wanita karir

10 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Setelah selesai dalam menempuh pendidikan, menjadi seorang wanita karir yang sukses adalah sebuah cita-cita yang diidamkan. Pengertian wanita karir sendiri adalah seseorang yang bekerja untuk mencari penghasilan dan juga mengembangkan skill serta potensi yang mereka miliki dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

Namun untuk menjadi seorang wanita karir, pastinya proses yang dituju tidak akan berjalan dengan mudah. Tapi jangan khawatir! kali ini LinovHR akan memberikan tips jitu yang akan membantu Anda mencapai karir yang diimpikan. 

 

Baca Juga : 10 Fasilitas Pekerja Wanita yang Harus Dipenuhi Perusahaan

 

Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Jika ingin menjadi wanita karir, cobalah untuk mengikuti beberapa tips yang telah tersedia di bawah ini:

 

1. Bangun Lebih Pagi

Untuk bisa mengawali hari yang produktif, bangunlah lebih awal dari pada hari-hari biasanya. Di saat pagi hari, Anda bisa lebih bersemangat dan akan menaikkan mood untuk melakukan segala aktivitas. Selain itu, Anda juga bisa lebih menyiapkan segalanya dan tidak akan terburu-buru.

 

2. Melakukan Meditasi di Pagi Hari

Setelah bangun tidur, luangkan lah waktu antara 10 hingga 15 menit untuk melakukan meditasi di atas tempat tidur Anda.

Dengan melakukan meditasi ini akan mendapatkan aura dan juga energi positif yang akan membuat Anda lebih produktif dalam bekerja. Meditasi juga bisa meningkatkan konsentrasi seseorang terhadap hal-hal lain.

Proses meditasi bisa diiringi dengan lagu-lagu klasik yang akan membuat pikiran Anda menjadi rileks dan juga tenang.

 

3. Mengerjakan Hal Penting Terlebih Dahulu

Dalam satu hari, mungkin saja Anda memiliki beberapa tugas yang harus dikerjakan. Untuk itu, lakukan tugas yang menurut Anda paling penting diantara tugas-tugas lain. Anda bisa membuat ‘to-do-list’ untuk mengurutkan dari tugas yang memiliki urgensi yang lebih.

 

Baca Juga : 7 Aplikasi ini untuk Perbaiki Manajemen Waktu Anda

 

4. Fokuslah Pada 1 Hingga 3 Tugas Besar dalam Sehari

Agar setiap tugas yang dikerjakan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, fokuslah kepada 1 hingga 3 tugas yang akan dikerjakan. Jika mengerjakan semua tugas yang banyak dalam sehari hanya akan membuat Anda tidak fokus dan hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal. 

Anda juga akan merasa terbebani setiap harinya karena harus menyelesaikan tumpukan tugas yang sangat banyak.

 

5. Rencanakan Kegiatan Besok Saat Malam Hari

Sebelum beranjak tidur, cobalah pikirkan aktivitas apa yang akan Anda lakukan di esok hari. Perencanaan yang lebih awal akan sangat bermanfaat terlebih jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki seorang anak. 

Susunlah setiap kegiatan mulai dari kegiatan pribadi dan juga kegiatan penting yang akan dilakukan esok hari. Hal ini akan memudahkan Anda untuk lebih teratur dan siap untuk memulai hari.

 

6. Jangan Takut Mengambil Resiko

Seorang wanita karir yang sukses pastinya tidak akan ragu dan berani untuk mengambil setiap resiko. Jika Anda ingin memiliki perubahan besar terhadap perkembangan karir, keluarlah dari zona nyaman Anda dan memulai mencoba hal-hal baru.

Setiap resiko yang diambil pastinya akan membuat Anda belajar untuk mencari solusi. Dari hal ini, Anda akan lebih mudah untuk menentukan langkah yang lebih tepat.

 

7. Terbukalah Dengan Orang Baru

Apakah Anda masih sering menutup diri dengan orang lain? Jika iya, cobalah ubah kebiasaan ini jika ingin menjadi wanita karir yang sukses.

Dari setiap orang yang Anda temui itu pastinya akan ada pelajaran dan juga pengalaman. Dari situ, Anda bisa mengambil setiap hal-hal baik dan juga mengaplikasikannya di dalam setiap aktivitas.

 

8. Sempatkan Me Time!

Sebagai seorang wanita karir, Anda terlalu fokus untuk mengejar cita-cita dan mengerjakan banyak hal. Namun terkadang, Anda lupa untuk meluangkan waktu untuk sendiri atau banyak orang yang menyebutnya dengan ‘Me Time’.

Dengan melakukan me time, terdapat banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan seperti mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi dan mengembalikan pikiran yang jernih agar mengetahui apa yang benar-benar diinginkan serta memiliki kesempatan untuk berpikir secara luas untuk mencari solusi.

 

9. Memperluas Jaringan dan Koneksi

Untuk mencapai karir yang sukses, pastinya Anda akan membutuhkan orang lain. Maka dari itu, Anda harus memulai untuk memperluas pertemanan Anda untuk mencari koneksi yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari kesempatan dan juga peluang.

 

10. Jangan Lupa Istirahat

Ditengah aktifitas kerja yang padat, jangan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat selama 10 menit setiap 2 jam sekali. Istirahat yang cukup akan membangkitkan produktivitas dalam bekerja. Bekerja secara memang sangat baik, tapi jika tubuh dipaksa untuk selalu bekerja tanpa beristirahat akan menimbulkan resiko untuk waktu yang panjang.

 

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Law of Attraction untuk Menggapai Karir Impian

 

Itu tadi adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadi sosok wanita karir yang sukses. Terapkanlah kebiasaan-kebiasaan baik dalam hidup Anda agar hasil yang didapatkan juga menjadi baik. Semoga artikel ini akan membantu dalam meningkatkan karir Anda!