pomodoro

Teknik Pomodoro untuk Tingkatkan Fokus Selama Bekerja

Anda tiba-tiba sering kehilangan fokus saat bekerja? Kehilangan fokus atau distraksi yang sering muncul jika dibiarkan akan mengancam tingkat produktivitas. Apalagi saat kerjaan sedang banyak sekali dan tenggat waktu yang mengejar membuat Anda tiba-tiba panik sehingga sulit berkonsentrasi. Pekerjaan yang dibiarkan menumpuk akan menjadi bumerang bagi orang tersebut dan semakin lama akan mengganggu kinerja. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan teknik Pomodoro. Namanya masih cukup asing di telinga? Ayo telusuri lebih lengkap mengenai teknik yang akan membantu produktivitas ini! 

 

Apa itu Teknik Pomodoro?

Pomodoro adalah suatu teknik manajemen waktu untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus. Teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirillo yang terinspirasi oleh cara belajarnya semasa dibangku kuliah. Dulu beliau seringkali mengeluhkan sulit fokus belajar sampai akhirnya membagi waktu belajar menggunakan timer dapur dan menggunakannya untuk mengatur interval waktu kerja dan istirahat. Lucunya nama teknik tersebut diambil dari bahasa Italia yang berarti tomat, sama dengan bentuk timer dapur yang digunakan Francesco Cirillo saat itu. 

 

Apa Manfaat Menggunakan Pomodoro? 

Dengan teknik ini, ada beberapa manfaat besar yang dapat dirasakan oleh karyawan. Semua manfaat tersebut ketika dibiasakan dalam seorang individu akan membantu dalam mengembangkan karir lebih baik. Wah, sudah pekerjaan menjadi lebih cepat selesai, bisa dapat mengembangkan karir pula! Apa saja sih manfaat teknik Pomodoro di lingkungan kerja? 

 

Membiasakan Manajemen Waktu dengan Profesional

Teknik Pomodoro memberdayakan Anda untuk mengontrol waktu dan membantu Anda menghindari gangguan secara profesional. Misalkan Anda berada di tengah pekerjaan dan kemudian seorang rekan mendekati Anda untuk meminta Anda mengerjakan beberapa pekerjaan lain. Informasikan kepada rekan bahwa Anda sedang fokus dan sedang mengerjakan sesuatu. Setelah 25 menit berlalu, manfaatkan 5 menit waktu istirahat untuk menghubungi rekan tersebut dan mintalah penjelasan mengenai pekerjaan yang dialihkan kepada Anda. Jangan lupa untuk bernegosiasi apakah Anda sanggup mengerjakannya dan jadwalkan kapan pekerjaan tersebut akan dikerjakan. Tugas dan pekerjaan lama maupun baru pun dapat diatur dengan baik dan sukses selesai semua.  

 

Meningkatkan Kualitas Perencanaan

Di awal minggu hari kerja, biasanya karyawan akan membuat daftar pekerjaan apa saja yang akan dikerjakannya. Kualitas perencanaan akan meningkat dan tercapai semua jika manajemen waktu yang berjalan sudah sangat baik.  Tetaplah konsisten dengan perencanaan. Jika pun perencanaan tidak berjalan dengan baik atau tak tercapai semua, segeralah lakukan evaluasi. Anda pun akan lebih lihai memperkirakan berapa lama untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas yang akan dikerjakan atau akan diperintahkan kepada Anda.

 

Menjaga Diri Tetap Termotivasi

Alih-alih melihat daftar pekerjaan sebagai beban, gunakanlah daftar pekerjaan tersebut sebagai patokan agar termotivasi. Saat Anda termotivasi, pekerjaan akan cepat selesai karena Anda melihatnya sebagai tantangan yang harus dituntaskan dengan cara yang menyenangkan, bukan sebagai beban yang berat.

