penjilat adalah

Kenali Ciri-ciri Penjilat di Kantor dan Mengapa Itu Bisa Merusak Karier

Ketika memasuki dunia kerja, tentu Anda akan menemukan banyak individu dengan kepribadian yang berbeda. Tak terkecuali karyawan yang memiliki kepribadian penjilat. 

Biasanya, seseorang dengan kepribadian ini akan melakukan segala cara untuk mendekatkan dirinya dengan pihak-pihak yang menguntungkan seperti atasan maupun orang-orang tertentu. 

Ketika bertemu dengan seorang individu yang memiliki kepribadian ini, tentu Anda harus berhati-hati karena dapat merusak karier yang Anda miliki. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kepribadian satu ini, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

 

Apa Itu Penjilat? 

Apa itu penjilat? Penjilat adalah suatu kepribadian yang dimiliki oleh seseorang, di mana mereka senang untuk memberikan pujian yang tidak tulus dan tidak jujur kepada orang lain demi keuntungan dirinya sendiri. 

Biasanya seseorang dengan kepribadian ini memiliki motif tersembunyi ketika memberikan pujian kepada orang lain.

Misalnya untuk mendekatkan diri mereka kepada seseorang yang dapat memberikan keuntungan kepada dirinya, terutama dalam lingkup pekerjaan.

Seorang individu yang memiliki kepribadian ini dinilai tidak profesional dalam melakukan pekerjaannya, karena mereka melakukan cara yang kotor demi kepentingan dirinya sendiri.

 

Baca Juga: Sebenarnya, Apa Arti Profesional Itu?

 

Kenapa Menjilat Atasan Sebaiknya Dihindari

Apakah menjilat atasan seharusnya dihindari oleh para individu dalam lingkup dunia kerja? Jawabannya adalah ya. 

Mengutip The Ladders, sifat penjilat dapat menimbulkan kebencian di antara rekan kerja. Ini karena karyawan yang suka menjilat atasan melakukannya demi keuntungan pribadi. 

Seseorang yang menjilat atasan biasanya ingin mendapatkan keuntungan seperti kenaikan jabatan hingga kenaikan gaji. Salah satu cara yang dapat mereka lakukan adalah dengan menjilat atasan mereka dengan memberikan pujian yang tidak tulus dan jujur.

Ketika rekan kerja melihat individu tersebut sedang menjilat atasannya, tentu akan menimbulkan kebencian. Alasannya karena mereka merasa bahwa orang tersebut telah melakukan cara yang tidak adil demi kepentingannya sendiri.

 

Ciri Ciri Rekan Kerja Penjilat

Adapun beberapa ciri-ciri rekan kerja penjilat yang biasanya Anda temui dalam lingkup dunia kerja, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Senang Menyombongkan Dirinya Sendiri

Seseorang dengan kepribadian menjilat biasanya senang untuk menyombongkan dirinya sendiri di hadapan orang lain. Biasanya mereka akan memberitahukan pencapaian-pencapaian yang sudah ia capai.

Bahkan, tak jarang mereka juga membanggakan suatu pekerjaan yang sebenarnya dilakukan oleh orang lain ketika ada atasan atau target yang ingin dibuatnya terkesan.

 

  1. Suka Memberikan Pujian yang Berlebihan

Seorang penjilat atasan biasanya tidak akan segan untuk memberikan pujian yang berlebihan kepada target yang mereka miliki. Biasanya pujian yang akan mereka berikan adalah pujian yang tidak tulus dan jujur. 

Tujuan mereka melakukan pujian berlebihan adalah agar seseorang yang mereka puji merasa senang dan agar mereka bisa lebih dekat lagi dengan target yang dituju. 

 

  1. Selalu Setuju dengan Opini Orang Lain

Ciri-ciri selanjutnya adalah seorang penjilat biasanya akan selalu setuju dengan opini seseorang yang menjadi targetnya. Bahkan mereka juga tidak segan untuk membagikan opini tersebut kepada orang lain dengan antusias.

 

  1. Tidak Memiliki Rasa Simpati Terhadap Orang Lain

Seseorang yang senang menjilat biasanya juga tidak memiliki rasa simpati terhadap rekan kerjanya. Sebagai contoh, jika terdapat rekan kerja yang sedang ditegur oleh seorang atasan, maka seorang penjilat akan memberikan argumen yang tidak perlu agar karyawan tersebut dapat dinilai semakin negatif oleh atasan mereka. 

 

  1. Hanya Memberikan Dukungan di Depan

Ciri-ciri rekan kerja penjilat selanjutnya ini sering ditemui dalam lingkup dunia kerja. Istilah yang biasa dikenal adalah bermuka dua, di mana penjilat hanya memberikan dukungan di depan, namun menjelek-jelekkan orang tersebut ketika di belakang. 

 

  1. Melakukan Segala Cara Untuk Mencapai Tujuan

Kepribadian seseorang yang senang menjilat juga tidak akan segan untuk melakukan segala cara agar mencapai tujuan maupun mendapatkan keuntungan yang ingin mereka dapatkan.

 

  1. Selalu Ingin Tahu Urusan Orang Lain

Seorang penjilat biasanya memiliki sifat FOMO (Fear of Missing Out) atau takut ketinggalan berita-berita yang terjadi di kantor. Biasanya, mereka ingin mengetahui segala urusan orang lain yang sebenarnya bukan menjadi urusan mereka sendiri. 

 

Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja Penjilat?

Menghadapi seseorang dengan kepribadian yang senang menjilat memang tidak bisa dihadapi dengan emosi, karena biasanya seseorang dengan kepribadian tersebut memiliki sifat yang mengerikan. Misalnya, mereka senang memutarbalikkan fakta yang ada.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda gunakan ketika ingin menghadapi rekan kerja penjilat, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

  1. Hindari Oversharing Mengenai Urusan Pribadi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang gemar menjilat adalah dengan menghindari berbagai informasi pribadi secara berlebihan. 

Anda tidak perlu memberikan informasi-informasi yang bersifat pribadi secara detail kepada rekan kerja Anda miliki. Biarlah informasi tersebut menjadi urusan pribadi dan menjadi bagian personalia untuk urusan administrasi perusahaan.

 

  1. Fokus dengan Pekerjaan Diri Sendiri

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan fokus terhadap pekerjaan. Anda tidak perlu untuk mengikuti arus yang terdapat di lingkungan kerja jika itu bukan tentang suatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda miliki.

 

Baca Juga: Teknik Pomodoro untuk Tingkatkan Fokus Selama Bekerja

 

  1. Selalu Menilai dari Dua Sisi

Ketika Anda menerima sebuah informasi yang buruk dari rekan kerja, maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan penilaian melalui dua sisi. 

Karena biasanya seorang penjilat akan senang untuk menyebarkan keburukan dari rekan kerjanya sendiri yang belum tentu benar kepada rekan-rekan kerja lainnya demi keuntungan pribadi. 

 

  1. Mengambil Tindakan yang Tegas

Jika seorang penjilat atasan sudah berperilaku secara keterlaluan, maka Anda dapat mengambil tindakan yang tegas. Contohnya seperti melaporkan orang tersebut ke bagian personalia maupun atasan yang memiliki kewenangan.

 

Itulah informasi mengenai ciri-ciri karyawan penjilat yang biasanya ditemukan pada lingkup dunia kerja yang perlu Anda ketahui.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semoga Anda terhindar dari rekan kerja yang suka menjilat ya!