkah saja, lho!

 

Memilih Bidang yang Anda Kuasai

Pada tahap yang pertama ini, penting untuk memulai suatu usaha di bidang yang Anda sukai ataupun yang Anda kuasai.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengeksplorasi dan menciptakan inovasi dari usaha ataupun bisnis yang akan dilakukan. Selain itu akan membantu Anda juga dalam mempelajari lebih dalam bidang usaha yang akan dijalani.

Maka dari itu penting sekali untuk menjalankan usaha sesuai dengan passion dan juga ketertarikkan kita dalam bidang bisnis tersebut, agar memudahkan jalan Anda kedepannya.

 

Kenali Tujuan Anda

Mengenali tujuan dari usaha yang akan Anda lakukan merupakan salah satu faktor penting yang dapat menunjang keberhasilan dari usaha yang Anda buat.

Para pengusaha-pengusaha besar umumnya sudah mengetahui tujuan dari usaha yang mereka buat. Hal ini akan berguna untuk mempertahankan usaha yang Anda buat untuk jangka waktu yang panjang.

Fokus dan terus komitmen pada tujuan dan target yang ingin Anda capai dari bisnis yang akan Anda bangun tersebut. Selain itu, Anda juga harus konsisten atas apa yang Anda lakukan. Agar bisnis Anda bisa berkembang dan mencapai tujuan yang Anda buat.

 

Baca Juga: Meraih Tujuan Bisnis Menggunakan Metode SMART 

 

Melakukan Riset

Sebelum membuat suatu usaha, pebisnis yang baik pastinya akan melakukan riset terlebih dahulu. Tujuan dari melakukan riset itu sendiri yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai suatu bidang usaha.

Seperti, target dari usaha yang akan Anda buat, tempat dimana Anda menjalankan usaha, maupun regulasi-regulasi pemerintah yang nantinya bisa berdampak pada usaha yang Anda buat.

Dengan melakukan riset, usaha ataupun bisnis yang Anda lakukan akan lebih matang dan dapat bersaing untuk jangka waktu yang lama.

 

Menentukkan Keunggulan Usaha Anda

Mengetahui keunggulan dari produk/jasa yang ditawarkan akan menjadi kekuatan yang besar dalam menjalankan usaha Anda. Dengan mengetahui keunggulan dari barang atau jasa yang Anda tawarkan, Anda akan dengan mudah bisa menentukkan target dari usaha Anda sendiri. Di samping itu juga bisa bersaing dengan kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama.

Anda juga dapat dengan mudah memberikan harga atau tarif dari produk/jasa yang Anda berikan kepada target konsumen. Jadi, pastikan Anda mengetahui keunggulan dari masing-masing produk Anda.

 

Menyusun Rencana

Setelah melakukan poin-point di atas. Langkah selanjutnya yaitu melakukan penyusunan rencana usaha. Penyusunan rencana di sini mencangkup segala hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan suatu bisnis.

Seperti, strategi yang harus Anda lakukan, modal yang dibutuhkan dalam membangun usaha, biaya operasional, hingga ke untung dan juga rugi dari usaha yang Anda buat.

Langkah satu ini penting untuk disusun dan dipikirkan secara matang, dan merupakan salah satu faktor penting dalam memulai usaha dari nol.

 

Menggunakan Tools yang Tepat

Memilih tools yang tepat dapat membuat usaha yang Anda jalankan menjadi lebih hebat! Fungsi dari tools itu sendiri yaitu memudahkan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang tidak membutuhkan atensi terlalu dalam. Sehingga Anda bisa lebih memusatkan fokus dan perhatian ke hal-hal yang lebih penting, seperti inovasi maupun strategi usaha kedepannya.

Penggunaan tools itu sendiri bisa mencangkup seperti, penggunaan website yang tepat, akunting, email marketing, dan pemasangan iklan untuk usaha yang Anda buat.

 

Baca Juga: Memahami Arti Venture Capital untuk Kemajuan Bisnis

 

Memperhatikan Regulasi dari Pemerintah

Pastinya Anda tidak ingin usaha atau bisnis yang Anda dirikan terkena masalah karena melanggar regulasi dari pemerintah bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu untuk melakukan riset mengenai regulasi dan juga perizinan yang dibutuhkan untuk usaha/bisnis yang akan Anda dirikan.

Serta, pastikan juga bahwa industri yang akan Anda dirikan itu legal untuk dibuat atau didirikan di wilayah maupun di negara yang bersangkutan.

Mengetahui regulasi dan juga perizinan tersebut akan menghindarkan Anda dan juga usaha yang Anda dirikan dari masalah hukum di kemudian hari.

 

Melakukan Evaluasi dan Mendengarkan Feedback

Dalam hidup pastinya semua orang pernah membuat suatu kesalahan, baik besar maupun kecil. Serta akan selalu ada kesalahan-kesalahan berikutnya di hari yang akan datang.

Begitu pula dengan berbisnis, setiap pebisnis pasti akan melakukan suatu kesalahan, terutama bagi para pebisnis pemula. Buatlah kesalahan-kesalahan tersebut sebagai pembelajaran, agar Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut, dan membuat bisnis Anda berkembang ke arah yang lebih baik lagi kedepannya.

Sebagai pebisnis Anda juga harus mendengarkan feedback dari orang-orang yang memiliki pengaruh pada usaha yang Anda bangun. Seperti, para pemegang kepentingan, konsumen/user, dan juga tim serta orang-orang yang bekerja bersama.

Dengan mendengarkan feedback mereka, Anda jadi memiliki sudut pandang baru mengenai usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut.

Itulah beberapa cara memulai usaha dari nol dan cara memulai ide atau gagasan usaha yang mudah untuk dilakukan oleh para pemula, hanya memerlukan delapan langkah saja untuk merealisasikannya!

Ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar, serta perhatikan esensi dari setiap poin-poinnya, maka Anda akan bisa memulai usaha Anda sendiri dari nol, from zero to CEO! Semoga bermanfaat!