 

Baca Juga: Pengertian dan Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Memelihara Kesehatan Mental

Rasa panik serta tekanan akibat tidak mampu menyelesaikan rangkaian pekerjaan dengan baik akan menyebabkan stress dan kesehatan mental akan terganggu. Tetapi dengan cara menuliskan jenis pekerjaan yang akan Anda kerjakan dan mengerjakannya secara runtut dan fokus akan membuat Anda lebih mudah mengurutkan dan menyelesaikan pekerjaan.  Tekanan kerja pun berkurang karena semua pekerjaan selesai tepat waktu. Anda akan lebih merasa senang dan bebas dari stress di tempat kerja. 

 

Membantu Melawan Prokrastinasi

Prokrastinasi menjadi musuh besar bagi beberapa orang yang sulit sekali menyelesaikan dan fokus terhadap pekerjaan. Terkadang prokrastinasi bukanlah tanda dari sebuah kemalasan, melainkan tanda ketidakyakinan dan ketidaknyamanan terhadap rangkaian tugas yang dilakukan dan akhirnya malah menunda. Padahal, rasa tak nyaman dan yakin ini bisa dituntaskan jika Anda menuliskan dengan jelas pekerjaan yang butuh anda selesaikan. Rangkaian kerja pun lebih jelas dan Anda mempunyai bayangan apa yang akan dilakukan sehingga tak ada lagi alasan menunda-nunda. 

Bagaimana Cara Menggunakannya? 

 

Menggunakan Pomodoro sangatlah mudah. Anda cukup mengambil secarik kertas dan menggunakan timer yang tersedia dalam ponsel pintar atau komputer Anda. Berikut tata cara menggunakannya: 

  1. Ambil kertas, kemudian tuliskan pekerjaan yang akan Anda lakukan
  2. Set timer selama 25 menit
  3. Mulai kerjakan satu-satu pekerjaan yang Anda tuliskan di kertas, Ingat, dalam proses pengerjaannya Anda dilarang untuk melihat ponsel pintar atau malah iseng scroll timeline sosial media. Fokus pada pekerjaan!
  4. Setelah 25 menit berlalu dan timer berbunyi, hentikan pekerjaan Anda
  5. Ambil waktu istirahat selama 5 menit. Manfaatkan waktu istirahat ini untuk meregangkan badan atau membuka ponsel pintar. Tapi, tak boleh lebih dari 5 menit
  6. Setelah selesai istirahat, kembali kerjakan tugas yang ada di kertas
  7. Jika timer berhenti setelah 25 menit, mulai dari awal dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya
  8. Setelah 100 menit berlalu atau timer 25 menit berjalan 4 kali, coba berhenti dan cek daftar pekerjaan yang Anda telah tuliskan. 
  9. Coba cek pekerjaan Anda.  Apakah semua pekerjaan selesai? Beri tanda ceklis jika Anda selesai mengerjakan semuanya. Namun bila Anda tak berhasil mengerjakan semuanya, apa faktor yang membuat Anda tak berhasil mengerjakan pekerjaan? Coba evaluasi pekerjaan untuk pengembangan kinerja yang lebih baik. 

 

Baca Juga: 10 Cara Menjaga Profesionalisme di Lingkungan Kerja

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan perangkat lunak di ponsel pintar, ada banyak aplikasi yang membantu Anda menjalankan Pomodoro dengan tampilan yang menarik dan tak monoton seperti timer bawaan ponsel pintar. Untuk ponsel pintar berbasis Android, gunakanlah Pomodoro Timer yang bisa diunduh gratis di Google Play. Sementara untuk pengguna iOS, dapat mengunduh Focus Time Activity Tracker. 

Dengan penjabaran singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa teknik Pomodoro sangat berpengaruh terhadap keberhasilan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kebiasaan baik ini akan berpengaruh kepada hasil kinerja tim secara keseluruhan jika dikerjakan dan dipertahankan secara kontinu. Anda akan terjaga selalu produktif dan bebas dari stress meskipun sedang padat-padatnya bekerja. Selain berguna untuk produktivitas kerja, teknik ini juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?