Apa Beda Gaji Bersih dan Gaji Kotor? Intip Ulasan Berikut, Yuk!

Apa Beda Gaji Bersih dan Gaji Kotor? Intip Ulasan Berikut, Yuk!

Gaji adalah jumlah tetap yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai bentuk menunaikan kewajiban. Hal ini sudah tercantum di UU Ketenagakerjaan. Secara umum, gaji dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu gaji kotor dan gaji bersih.

 Apa aspek signifikan yang membuat keduanya beda? Mari kita belajar bersama!

 

Perbedaan Gaji Bersih dan Gaji Kotor

Gaji kotor dan gaji bersih memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja? Terdapat 6 perbedaan mendasar yang wajib Anda tahu!

 

Pengertian

Gaji Kotor adalah jumlah yang diperoleh karyawan dalam rentang waktu satu tahun penuh tanpa pemotongan. Sedangkan gaji bersih adalah jumlah bersih karyawan yang digaji setelah dikurangi Pajak Penghasilan, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan. 

Kelola berbagai komponen pajak penghasilan, BPJS Ketenagakerjaan bersama jasa payroll LinovHR. Konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda bersama tim kami dengan klik tautan berikut! 

 

Jumlah

Dari jumlah pun keduanya cukup berbeda. Gaji kotor adalah jumlah maksimum gaji termasuk semua pajak. Sedangkan gaji bersih lebih kecil dari jumlah gaji kotor setelah dikurangi semua pajak.

 

Variabel

Sama halnya dengan jumlah, variabel dari gaji kotor dan gaji bersih tentu beda jauh. Gaji kotor termasuk tunjangan lain seperti bonus, uang lembur, gaji liburan, dan perbedaan lainnya. Namun, gaji bersih dikecualikan dari semua tunjangan lainnya.

 

Interdependensi

Gaji bersih adalah satu-satunya jumlah fisik yang dinikmati karyawan dan juga dikenal sebagai gaji yang dibawa pulang. Sedangkan gaji kotor terdiri dari gaji bersih, pajak penghasilan, dan pensiun.

 

Perhitungan

Dalam perhitungannya, gaji kotor diperoleh dari biaya ke perusahaan setelah dikurangi Dana Tunjangan Pegawai dan Dana Pensiun. Untuk gaji bersih diperoleh dari gaji kotor setelah dipotong dan Pajak Penghasilan yang diperlukan.

 

payroll

Manajemen Gaji Mudah & Praktis Bersama Jasa Payroll LinovHR!

Dengan beberapa perbedaan gaji bersih dan gaji kotor, hal ini cukup ribet terutama bagi karyawan dalam penghitungannya. Oleh karena itu, LinovHR memberikan solusi dengan mengadakan jasa payroll yang secara otomatis. 

Berbagai macam komponen mulai dari pajak penghasilan (PPh 21), tunjangan, potongan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, sampai bonus tahunan bisa diolah lebih mudah dan praktis. Semua itu didukung oleh profesional yang sudah berpengalaman di bidang konsultan payroll. JIka Anda juga mengalami kesulitan dalam merencanakan penggajian, LinovHR juga menyediakan jasa konsultasi serta penyusunan laporan gaji dan slip gaji demi manajemen SDM yang lebih optimal. 

 

payroll

 

Jika perusahaan ingin mengelola data secara internal secara mandiri, perusahaan dapat memilih menggunakan Modul Payroll dari LinovHR. Kegunaannya hampir serupa dengan jasa payroll. Namun, data dan informasi yang dikelola oleh perusahaan Anda. Kelebihannya, Anda tidak perlu melakukan pengiriman data kepada pihak luar. 

Tak hanya itu, LinovHR juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data dari setiap client. Jadi, kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Adanya jaminan ini tentu menjadi nilai plus mengingat banyaknya kebocoran dan manipulasi data di tengah perusahaan. 

Untuk mengelola gaji dengan efektif, semua pilihan kembali diserahkan kepada Anda apakah ingin menggunakan jasa payroll atau modul payroll dari LinovHR. Perusahaan dapat mempertimbangkannya sesuai kebutuhan dan kondisi internal. 

Ingin tahu lebih lengkap bagaimana LinovHR dapat mengelola gaji bersih dan gaji kotor secara komprehensif? Butuh konsultasi lebih lengkap untuk menentukan pilihan antara jasa payroll dan modul payroll?

Ketuk tautan berikut ini untuk jadwalkan demo!