comben

Pengertian dan Peran Penting Comben dalam Perusahaan

Pemberian comben menjadi salah satu bentuk apresiasi perusahaan kepada para karyawannya selain memberikan gaji. Istilah comben ini tentunya sudah tidak asing dengan kegiatan payroll perusahaan. Agar Anda bisa lebih paham mengenai istilah tersebut, langsung saja simak artikel di bawah ini!

 

Apa yang Dimaksud dengan Comben?

Comben adalah sebuah sistem yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap perusahaan. Perlu diketahui bahwa comben ini merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Compensation atau kompensasi dan Benefit atau tunjangan.

Comben atau kompensasi dan tunjangan ini mengacu pada kompensasi/gaji serta manfaat yang bersifat finansial maupun non-finansial lainnya yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Kedua hal ini menjadi aspek terpenting dalam manajemen sumber daya manusia, sebab hal ini dapat membantu dalam menjaga motivasi dan kinerja para karyawan. Selain itu, comben juga dapat memberikan manfaat yang besar kepada karyawan karena telah mengerahkan dan memberikan hasil terbaiknya untuk perusahaan.

 

Baca Juga: Tips HR: Cara untuk Mengelola Kompensasi dan Benefit

 

Mengapa Sistem Kompensasi Sangat Penting?

Sistem kompensasi bagi perusahaan memiliki peran yang penting. Terdapat beberapa hal mengapa kompensasi di perusahaan sangat penting.

 

  • Membantu dalam Mencapai Tujuan Organisasi

Perusahaan pastinya membutuhkan tenaga dari para karyawan untuk melancarkan proses kerja demi mencapai tujuan organisasi mereka. Karena tujuan ini telah dikerjakan dan diselesaikan oleh karyawan, perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan imbalan atas jasa yang telah mereka lakukan. Hal ini bisa dikatakan sebagai hubungan mutualisme atau hubungan timbal balik yang baik.

 

  • Memudahkan dalam Merekrut Karyawan

Salah satu alasan mengapa banyak kandidat ingin melamar ke perusahaan karena terdapatnya tawaran gaji atau kompensasi serta tunjangan yang tinggi. Terlepas dari reputasi baik perusahaan, pemberian upah yang tinggi menjadi cara untuk menarik minat kandidat.

 

  • Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Selain menarik minat kandidat, pemberian gaji, tunjangan, serta insentif yang tinggi dapat meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Dengan sistem kompensasi yang baik, karyawan akan merasa kinerja yang telah mereka dihargai dengan nominal yang sesuai. Sehingga, mereka akan merasa nyaman untuk tetap bekerja di perusahaan dan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya.

 

  • Menjaga dan Meningkatkan Kinerja Karyawan

Pemberian kompensasi bukanlah semata-mata untuk mengapresiasi kinerja karyawan. Namun hal ini juga bisa menjadi faktor dalam menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan. Dengan menjaga dan meningkatkan kinerja, karyawan bisa melakukan tugasnya dengan baik untuk memberikan hasil yang maksimal. Karyawan dengan ciri seperti ini tentunya akan menjadi kebanggaan perusahaan dan berhak untuk diberikan penghargaan.

 

Baca Juga: Jenis-Jenis Kompensasi Perusahaan Kepada Karyawan

 

Software Payroll LinovHR: Kelola Comben dengan Efektif dan Efisien

Pengelolaan comben yang dilakukan dengan baik dan benar akan mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri. Agar hal tersebut bisa dikelola dengan baik, tentunya harus dikerjakan dengan sangat teliti agar tidak terjadi kesalahan. Namun dalam praktiknya, proses pengerjaan masih ditemukan adanya hambatan atau kesalahan akibat kelalaian manusia. Jika terus dibiarkan akan memicu masalah baru yang lebih besar.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sudah saatnya pengelolaan comben beralih dari cara manual dengan pengelolaan menggunakan sistem teknologi yang terdapat dalam Software Payroll LinovHR!

Pengelolaan kompensasi dan juga benefit yang dilakukan secara manual dan satu persatu untuk setiap karyawan tentunya akan sangat merepotkan. Belum lagi dengan adanya deadline pengerjaan membuat admin harus melakukan dengan sangat cepat. Namun hasil dari pengerjaan ini justru memberikan data yang salah. Melalui Software Payroll Indonesia LinovHR, Anda bisa melakukan pengelolaan data payroll seperti comben secara otomatis dengan tingkat keakuratan yang tinggi. 

Selain pengelolaan comben, Payroll LinovHR juga dapat melakukan pengerjaan payroll perusahaan seperti gaji, pajak, BPJS, pembuatan slip gaji, hingga membuat laporan payroll perusahaan. Seluruh proses yang dikerjakan secara otomatis dengan memanfaatkan bantuan alat teknologi membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Comben pada perusahaan menjadi salah satu bentuk apresiasi kerja kepada kepada karyawan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari adanya compensation dan benefits ini baik untuk perusahaan dan juga karyawan. Agar pengelolaan comben bisa dilakukan secara efektif dan efisien, gunakan saja Software Payroll LinovHR. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi Customer Service LinovHR sekarang juga!